5 Jenis Kulit Wajah dan Cara Memilih Pembersih yang Sesuai

Rutinitas perawatan wajah yang lengkap harus mencakup tiga bidang utama, yakni pembersihan, penyegaran dan pelembab. Anda mungkin menggunakan produk kecantikan yang di beli di toko-toko kosmetik, atau lebih sering menggunakan metode perawatan alami yang dibuat sendiri di rumah. Apa pun media perawatan kecantikan yang anda gunakan, langkah awal yang harus anda ketahui adalah mengenali jenis-jenis kulit wajah yang anda miliki.

Dengan mengenali jenis kulit yang anda miliki, maka akan lebih tepat dalam menentukan dan memilih produk perawatan yang sesuai. Nah, berikut ini diuraikan aneka jenis-jenis kulit wajah dan tips untuk memilih produk pembersih wajah (face cleaner) yang sesuai.

jenis kulit wajah

1. Kulit Normal
Umumnya kulit terlihat bersih dan tidak memiliki noda atau ketidaksempurnaan. Kulit wajah yang kerap menjadi impian semua wanita. Orang yang memiliki jenis kulit normal paling gampang untuk memilih jenis pembersih wajah. Cocok untuk semua jenis pembersih wajah. Namun, gunakan pembersih berbahan dasar susu karena lembut.

2. Kulit Kering
Kulit yang kekurangan suplai air dan kelembaban. Mudah dikupas, terasa kasar dan terlihat kusam. Selain itu, garis-garis halus di mata dan dahi juga mudah terlihat. Saat anda membeli produk pembersih wajah, hindari produk yang mengandung alkohol dan minyak, karena hal ini akan lebih banyak membuat kulit wajah menjadi lebih kering.

3. Kulit Berminyak
Jenis kulit berminyak biasanya memiliki pori-pori besar, cenderung berjerawat dan bintik-bintik hitam. Selain itu, selalu ada efek flash (kilap) terutama pada zona T, yakni bagian dahi ke hidung. Gunakan pembersih wajah dengan kandungan PH yang rendah agar mampu membuang sebum dan minyak yang berlebihan.

4. Kulit Sensitif
Kulit sensitif cenderung tipis dan mudah luka. Selain itu sering terlihat kemerah-merahan pada kondisi cuaca tertentu. Elakkan pembersih wajah yang mengandungi pewangi, minyak atau bahan kimia yang bisa merangsang kulit iritasi.

5. Kulit Kombinasi
Jenis kulit ini memiliki aneka kondisi, biasanya kelebihan produksi minyak pada zona T, tetapi kekeringan di area pipi dan dagu. Untuk memilih produk pembersih, ambillah pembersih wajah yang lembut dan berasaskan ekstra alami.

Leave a Reply