12 Cara Menebak Jenis Kelamin Bayi dalam Kandungan

“Anak di dalam rahimku laki-laki apa perempuan ya?”
Ini adalah pertanyaan paling populer yang akan ibu hamil dapatkan. Rasa penasaran ini akan ibu hamil rasakan bahkan dari awal kehamilan. Ibu mana yang tidak akan merasa bahagia ketika dapat mengetahui jenis kelamin bayi yang di kandungannya,setidaknya itu akan dapat membantu Anda untuk mempersiapkan semua kebutuhannya setelah kelahiran. Biasanya perubahan fisik dan juga kebiasaan ibu selama hamil dikaitkan dengan jenis kelamin bayi.  Meskipun hasilnya tidak selalu akurat 100%, hanya saja hal ini menjadikan Anda lebih mempersiapkan perlengkapan bayi.

Tidak hanya melalui pemeriksaan USG jenis kelamin anak juga dapat diketahui dari beberapa ciri yang umumnya dipercaya sebagai tanda kehamilan mengarah pada jenis kelamin perempuan atau lelaki. Terkadang cara ini juga di lakukan ketika Anda melakukan USG namun Anda tidak bisa melihat jenis kelaminnya dengan jelas, karena terkadang jenis kelamin tertutupi oleh bagian tubuh lain sehingga Anda tidak dapat mengetahui jenis kelamin bayi secara pasti. Karena tidak semua posisi bayi ketika dilakukan USG dapat mendukung untuk mengetahui jenis kelamin bayi.

kandunganAda juga ibu yang masih belum bisa memberikan jawaban karena belum menjalani pemeriksaan untuk mengetahui jenis kelamin konten. Terkadang ada sesuatu yang perlu diingat untuk membuatnya lebih mengejutkan? Jadi, bagi mereka yang ingin memeriksa jenis kelamin konten sebelum menemui dokter, Anda dapat menggunakan 7 cara ini untuk mengetahui jenis kelamin anak yang Anda kandung, sehingga akan lebih memudahkan Anda untuk mempersiapkan segala keperluannya. Paling tidak, Anda akan bisa memilih warna kamarnya, baju-bajunya, sepatunya dan lain sebagainya.  Berikut penjelasannya..

1. Suka Makan Manis Atau Asam?

Banyak orang yang mengatakan bahwa jika ibu hamil suka makan makanan manis, pedas dan lezat, berarti Anda sedang mengandung bayi perempuan. Sementara itu, jika ibu hamil selalu suka makan makanan asam, camilan asin dan ringan, itu pertanda Anda sedang mengandung anak laki-laki!

2. Berapa Banyak Ketukan Bayi Per Menit?

Untuk pengetahuan ibu, ketika check out di klinik, Anda dapat menanyakan berapa tarif bayi per menit untuk mengetahui jenis kelamin anak Anda. Menurut sumber, jika denyut nadi anak 140 ke atas per menit, itu adalah seorang gadis. Sedangkan jika ketukan per menit di bawah 140, itu pasti anak laki-laki.

3. Wajah Bersinar Atau Tidak?

Kiat orang tua juga mengatakan bahwa jika seorang anak yang sedang Anda kandung berjenis kelamin laki-laki, maka wajah ibunya akan terlihat sedikit membosankan dan juga kusam (tidak cantik). Nah, jika anak yang Anda kandung berjenis kelamin perempuan, maka sebaliknya ibu akan terlihat seri bersinar (terlihat cantik). Namun jangan terlalu di khawatirkan, yang penting adalah menjaga diri agar tetap sehat sampai kelahirannya tiba.

4. Apakah Ada Morning Sickness?

Dikatakan bahwa jika Anda mengandung anak seorang gadis, itu akan memiliki potensi besar untuk mengalami morning sickness yang lebih buruk daripada anak laki-laki (jika laki-laki akan mengalami morning sickness yang lebih ringan).

5. Payudara Kiri atau Kanan Yang Lebih Besar?

Perubahan paling mencolok yang akan dialami ibu hamil adalah dalam hal penambahan berat badan. Tidak hanya itu, salah satu cara Anda dapat menentukan jenis kelamin konten adalah dengan memeriksa ukuran payudara Anda. Jika payudara di sebelah kiri lebih besar, itu adalah bayi laki-laki sementara payudara kanan lebih besar, itu adalah bayi perempuan.

6. Suka Marah Tidak?

Nah, ini mungkin salah satu hal yang ibu-ibu tidak sadari. Karena di katakan bahwa ibu yang suka marah atau sensitif, itu karena ibu sedang mengandung bayi perempuan. Karena sensitif berasal dari rahim gadis itu!

