3 Alasan Berlibur ke Bali pada Bulan Maret

Pulau Bali merupakan salah satu destinasi favorit pariwisata di dunia. Ribuan wisatawan lokal dan internasional mengunjungi Bali tiap bulannya. Jumlah toris yang datang ke Bali berfluktuasi tiap bulannya, tergantung dari berbagai faktor, misalnya keadaan ekonomi  atau situasi keamanan dunia. Para wisatawan  biasanya telah merencanakan liburannya jauh-jauh hari. Namun sebagian wisatawan, berlibur ke Bali tanpa rencana atau hanya mengikuti situasi diri yang sedang dialaminya.

Jika anda punya rencana untuk berlibur ke Bali, maka Anda boleh mempertimbangkan hal-hal yang saya sarankan. Ada tiga alasan untuk memilih liburan ke Bali pada bulan Maret, yaitu:

pura bali
1.  Memperoleh Harga Lebih Murah
Seperti sebuah hukum ekonomi, jika banyak permintaan maka harga suatu barang akan meningkat. Ketika anda berlibur ke Bali pada bulan Juni – September, maka Anda harus bersiap-siap mengeluarkan uang lebih, karena pada bulan-bulan tersebut, jumlah kunjungan wisatawan ke pulau Bali mencapai puncaknya, sehingga banyak penyedia jasa pariwisata menaikkan harga.

Jika Anda berlibur pada bulan Maret – Mei, Anda akan menemukan harga penginapan atau harga makanan di restaurant lebih murah, karena pada bulan-bulan tersebut dikenal sebagai bulan sepi pada sektor pariwisata di Bali. Jadi, bulan Maret merupakan pilihan tepat untuk menghabiskan liburan Anda di Pulau Bali.

2.  Merasakan Suasana Nyepi
Nyepi adalah perayaan tahun baru versi Bali. Hari raya Nyepi dirayakan setiap bulan Maret. Pada perayaan Nyepi, banyak hal unik yang akan Anda jumpai. Tiga atau Dua hari sebelum Hari Raya Nyepi, masyarakat Bali mengadakan upacara Melasti / Mekiis, yaitu mengarak dan memandikan pusaka Pura atau benda-benda suci menuju ke sumber air (danau atau laut). Sehari sebelum Nyepi disebut Hari Pengerupukan, dimana pada sore hari biasanya setiap desa mengadakan Parade Ogoh – ogoh untuk menetralkan pengaruh iblis.

Pada hari raya Nyepi, anda harus mematuhi aturan adat Bali yaitu  dilarang untuk keluar penginapan dan memutar musik keras-keras. Jadi jika Anda ingin merasakan sensasi liburan yang tenang, maka berliburlah pada bulan Maret. Selain itu, pada bulan Maret, banyak ada diskon yang ditawarkan oleh hotel, spa, restaurant, dan sebagainya.

3. Pergantian Musim Panas
Bulan Maret merupakan pergantian musim dari hujan menuju panas. Bulan ini merupakan bulan sejuk pada pulau Bali. Berbagai tumbuhan bunga dan buah mulai mekar sehingga memberikan kecantikan pada Bali. Selain itu, bagi Anda mempunyai hobi menyelam (diving), maka Anda akan menikmati suasana panorama bawah laut yang indah.

Leave a Reply