8 Momen Inilah yang Membuat Kita Merindukan Ibu

Tidak dapat disangkal bahwa pernikahan adalah hari yang paling membahagiakan kita. Tanpa disadari, itu juga akan menjadi titik awal perubahan dalam kehidupan kita. Saat kita telah menemukan seorang belahan jiwa, yang akan kita ajak untuk melangkah bersama, sudah pasti akan membuat kita merasa bahagia. Seakan kita telah menemukan suatu tujuan dalam hidup ini. Tak dapat di pungkiri jika hati merasa tidak sabar untuk menantikan hari yang bahagia itu.

Namun setelah hari itu tiba, entah kenapa air mata menetes tanpa henti. Bahkan kita juga tidak tau apa arti air mata itu? Air mata bahagia atau air mata sedih karena kita akan meninggalkan rumah, keluarga, khususnya ibu? Di hari yang bahagia itu dimana suasananya begitu ramai oleh hadirnya para undangan, tapi entah kenapa hanya raut wajah ibu yang terlihat. Selintas akan terbayang semua kenangan yang telah terlewati bersama ibu dan juga keluarga yang lain.

mama

Dalam sekejap seakan kebahagiaan itu menghilang entah kemana. Bukankah ini sebuah perasaan yang aneh? Walaupun begitu, tapi tetap saja ini hal yang wajar, dan hampir semua orang yang akan menikah merasakan perasaan ini. Tentunya layanan pasangan pasti tidak akan sama dengan bagaimana kita di membesarkan oleh seorang ibu.

Tidak masalah anak laki-laki atau perempuan, masing-masing memiliki hubungan istimewa dengan ibu mereka. Biasanya kita terkadang tidak setuju dan selalu bertahan. Tapi terkadang kita hanya akan mulai ‘merasa’ tersesat dan merindukan ibu kita setelah menikah.

Inilah 8 momen yang akan membuat kita merasa kehilangan sebagian besar kasih sayang seorang ibu, terutama setelah menikah dan tinggal terpisah.

1. Saat Kita Jatuh Sakit
Dulu disaat kita sedang sakit atau sekedar demam, ibu selalu punya waktu untuk kita. Ia seakan menjadi ‘dokter’ pertama untuk kami. Bahkan ia tidak akan segan untuk memperlakukan kita selayaknya anak kecil dan tidak peduli berapa umur kita. Ibu akan memijit kepala, membuat bubur, ‘memaksa’ kita makan. Dan akan memastikan kita cukup istirahat. Berapa kali ia akan datang ke kamar kita hanya untuk memastikan kita memakan obatnya? Rasanya tenang dan nyaman saat melihat wajah ibu.

Tetapi setelah menikah dan berada jauh dari ibu, kita tidak bisa lagi merasakan itu. Di saat sakit, maka semua itu akan terkenang, dan itu akan membuat kita merindukan ibu.

2. Saat Menonton Drama / Film
Jika ada drama atau film dengan tema cinta ibu, hati pasti akan cepat tersentuh. Dan ingin rasanya cepat-cepat menelepon ibu dan mendengar suaranya. Ada beberapa adegan yang tidak terlalu menyedihkan, tapi saya tidak tahu mengapa air mata terus menetes. Ingin rasanya berada di dekat ibu bukan?

3. Saat ‘CRAVING’
Keinginan bukan kasus wanita hamil saja. Pria atau wanita hamil pasti selalu ingin makan masakan ibu. Terkadang hidangan ibu itu sederhana. Tapi ketika Anda meminta resep dan memasaknya sendiri, itu tidak akan pernah terjadi!(rasanya tidak akan sama).

Menginginkan sesuatu, mau kembali ke hari itu, hanya untuk menikmati masakan ibu. Meski hanya makan tahu dan tempe, tapi itu akan terasa sangat menyenangkan. Memang benar adanya bahwa, koki yang paling hebat sekalipun tidak akan bisa menyamai enaknya dari masakan ibu sendiri.

