15 Cara Menambah Nafsu Makan Anak Anda

Sulit bagi anak saya untuk makan, gimana ya.. dengan pertumbuhannya? Itulah yang menjadi dilema para ibu yang memiliki anak yang susah makan. Setiap kali anak tidak mau makan, maka perasaan takut akan selalu menghantui hati para ibu. Ada banyak anak yang mengalami fase penolakan makanan. Namun Anda harus mengetahui apa yang menjadi penyebab anak tidak mau makan.

Beberapa anak menolak makanan karena kualitas sensori tertentu (seperti tekstur, rasa, atau temperatur makanan), sementara ada pula yang menolak untuk merasakan jenis makanan baru dan hanya menerima jenis makanan tertentu yang sangat terbatas. Nah, sebagai orang tua Anda harus bisa memahami itu dan mencari solusinya.

nafsu makan anak
Nafsu makan yang menurun pada anak sebenarnya merupakan hal yang lumrah dan tidak perlu dikhawatirkan. Selera makan anak memang bisa berubah dari hari ke hari menurut tingkat aktivitas, jadwal, makanan yang mereka konsumsi, dan bahkan iklim. Anak yang sehat pun pasti pernah mengalami saat dimana mereka malas makan.

Namun, jika nafsu makan anak tidak meningkat dalam jangka waktu cukup lama dan disertai dengan penurunan berat badan, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter. Penurunan nafsu makan ini bisa disebabkan oleh beberapa penyakit, konsumsi obat-obatan tertentu, kesehatan mental, atau karena anak Anda memang suka pilah-pilih makanan (picky eater).

Dapatkah Menambahkan Suplemen Penambah Nafsu Makan Bagi Anak-Anak Yang Kurang Berselera Makan?

Itulah yang menjadi pertanyaan saya terhadap salah satu dokter. Dokter menjawab,”Jangan” itu tidak perlu di lakukan selama anak masih terlihat aktif dan terlihat sehat. Ada cara lain untuk merangsang anak agar mereka mau makan. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan, agar si buah hati mau makan dengan lahap.

#1 Jangan memaksa atau marah saat makan. Anak kecil akan mengasosiasikan pengalaman yang tidak menyenangkan dengan makanan. Jika saat ini ia tidak mau makan, jangan marah atau membentak, mungkin saja saat ini ia tidak sedang lapar.

#2 Jangan memberikan anak makanan ringan atau makanan manis sebelum makan. Karena anak kecil itu cepat merasakan kenyang.

#3 Batasi minuman saat makan, untuk menjaga nafsu makan dan mencegah rasa kenyang, sebaiknya hindari minum terlalu banyak selama waktu makan. Air, jus, kopi, teh, atau jenis minuman lain, disarankan dinikmati setelah makan selesai.

#4 Mendorong anak untuk beraktivitas (aktif), akan membuat mereka lebih bugar . Tidak hanya itu, anak yang sering bergerak aktif biasanya akan lebih banyak nafsu makan. Berolahraga dalam aktivitas sehari-hari lebih baik daripada duduk di TV atau bermain dengan ipad.

#5 Bagi dalam porsi kecil terlebih dahulu. Karena dengan melihat satu piring penuh dengan makanan, bisa jadi menurunkan nafsu makan. Jadi, siasati dengan membagi nutrisi dari satu piring itu menjadi porsi kecil yang disajikan beberapa kali. Selain itu, porsi kecil juga akan lebih mudah disiapkan.

#6 Biasanya anak-anak lebih menyukai makanan lembut seperti pasta, sebagian besar anak tidak menyukai makanan asin atau kuat – mereka sedikit lebih sensitif daripada orang dewasa dan tidak dapat merasakannya.

anak makan
#7 Libatkan anak saat menyiapkan makanan. Bila perlu ajak anak-anak berbelanja dan menyiapkan makanan yang akan disajikan. Orang tua akan memiliki kesempatan mengetahui jenis makanan yang disukai anak, sekaligus menjelaskan nutrisi yang baik, dan anak bisa memperoleh pengalaman lebih, serta lebih bersemangat dalam makan.

