Cukup Gunakan 4 Bahan Ini Untuk Terbebas Dari Kutil

Kutil, mungkin Anda sudah cukup familiar dengan nama penyakit yang satu ini. Kutil, merupakan salah satu penyakit yang timbul dibagian kulit dengan munculnya benjolan kecil seperti terdapat rongga akar didalamnya. Walaupun tidak terasa sakit seperti penyakit kulit lainnya, akan tetapi, kehadirannya cukuplah mengganggu. Bukan hanya tidak enak dipandang namun kutil juga mampu membuat si penderita kehilangan rasa percaya diri. Apa lagi jika kutil menyerang pada bagian tubuh yang terlihat atau terbuka. Cukup membuat malu tentunya.

Kondisi ini mungkin akan membuat Anda terpaksa menutup bagian tersebut dan mengurungkan niatan Anda untuk memakai pakaian indah dengan memperlihatkan lengan yang terbuka atau pada saat mengenakan alas kaki yang terbuka. Pada akhirnya kondisi ini akan tentu saja membatasi Anda pada saat bersama dengan orang lain.

penyakit kutilKutil adalah pertumbuhan kulit yang disebabkan oleh human pappilomavirus (HPV) yang merupakan salah satu virus penyebab kanker serviks (leher rahim). Tapi kutil termasuk kategori non-kanker. Virus ini hanya menyebabkan keratin yaitu protein keras di lapisan epidermis (lapisan atas kulit) yang tumbuh terlalu cepat. Gangguan kulit kutil berbeda dengan tahi lalat. Jika tahi lalat berwarna gelap dan cukup besar sedangkan kutil seperti warna kulit yang menonjol dan cenderung kecil. Biasanya daerah tangan dan kaki yang paling sering ditemui adanya kutil.

Tampilan dari kutil itu sendiri berbeda-beda, tergantung pada bagian mana yang ditumbuhi kutil serta ketebalan dari kulit juga mempengaruhi. Kutil yang terletak di daerah telapak kaki dikenal sebagai verruca. Mungkin hampir semua orang tidak menginginkan penyakit yang satu ini. Terlebih lagi, orang-orang yang menderita kutil kerap kali mendapatkan pandangan yang buruk dari orang lain perihal kepiawaiannya dalam menjaga kebersihan kulit. Mereka yang tubuhnya ditumbuhi dengan kutil, seringkali dianggap tidak bersih dan tidak pintar dalam menjaga kesehatannya.

Seperti yang dikutip dari Medicalnewstoday, Selasa (23/3/2010) virus penyebab kutil dapat ditularkan melalui kontak kulit dengan kulit dan juga melalui kontak barang-barang yang digunakan seperti handuk atau sepatu. Saya yakin ada banyak orang yang memiliki masalah kutil pada kulit. Entah itu di kaki, di tangan atau bagian lainnya. Akan sangat mengganggu pastinya..

Bagaimana Cara Menghilangkan Kutil?

Kutil memiliki “akar” di mana akar ini jika tidak dihilangkan, akan memungkinkan kutil tumbuh kembali. Kita perlu menghancurkan akar kutil agar kutil tidak kembali. Berikut ini akan kami bagikan satu tips untuk membasmi kutil, yang tentunya bisa Anda lakukan di rumah dan tentunya tidak membutuhkan banyak dana. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menghilangkan kutil adalah sebagai berikut:

1. Cuka Sari Apel

Ini adalah bahan aktif yang akan membunuh kutil. Asam asetat dalam cuka sangat efektif untuk membunuh kutil. Jika Anda tidak memiliki Cuka Sari Apel, Anda dapat menggunakan cuka makan biasa. Cuka balsamic juga bisa di gunakan tetapi harganya cukup mahal.

2.Kapas

Kapas akan mampu menyerap dan menyimpan cuka. Ada baiknya jika Anda menggunakan kapas yang menyerapnya kuat. (Kapas wajah bisa digunakan).

3. Plester atau Pita Bebek

Pita plester atau bebek bertujuan untuk menahan kapas yang dibasahi cuka. Gunakan pita yang kuat untuk menjaganya.

4. Vaseline

Asam dalam cuka tidak dapat mengenali kulit yang ditumbuhi kutil atau kulit yang sehat. Untuk itu Anda perlu menggunakan Vaseline. Anda cukup mengaplikasikan vaselin pada kulit yang sehat, agar ia terlindung dari reaksi cuka. Mari kita lihat cara di bawah ini untuk mengikuti langkah-langkah Cleansing Treatment Warts.

Hari pertama:
Oleskan vaselin dekat kutil atau pada kulit yang sehat (jangan sampai kutil). Kemudian basahi kapas dengan cuka, lalu letakkan pada bagian atas kutil dan plester, biarkan semalaman.

Hari kedua:
Tetap aplikasikan vaseline pada area kulit sekitar kutil (pada kulit yang sehat). Lakukan dengan baik, karena kulit yang sehat juga akan menyusut ketika terkena cuka. Jadi pastikan untuk mengoleskan vaseline di sekitar kulit kutil sebelum meletakkan cuka.

Hari ketiga:
Cuka telah menembus lapisan kulit mati pada kutil dan mulai bekerja pada akar. Pada hari pertama dan kedua mungkin Anda tidak akan merasakan sakit, karena cuka baru memakan sel kulit mati pada kutil. Namun, pada hari ketiga ketika akar sudah mulai rusak maka itu akan terasa sedikit menyakitkan.

Pada hari berikutnya, Viskositas kutil menjadi hitam, menandakan sel-sel kutil mulai mati karena asam. Ketika kutil sudah terlihat menghitam, maka Anda bisa mencabutinya sedikit demi sedikit. Gampang kan!

Jika kulit terbebas dari kutil pasti akan terlihat lebih cantik. Rasa percaya diri juga akan kembali muncul, bukankah begitu? Menurut para Ahli kutil itu ada beberapa jenis seperti:

Common warts (verruca vulgaris)
Kutil jenis ini memiliki permukaan yang kasar serta teksturnya berupa benjolan yang menebal dan disebut dengan papula atau plak. Dapat muncul di setiap bagian tubuh, namun lebih sering timbul di buku jari, jari, siku dan lutut. Kebanyakan memiliki bintik-bintik kecil gelap yang berasal dari pembuluh darah beku.

Verrucas (plantar warts)
Kutil jenis ini biasanya muncul di telapak kaki, kadang-kadang di tumit dan jari kaki. Jenis ini dapat menyakitkan dan biasanya tumbuh ke dalam kulit karena adanya tekanan dari telapak kaki. Ciri khasnya memiliki titik hitam di tengah dengan daerah putih di sekitarnya yang mengeras.

Plane warts (verruca plana)
Kutil jenis ini berbentuk bulat, datar, mulus dan umumnya berwarna kekuningan, kecoklatan atau warna kulit. Lebih umum terjadi pada anak-anak dan ditemukan pada tangan, kaki serta wajah.

Filiform warts (verruca filiformis)
Kutil jenis ini berbentuk panjang dan biasanya ditemukan pada kelopak mata, leher dan ketiak.

Sebagian besar kutil memang tidak memerlukan perawatan medis, karena kebanyakan kutil bisa hilang dengan sendirinya. Namun jika kutil tersebut menimbulkan rasa nyeri, mudah berdarah, mengubah penampilan, menyebar ke daerah lain atau tumbuh kembali setelah hilang, maka sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Semoga bermanfaat!!!

Leave a Reply