4. Saat Hamil dan Melahirkan
Selama kehamilan, kebanyakan wanita merasa bahwa seorang ibu akan lebih memahami kesulitan kita daripada pasangan. Bagaimanapun, ibu itu kan seorang wanita. Pastinya ia akan lebih mengerti tentang apa yang kita rasakan saat hamil. Saat berbicara dengan ibu, rasa mual- mual, sakit kaki, sakit punggung, kelelahan seakan menghilang.

Apa lagi saat menjelang melahirkan, rasa sakit itu akan membuat kita menyadari bahwa seperti itulah rasa sakit yang ibu kita rasakan saat melahirkan kita dulu. Itu akan membuat kita semakin mengerti bahwa betapa besar perjuangan seorang ibu untuk membuat kita ada di dunia ini. Dan itu semakin membuat hati merindukan ibu.

5. Bila Ada Masalah
Terkadang saat ada masalah dengan seseorang baik itu dengan atasan, berkelahi dengan pasangan, atau kesalahpahaman dengan ibu mertua, tentu akan membuat kita merasa sedih. Ada kalanya kita terlalu lelah, tegang atau stress, dan kita membutuhkan ketenangan atau hanya sekedar butuh tempat untuk mengeluh. Hanya ingin mengekspresikan diri dan meminta nasehat. Di saat seperti itu kita akan benar-benar membutuhkan seorang ibu untuk bersandar.

Dulu semua hal bisa kita sampaikan pada ibu. Tapi saat sudah menikah, mungkin sudah waktunya untuk kita menyelesaikan masalah sendiri. Dan mungkin sekarang kita lebih tertutup karena kita tidak boleh lagi mementingkan diri sendiri. Yang anehnya, meski kami tidak memberitahu, tapi biasanya seorang ibu akan mengetahui apa yang kita rasakan tanpa kita harus memberi tau.

6. Saat Merasa Kesepian
Hidup setelah menikah biasanya akan lebih sibuk. Banyak hal yang harus dilakukan. Dari pagi-pagi sekali, bahkan sampai larut malam. Akan selalu ada saja yang harus di kerjakan. Meskipun kita sibuk, namun akan ada waktu untuk merasa kesepian. Misalnya, saat makan sendiri(pasangan sedang bekerja atau sedang ada urusan lain), atau di saat mengendarai mobil sendiri, saat-saat seperti ini kita akan teringat pada ibu kita. Apa yang ia lakukan sekarang???

7. Bila Berhasil Mendapatkan Sesuatu Yang Diinginkan
Selain saat-saat menyedihkan, disaat kita mendapatkan keberhasilan(sukses) kita juga akan merindukan ibu. Misalnya, jika Anda bisa melakukan promosi, saat Anda bisa menawarkan studi di luar negeri, saat anak mendapatkan hasil ujian yang bagus. Seakan tidak sabar untuk memberitahu berita itu kepada ibu.

Seorang ibulah yang menguatkan semangat kita sampai hari ini. Jika mungkin, Anda akan memiliki waktu yang sulit juga!

8. Disaat Perayaan Hari Ibu
Tanggal 22 Desember 1953 ditetapkan sebagai hari ibu. Itu di lakukan karena mengingat kerja keras dan juga pengorbanan seorang ibu untuk membesarkan anak-anaknya. Dan itu tentu tidak mudah di lakukan. Setiap tanggal 22 Desember ornag-orang akan berlomba untuk mengucapkan serta memberi hadiah kepada ibu mereka. Suasana seperti itu membuat saya terkenang akan ibu.

Disaat kita sedang berada di dekatnya ia akan menghujani kita dengan kasih sayang. Namun bila kita berada jauh darinya maka ia akan selalu memanjatkan Doa agar kita baik-baik saja.

Itu sebabnya meski kita berjauhan, ibu tetap nomor satu yang kita cari. Ingatlah keberhasilan apapun yang kita raih itu berkat doa ibu. Sayangilah ibumu selagi kita bisa…

Leave a Reply