7. Tidur Selalu Di Sebelah Kiri?

Sangat mudah bagi ibu untuk melakukannya. Setiap kali Anda bangun pagi, jangan lupa untuk memeriksa tidur Anda. Jika Anda lebih cenderung tidur di sisi kiri, itu berarti bayi laki-laki. Sementara selalu di sebelah kanan, berarti itu adalah bayi perempuan!

8. Suka Berhias Atau Tidak?

Mungkin sudah ada sebagian ibu yang merasakan sendiri pengalaman ini. Jika seorang ibu hamil gemar berhias, suka mandi, suka mencium bau wangi dan terlihat bersih itu pertanda jika ibu sedang mengandung bayi perempuan. Namun, ketika seorang ibu hamil tidak suka mandi atau merasa malas dan tidak suka berhias itu pertanda Anda sedang mengandung bayi laki-laki.

9. Saat Bangun Tidur Kaki Mana Yang Diturunkan Lebih Dulu?

Cobalah Anda perhatikan sendiri, saat Anda terbangun dari tidur di pagi hari kaki manakah yang Anda turunkan (langkahkan) terlebih dahulu. Jika kaki kanan itu berarti Anda sedang mengandung seorang bayi laki-laki. tapi jika yang Anda turunkan kaki kiri terlebih dahulu itu berarti Anda sedang mengandung bayi perempuan.

10. Rasakan Pergerakan Bayi Di Dalam Kandungan

Jika bayi yang Anda kandung selalu bergerak di sebelah kiri, itu berarti Anda sedang mengandung bayi berjenis kelamin perempuan. namun jika pergerakan bayi di sebelah kanan (selalu bergerak di sebelah kanan) itu berarti bayi Anda laki-laki.

11. Bentuk Kehamilan

Selanjutnya yang dihubungkan dengan jenis kelamin bayi adalah bentuk perut ibu hamil. Beberapa orang percaya bahwa apabila perut ibu hamil lebih tinggi, lebih besar pada bagian atas dan terlihat menyamping maka bayi berjenis kelamin perempuan. Sedangkan apabila perut ibu hamil lebih besar pada bagian bawah dan posisi sejajar dengan tubuh ibu hamil maka dipercaya bayi berjenis kelamin laki-laki.

12. Perubahan Kulit

Jika Anda sedang mengandung seorang bayi laki-laki maka kulit ibu hamil akan terasa lebih kering. Namun jika Anda sedang mengandung bayi berjenis kelamin perempuan maka kulit Anda selama hamil akan terasa lebih lembut.

Entah ini fakta atau sekedar mitos namun hal-hal di atas banyak di percayai oleh para ibu-ibu hamil. Dan entah ini bersumber dari mana, namun ini beredar dari mulut ke mulut dari sejak dulu, dan ada banyak orang yang membuktikannya sendiri. Hampir 8 dari 10 wanita mengatakan itu cocok dan benar adanya. Namun pada dasarnya, baik itu perempuan ataupun laki-laki itu sama saja, Yang terpenting ia terlahir sehat tanpa kekurangan suatu apapun, dan ia tumbuh menjadi anak yang baik dan berbudi luhur.

Jika Anda menginginkan jawaban yang lebih pasti, jangan lupa untuk memeriksakannya ke rumah sakit terdekat Anda. Biar bagaimanapun juga akan lebih baik jika para ibu hamil melakukan USG dari awal kehamilan. Karena selain dapat mengetahui jenis kelamin, Anda juga akan mengetahui keadaan bayi di dalam kandungan. Baik itu dari posisi dan juga memastikan jika ia dalam keadaan sehat.

Biasanya, USG 2D jenis kelamin janin baru dapat terdeteksi pada usia kehamilan 18-20 minggu. Melihat jenis kelamin janin melalui pemindaian USG, merupakan cara yang paling akurat serta aman untuk di lakukan, karena bersifat non-invasif, yaitu pemeriksaannya tidak bersentuhan dengan janin, hanya dari luar tubuh.

Selain melalui pemindaian USG, para ibu hamil juga dapat mengetahui jenis kelamin janin lewat metode amniosintesa dan CVS (chorionic villus sampling). Kedua metode pemeriksaan ini sejatinya digunakan jika dokter spesialis kandungan dan kebidanan menduga ada kelainan kromosom pada janin. Karena meningkatkan risiko keguguran, meskipun rendah persentasenya, namun jika ibu hamil terlihat sehat, maka tidak disarankan menjalani kedua pemeriksaan ini. Semoga Bermanfaat…

Leave a Reply