Dekorasi Rumah dengan 10 Warna Cat Dinding yang Mampu Pengaruhi Mood Anda

Rumah merupakan tempat kita bernaung serta berlidung bersama keluarga. Jadi sudah sepantasnya jika kita mendesain rumah kita dan membuatnya senyaman mungkin. Sehingga kita akan merasa betah untuk berada di rumah.

Seberapa besar pun sebuah rumah, namun jika tidak didesain dengan tepat baik itu warna catnya, pemilihan perabotannya, plafon, lantai dan lain sebagainya. Jika semua itu tidak tertata dengan rapi atau mungkin pengambilan warna yang salah, maka akan membuat rumah terlihat aneh dan tidak bagus.

cat dindingTerkadang, kita tergoda untuk memperbarui dan mengubah hiasan interior rumah. Agar terlihat lebih moderen atau lebih hidup, mungkin bagi Anda warna cat dinding yang paling aman adalah yang berwarna putih. Tapi, tahukah Anda, dari sudut pandang psikologis, warna bisa mempengaruhi mood seseorang .

Itu sebabnya penting untuk memilih warna terbaik untuk dinding rumah kita, karena warna rumah akan mampu membuat seseorang lebih banyak tidur dan bangun dengan tubuh yang segar dan bersemangat. Sebenarnya, ini membantu menyoroti aura positif atau karakter spesial di dalam diri Anda.

Menurut penelitian, ada hubungan antara warna dan ruang yang akan mempengaruhi mood kita sehari-hari. Jadi jika salah memilih, itu mungkin akan mempengaruhi hari yang Anda alami. Bagi Anda yang masih merasa bingung untuk menentukan warna atau mungkin masih tidak punya ide bagaimana mempercantik sebuah ruangan, maka berikut ini akan kami berikan beberapa pilihan warna cat dinding, yang pastinya akan mampu memperindah ruangan rumah Anda:

1. Kuning
Mungkin tidak banyak yang berani memilih warna kuning untuk tema kamar tidur. Namun nyatanya warna-warna cerah seperti kuning dan oranye bisa membangkitkan mood seseorang untuk lebih ceria dan aktif berinteraksi satu sama lain. Selain itu, ini memberikan pencahayaan yang baik selain mempengaruhi ruang yang luas.

2. Merah
Tahukah Anda bahwa penelitian tersebut menemukan bahwa cat dinding merah bisa meningkatkan adrenalin tertinggi. Ini berarti mengasyikkan, membuat seseorang lebih bersemangat, menghasilkan nafsu makan, sekaligus mewakili suasana romantis dan sensual.

Merah anggur adalah alternatif warna yang indah sebagai aksen dinding, akan tampak anggun jika ditata dengan seksama bersama furniture yang bernuansa netral. Namun, juga memungkinkan untuk meningkatkan tekanan darah jika kombinasi tersebut tidak sesuai. Karena itu, mungkin kurang cocok untuk kamar tidur karena bisa membuat seseorang merasa cemas dan gelisah.

3. Biru
Banyak yang memilih warna yang tenang seperti biru dan ungu seperti warna kamar tidur karena terlihat menenangkan dan membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak. Warna sejuk ini mampu mengurangi tekanan darah dan membantu memperlambat pernapasan dan detak jantung untuk beristirahat.

Hal itu juga bisa menginspirasi seseorang karena biru bisa membuat seseorang lebih produktif dan kreatif. Karena itu, warna biru juga cocok untuk dekorasi kantor atau ruang kerja. Bertolak belakang dengan warna-warna cerah, warna yang tenang tidak cocok untuk ruang bersama seperti ruang tamu dan dapur karena lebih pasif dan membuat orang kurang menarik dan bersemangat.

4. Warna Grey / Neutral – Fleksibel
Warna netral dari putih, krem hingga warna gelap seperti coklat dan abu – abu adalah warna yang dianggap aman dan sekaligus fleksibel karena mudah disesuaikan dengan warna apa pun yang mereka inginkan. Warna netral juga membuat ruangan terlihat lebih modern dan rapi.

Dengan berbagai pilihan warna, warna netral juga cocok untuk semua jenis ruang interior. Dengan berbagai pilihan warna, warna netral juga cocok untuk semua jenis ruang interior. Dan ini cocok untuk dekorasi kamar tidur.

