Ini Prinsip yang Harus Dipahami dalam Cinta Lokasi

Kebersamaan yang dijalani dalam beberapa hari pada suatu kegiatan, bisa menumbuhkan benih-benih cinta. Rasa suka dan cinta yang terjadi pada suatu program kegiatan di suatu lokasi disebut dengan Cinlok alias Cinta Lokasi. Jika para artis film sering mengalami cinlok di lokasi syuting, maka kita sebagai warga biasa mungkin pernah mengalami cinta lokasi di tempat pelatihan kerja, tempat magang atau training, di perkemahan pramuka, dan sebagainya.

Cinta lokasi sering diasosiasikan sebagai cinta sesaat, karena dari pengalaman banyak orang, cinta ini sering berakhir begitu saja setelah program yang diikuti selesai. Namun, beberapa diantaranya menjadikan cinlok tersebut sebagai awal untuk membina hubungan cinta yang baru untuk menuju ke jenjang yang lebih serius. Selain para kaula muda, cinlok juga sering dialami oleh orang-orang yang sudah punya pasangan (berkeluarga). Mengingat Cinlok sering dianggap hanya sebagai motivator di tempat kegiatan saja, maka ada baiknya anda memegang empat prinsip berikut:

Prinsip Pertama >> Tidak Berharap Lebih

Walaupun anda masih ngejomblo, jangan menganggap cinta lokasi sebagai jawaban dari kesepian anda untuk menuju tahap yang lebih serius. Jangan berharap terlalu banyak dengan hubungan cinta macam ini. Walaupun ia menyatakan sangat menyukai anda, dan anda juga memiliki perasaan yang sama, belum tentu rasa itu akan tetap mekar ketika semua acara telah berakhir.

Cinta lokasi itu muncul karena adanya kebersamaan, kesepian sementara, dan juga kekaguman sesaat. Anda belum mengenalnya secara mendalam. Jadi, buang jauh-jauh harapan tinggi atas hubungan cinta tersebut.

Prinsip Kedua >> Jalani Secara Rahasia

Prinsip kedua dalam menjalani cinta lokasi adalah tidak mempublikasikannya ke orang-orang sekitar. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari gossip yang dapat mengganggu aktivitas anda dan bahkan citra diri anda. Love On Location sering dibilang sebagai emosi sesaat yang kemudian memudar secepat cinta itu datang, artinya tidak menjamin akan berlangsung lama.

Jika banyak orang yang tahu tentang jalinan cinta anda dengan si dia, dikhawatirkan itu akan melunturkan rasa cinta dari orang-orang yang naksir dengan anda.

Prinsip Ketiga >> Menahan Diri

Walaupun hanya Cinlok, rasa cemburu tentu juga bisa menghampiri hati anda. Inilah salah satu hal yang harus bisa anda tahan di dalam diri. Jangan mengumbar emosi ataupun tangisan ketika di hati anda terbesit rasa jealous. Anda juga perlu menahan diri dari hasrat cinta yang menggebu. Bersabarlah, sambil anda melihat dan menebak kemana arah cinta ini akan berlanjut.

Prinsip Keempat >> Just For Fun

Satu prinsip yang dijadikan pegangan dalam merajut cinta lokasi adalah menganggapnya hanya sebagai hiburan (don’t be serious). Buatlah cinta lokasi tersebut sebagai pemberi semangat dalam beraktivitas. Prinsip “Just For Fun” dalam Cinlok akan berubah menjadi “Just For Life” jika skema dan kelanjutan cinta lokasi ini telah menuju ke arah yang pasti.

Oke sobat, itulah prinsip-prinsip dalam melakoni cinta lokasi. Semoga CinLok yang sedang anda jalani bisa menjadi CinLock alias cinta terkunci (menyatu selama-lamanya).

Tinggalkan komentar