#8 Saya suka menghias makanan untuk menghibur anak sehingga mereka menikmati makan seperti contoh wortel bunga, nasi dalam bentuk ikan (untuk membuat kue atau jeli untuk memanggang nasi). Menggunakan piring yang bergambar unik (tokoh kartun misalnya) atau Anda juga bisa menggulung nasi goreng dengan telur dadar.

#9 Goda dengan aroma makanan untuk menarik nafsu makan anak. Melalui bau makanan yang menyenangkan dan menggoda, akan mampu membuat anak menjadi lebih berselera untuk makan. Bisa dengan menyajikan makanan hangat yang baru saja selesai dimasak, atau menghangatkan makanan sebelum menyajikan, agar hidung memiliki waktu untuk memicu selera makan si anak.

#10 Ubah menu jadi mereka tidak bosan dengan makanan yang sama.

#11 Biasakan makan secara perlahan, dengan mengunyah makanan secara perlahan akan memberi waktu pada anak untuk mengukur rasa lapar. Tanya anak apakah dia sudah kenyang, sebelum memberinya makanan tambahan.

#12 Tidak ada gangguan lain yang menarik konsentrasi waktu makan mereka. Tutup TV, tutup iPad, jangan tampilkan makanan penutup atau permen sampai anak selesai makan.

#13 Yang paling penting adalah kehangatan yang tercipta saat makan bersama (orang tua dan juga anak-anak). Jika Anda tidak makan bersama dalam suasana yang bahagia, maka mereka tidak akan menikmati makan. Mereka mencintai apa yang kita lakukan sebagai orang tua. Tunjukkan selera makan dan beri perhatian pada makanan anak-anak. Mereka sangat suka perhatian dan akan menunggu untuk makan bersama dengan orang tua mereka.

#14 Cobalah membuat makanan dengan bentuk yang unik dan menarik perhatian anak.

#15 Konsultasikan dengan dokter, jika gangguan nafsu makan berlarut-larut, Kekurangan zat mineral tertentu, seperti zinc, diketahui dapat menurunkan nafsu makan dan Penelitian awal yang dilakukan pada hewan menyimpulkan, zinc kemungkinan dapat meningkatkan nafsu makan pada kasus defisiensi zinc jangka pendek.

Namun sebelum Anda memutuskan untuk membawanya ke Dokter, Anda bisa menggunakan atau memberi anak ramuan tradisional dengan bahan alami yang tentunya akan mampu meningkatkan nafsu makan anak Anda.

Kurangnya nafsu makan akan membuat anak enggan untuk mengkonsumsi makanan, hal ini tentu tidak baik bagi kesehatannya, karena ia masih dalam masa pertumbuhan. Dengan makan berkurang maka pemenuhan asupan nutrisi dan gizi seimbang juga menjadi berkurang. Maka akibatnya anak akan kekurangan gizi, kurang energi yang menjadikan tubuh menjadi lemas.

Jamu Tradisional Penambah Nafsu Makan

Jika beberapa cara di atas telah Anda coba, namun sia-sia alias tidak mempan maka Anda bisa memanfaatkan ramuan tradisional ini. Berikut ini adalah ramuan tradisional yang mampu menambah nafsu makan anak.

jamu anak
1. Ramuan Jahe
Jahe merupakan jenis tanaman herbal yang biasa digunakan pada pembuatan jamu nafsu makan menambah berat badan. Anda bisa menggunakan tanaman ini untuk mengatasi nafsu makan anak berkurang atau tidak mau makan. Jahe bisa menjadi jamu penambah nafsu makan anak yang ampuh.