5. Hijau
Warna yang satu ini identik dengan pecinta alam. Terletak di tengah spektrum warna, hijau mudah kompatibel dengan warna cerah atau sejuk. Kombinasi biru dan ceria yang keren membuatnya cocok untuk semua jenis ruang hidup. Suasana yang tenang bisa tercipta di ruang dapur yang sibuk bila dibarengi dengan warna hijau.

Jika diaplikasikan ke ruang tamu lagi, ia mampu mencerahkan suasana hangat untuk memperkuat hubungan. Penggunaan hijau juga dipercaya bisa membantu mengurangi stres dan melambangkan kesuburan . Karena itu, warna latar juga cocok untuk kamar tidur.

Bagi Anda yang tinggal di daerah yang bersuhu hangat dan ruangan Anda cerah oleh cahaya alami, Anda bisa menggunakan warna hijau lemon sebagai sentuhan tropis. Ruangan pasti akan tampak cantik dengan lantai keramik berornamen Meksiko.

6. Pink
Warna pink sering menjadi pilihan untuk kamar tidur anak perempuan. Mereka biasanya menyukai Hello Kitty atau tema Barbie pink! Apapun, secara psikologis, dia memberi rasa tenang, ceria dan kasih sayang. Selain itu, warna pink juga diyakini bisa meredakan amarah dan agresi. Sebuah studi di Amerika Serikat menemukan bahwa tahanan di penjara tampak lebih tenang saat mereka berada di luar angkasa dengan dinding merah muda.

Namun, mungkin kurang tepat jika digunakan secara luas karena seseorang cenderung kekanak-kanakan dan lemah. Jadi untuk menyeimbangkannya, Anda bisa mengkombinasikannya dengan warna hitam, putih atau abu-abu.

7. Ungu
Warna ungu melambangkan kemewahan karena juga terkait dengan warna kerajaan. Penggunaan ungu gelap di dalam ruangan akan menyoroti rasa aura romantis, misterius, dan mewah serta canggih serta mengilhami inspirasi untuk bekerja. Warna ini cocok untuk ruang tamu, dapur, atau kantor. Sebaliknya, kamar tidur lebih sesuai dengan warna kombinasi ungu seperti yang didamaikan dan membantu Anda rileks.

8. Warna gelap
Meski kerap dikaitkan dengan kegelapan, warna gelap juga bisa menciptakan ruang yang menarik. Warna seperti biru tua bisa membuat ruang tampil lebih khas dan dramatis.

Penggunaan hitam sekarang semakin meningkat sebenarnya juga menunjukkan disiplin diri dan kekuatan, melambangkan diri yang superior. Namun, hal itu juga mempengaruhi mood swing ( mood swing ) . Untuk menyeimbangkannya, gabungkan hitam dengan putih sehingga emosinya lebih stabil dan warna hitam juga terlihat lebih menonjol. Pastikan cahaya alami bisa masuk ke ruang sebanyak mungkin sehingga suasana ruang lebih bertenaga.

9. Serba Putih
Bila Anda menyukai warna putih, kami sarankan untuk menghadirkan nuansa monokrom. Misalnya, dari lantai, dinding, furnitur, dan kelambu, semuanya berwarna putih. Efek yang bisa didapatkan adalah ruangan yang sangat cerah, namun lembut dan akan terlihat lapang.

10. Abu-abu
Warna abu-abu ini bisa Anda kombinasikan dengan warna putih yang abadi, ini akan selalu berhasil untuk ruangan yang bergaya modern maupun klasik. Paduan warna ini akan memudahkan Anda untuk menghias ruangan dengan aksesoris warna cerah lainnya dan ini akan menghasilkan kohesi visual yang mempesona. Dengan demikian, ruangan pun akan tampak lebih luas.

Ingat, Kombinasi Warna Itu Penting!

Warna adalah alat yang memiliki dampak besar di rumah seseorang. Tidak hanya bisa mengubah mood rumah sesuai selera pemiliknya, tapi juga membuat ruangan lebih lapang, kecil, dan bisa membantu menonjolkan furnitur yang digunakan. Batas penggunaan 3 sampai 4 warna hanya termasuk furnitur sehingga ruang interior tetap rapi dan tidak terlihat terlalu banyak.

Dampaknya pada emosi seseorang sangat besar dan bisa mempengaruhi suasana di rumah. Penting untuk memilih warna yang bisa menghadirkan suasana keluarga seperti kedamaian, kebahagiaan dan kenyamanan. Jadi terserah Anda mau pilih warna yang mana. Pastinya yang akan mampu membuat Anda dan keluarga merasa betah serta nyaman berada di dalam rumah.

Berikutnya akan kami berikan beberapa tips agar ruang tamu Anda tampak luas dan terlihat longgar.

Ruang tamu merupakan cerminan dari ruang yang ada dalam sebuah rumah secara keseluruhan. Jadi, sangatlah penting untuk membuat ruang tamu menjadi terlihat luas dan juga nyaman. Itu artinya Anda harus bisa menyiasati agar ruang tamu Anda yang kecil bisa tampak luas dan terlihat longgar, tertata rapi serta pilihan warna yang bagus, maka orang yang berkunjung pun akan merasa nyaman dan senang. Dan Anda pun akan semakin bangga untuk memperlihatkan ruang tamu Anda kepada teman atau sanak saudara.

a. Pilihlah warna yang cerah di dinding maupun di lantai
Ada baiknya jika dinding maupun lantai berwarna terang, agar ruangan terlihat lebih cerah. Bukan hanya dinding yang perlu di beri warna terang, namun penggunaan atau pemilihan furitur juga bisa membantu kita mencapai tujuan ini.

Warna kuning dan krem sempurna untuk ruangan yang sempit. Karena efek cerahnya akan membuat ruangan akan terlihat lebih luas dan atmosfer ceria. Warna yang menyolok(terang) membuat ruangan tidak tampak membosankan.

b. Beri sekat pada perabot atau furniture pada dinding
Untuk menghadirkan nuansa modern pada ruangan, gunakanlah furnitur linear. Furnitur berbentuk lurus lebih sedikit makan tempat, sehingga cocok untuk ruangan yang gelap dan sempit. Elemen lain yang dapat Anda gunakan adalah rak. Furnitur ini juga cocok untuk menghemat tempat dan meletakkan lampu kecil. Usahakan untuk menggunakan rak yang sewarna dengan dinding. Agar tidak terlihat ramai.

c. Beri plafon yang memunculkan suasana luas dan longgar
Saat menata sebuah ruangan, sebaiknya kita tidak melupakan peran penting langit-langit rumah. Elemen rumah ini juga dapat mengubah penampilan setiap ruangan. Dengan mengaplikasikan warna putih terang langit-langit (plafon) akan membuat ruangan terlihat lebih luas.

d. Pakailah perabot yang multi fungsi
Misalnya,Anda menggunakan elemen hias atau perabotan yang bernuansa emas atau perak untuk merefleksikan cahaya di sekitar, dengan begitu ruangan akan tampak lebih luas sekaligus mampu mempercantik ruangan.

e. Hindari perabot yang terlalu besar atau terlalu banyak hiasan
Pada ruangan yang luasnya terbatas, penataan adalah hal utama. Hiasan yang tidak tertata rapi akan membuat ruangan tidak nyaman. Jadi, usahakan untuk memilih perabotan atau hiasan yang tepat. Misalnya, pilih meja kopi dengan kaki lebar. Ini akan membuat ruangan terasa lebih lebar dari keadaan sebenarnya. Hindari menghias ruangan dengan terlalu banyak benda, meski bentuknya kecil.

f. Gunakan corak horisontal pada lantai agar nampak luas
Salah satu tips untuk menampilkan efek luas pada lantai adalah dengan meletakkan karpet di lantai, pilih karpet yang bermotif geometris atau yang bercorak horisontal, karena itu dipercaya dapat menimbulkan ilusi kedalaman dan juga memberi kesan luas.

g. Gunakan dekorasi yang artistik dan bertema
Dengan begitu Anda akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan. Yaitu sebuah ruangan yang terlihat luas, nampak indah dan juga modern.

h. Desain tata cahaya
Desain tata cahaya atau tata lampu penting untuk memperindah ruangan kecil dan gelap. Anda bisa menggunakan lampu dengan berbagai bentuk dan ukuran. Caranya adalah dengan meletakkan satu sumber cahaya utama yang bisa menerangi beberapa titik. Lampu kecil di bawah tangga, misalnya.

Ada lampu di belakang meja dan dipasang sedikit di atas permukaan lantai. Sebuah sentuhan cahaya temaram akan menghasilkan efek romantis serta hangat pada ruangan.

Demikianlah sekiranya informasi yang dapat kami berikan, semoga saja dapat bermanfaat untuk Anda. Terimakasih…

Leave a Reply