Caranya:

  • Siapkan 1 ruas jahe ukuran sedang lalu cuci bersih
  • Keprek atau tumbuk jahe kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih
  • Setelah mendidih, Angkat dan saring air rebusannya.
  • Tuang ke dalam wadah atau cangkir dan tambahkan satu sendok teh perasan lemon dan satu sendok makan madu
  • Minumkan dua kali sehari secara rutin dan anak Anda pun akan menambah nafsu makan anak Anda.

2. Jus atau Ramuan Lemon
Selain menggunakan ramuan jahe, Anda juga bisa memberinya buah. Buah penambah nafsu makan ini yaitu lemon. Lemon terbukti ampuh menambah nafsu makan anak agar lebih lahap makannya. Dengan minum 1 gelas jus lemon akan berkhasiat banyak bagi anak Anda selain nafsu makan, yaitu dapat membunuh kuman dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Selain itu juga sangat bagus untuk melancarkan sistem pencernaan anak. Cara membuat ramuan tradisional untuk menambah nafsu makan anak dengan lemon, yaitu:

  • Siapkan 1 buah jus lemon kemudian peras
  • Masukkan perasan lemon tersebut dalam gelas lalu tambahkan air hangat atau dingin
  • Minum 1 sampai 2 kali sehari, maka anak menambah nafsu makan anak Anda.

Selain membuat ramuan diatas, Anda juga bisa memberikannya buah-buahan. Buah penambah nafsu makan untuk anak yaitu pepaya dan apel hijau. Berikan anak Anda buah tersebut sebelum makan siang yang bertujuan saat makan nanti maka anak akan lahap makannya. Buah pepaya dan apel hijau terbukti ampuh menambah nafsu makan pada anak-anak.

3. Daun Enceng-Enceng
Untuk obat penambah nafsu makan anak yang bagus pertama yaitu ramuan daun enceng-enceng. Daun ini memiliki manfaat yang baik untuk mengatasi susah makan pada anak yang disebabkan oleh gangguan pencernaan atau infeksi. Dengan rutin meminumnya maka akan langsung mengembalikan anak lahap makan kembali.

Berikut ini cara membuat obat nafsu makan anak tradisional dengan daun enceng-enceng, yaitu:

  • Siapkan 25 sampai 30 lembar daun enceng-enceng yang segar
  • Cuci bersih dan biarkan sebentar agar sedikit hilang airnya
  • Tumbuk halus dengan menambahkan air kemudian peras dan saring
  • Masukkan ke dalam gelas kemudian minum dua kali sehari secara teratur.
  • Selain itu bisa dengan anak memakannya secara langsung seperti makan kemangi untuk lalapan.

4. Lempuyang
Lempuyang merupakan tanaman yang banyak manfaat untuk kesehatan. Banyak jamu tradisional yang menggunakannya untuk menjaga kesehatan tubuh. Lempuyang juga termasuk obat tradisional penambah nafsu makan anak umur 1 tahun sampai 3 tahun atau balita. Nah, berikut ini cara membuat obat nafsu makan anak tradisional dengan lempuyang, yaitu:

  • Siapkan 1 ruas jari lempuyang hingga lembut dan tambahkan air secukupnya
  • Aduk-aduk dan peras untuk ambil airnya
  • Tambahkan Air asam setengah gelas yang ditambah gula merah dan garam secukupnya.
  • Minumkan secara rutin sekali sehari dengan ukuran gelas kecil atau 50 ml

daun pepaya5. Daun Pepaya
Ternyata tidak hanya buahnya saja yang bisa membantu mengatasi susah makan pada anak. Dengan memanfaatkan daun pepaya juga bisa membuatnya menjadi obat nafsu makan anak paling ampuh. Untuk bikin jamu tradisional penambah nafsu makan dengan daun pepaya penting menyiapkan bahan utamanya yaitu daun pepaya yang masih segar. Nah, berikut ini cara membuat obat nafsu makan anak tradisional dengan daun pepaya.

  • Sediakan satu genggam daun pepaya yang segar (baru petik) kemudian cuci sampai bersih
  • Tumbuk daun pepaya dengan menambahkan sedikit air
  • Peras dan saring airnya dan tambahkan 1 sendok makan madu
  • Minumkan pada anak secara teratur dua kali sehari dengan dosis setengah gelas untuk sekali minum.

6. Biji Mahoni
Biji mahoni dipercaya mampu mengatasi sulit makan pada anak dan menambah nafsu makan dengan cepat secara alami. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, berikut ini cara membuat obat penambah nafsu makan anak dengan menggunakan biji mahoni.

  • Siapkan setengah sendok biji mahoni
  • Seduh dengan setengah gelas air panas
  • Campurkan satu sendok makan madu asli
  • Minumkan pada anak yang sulit makan 3 kali sehari dengan dosis 1 sendok makan secara teratur.

7. Bawang merah
Mungkin belum banyak orang yang mengetahui tentang obat tradisional yang satu ini. Bawang merah juga bisa Anda manfaatkan untuk menambah nafsu makan anak Anda. tidak yakin? coba saja sendiri, berikut caranya:

Ambil bawang merah sekitar tiga butir, lalu kemudian di bakar. Setelah keluar bau (matang) beri sedikit air (sekitar tiga sendok) Kemudian bawang yang sudah matang itu di remas-remas di dalam air sampai bawang benar-benar hancur. Setelah itu saring. Minumkan pada anak dan beri ramuan tersebut dua kali seminggu.

jamu kunyit8. Ramuan Kunyit
Khusus anak yang mengalami kesulitan makan, dr. Prapti Utami MSi menganjurkan agar orangtua membiasakan membuat ramuan kunyit untuk anak. Tak hanya itu, menurut dokter, herbal ini juga bisa meningkatkan enzim pencernaan. Pemberian kunyit secara teratur, bisa menghindarkan anak dari radang dan meningkatkan daya tahan tubuh. Ada dua cara untuk membuat ramuan tradisional ini.

Cara yang pertama

  • “Potong rimpang kunyit sebesar 1 hingga 2 jari. Lalu parut kemudian diperas pakai kain bersih. Tambahkan sedikit garam lalu minumkan ke anak sebelum si Kecil tidur.

Untuk cara yang kedua

  • Yaitu dengan cara di geprek, kemudian rebus air 1,5 sampai 2 gelas. Tunggu sampai airnya mendidih. Masukkan geprekan kunyit tersebut ke panci kemudian ditutup. Kecilkan api kompornya dan diamkan sekitar 10 menit. Setelah itu, baru disaring. Boleh ditambah madu, tapi sebaiknya tunggu rebusan kunyit itu sampai dingin. Ramuan kunyit tersebut bisa menambah nafsu makan pada anak.

9. Lengkuas, Meniran dan Temulawak
Ketiga bahan ini menjadi kombinasi yang cukup efektif untuk mengatasi anak yang tidak memiliki nafsu makan yang baik (susah makan). Bahan – bahan yang harus anda siap kan adalah daun meniran setengah genggam, dan lengkuas ΒΌ rimpang, dan juga temulawak dua rimpang dan tiga gelas air.

Cuci semua bahan sampai benar – benar bersih. Lalu rebus lah dengan 3 gelas air itu sampai mendidih dan juga biarkan sampai airnya tersisa dua gelas. Kemudian disaring, lalu konsumsilah lakukan ini 2 kali sehari, cukup setengah gelas setiap kali minum.

10. Brotowali
Obat nafsu makan dengan brotowali. Tanaman ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi anak yang susah makan.

  • Cuci daun dan batang sampai bersih dan jangan sampai rusak.
  • Kemudian rebuslah bahan – bahan tersebut selama 30 menit dalam keadaan tertutup.
  • Setelah air dingin saring ambil airnya saja konsumsilah 2x dalam satu hari ulangi kebiasaan ini sampai benar-benar optimal.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply