5 Faktor Yang Membuat Ibu hamil Menjadi Pelupa

Pernahkah ibu ceroboh saat hamil? Lupakan dengan cepat apa yang kamu pikirkan Sampai orang-orang kesal dengan perilaku kita. Padahal, ada alasan mengapa wanita hamil mudah lupa atau menjadi pelupa. Ternyata itu bisa di jelaskan secara ilmiah, dan bukan di sengaja atau hanya sekedar mitos belaka.

Menurut beberapa penelitian ilmiah, istilah glamour , ‘momnesia’ atau ‘mom brain’ benar – benar ada dan bisa dijelaskan sesuai dengan sudut pandang ilmiah. Faktanya, sebuah studi di Journal of Clinical and Experimental Neuropsychology menemukan bahwa kehilangan ingatan ini bisa bertahan hingga 1 tahun setelah kelahiran bayi! Inilah beberapa alasan mengapa wanita hamil begitu mudah lupa atau lalai.

1. Kurang Tidur
Menurut situs web kesehatan MD Web , penyebab paling umum yang dapat dikaitkan dengan kelupaan selama kehamilan adalah faktor kesehatan tubuh. Bagi kebanyakan wanita terutama mereka yang sedang hamil, mereka akan memiliki masalah tidur nyenyak. Beberapa orang mengalami masalah sakit maag, tidak mampu posisi yang nyaman, dan terbangun karena mereka “terisolasi”. Semua faktor ini mengundang untuk kelelahan dan juga stres.

Dalam situasi seperti ini, normal bagi otak seseorang menjadi kurang efisien, atau tidak dapat melakukan banyak tugas sekaligus (multitasking).

2. Pengaruh Hormon
Selain kelelahan atau kurang tidur, perubahan hormon juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Louann Brizendine, Direktur Klinik Mood dan Hormon Wanita di University of California , menjelaskan bahwa di tubuh wanita hamil ada 14 sampai 40 kali hormon progesteron dan estrogen yang dapat mempengaruhi otak mereka. Semua hormon ini mempengaruhi berbagai tipe neuron di otak.

Padahal, selama ibu melahirkan, hormon oksitosin juga akan meningkat begitu banyak untuk membantu kandungan kandungan dan menghasilkan susu. Semua proses ini dapat mempengaruhi peran jalan pintas wanita.

3. Rutinitas Yang Sibuk
Ada begitu banyak proses dan perubahan yang terjadi pada tubuh wanita yang sedang hamil – baik itu secara mental atau fisik. Pemeriksaan rutin , urusan kantor, pekerjaan rumah, perawatan anak yang ada, semuanya masih seperti biasa. Ini belum masuk persediaan barang bayi, baju hamil, mencari pengasuh anak, dan sebagainya.

Perut tumbuh seiring bertambahnya hari. Semua ini secara alami melelahkan secara fisik dan mental. Bila terlalu banyak yang terjadi dan perlu diingat, tak heran Anda bisa pelupa dari waktu ke waktu.

4. Merasa Tertekan
Laporan oleh artikel LiveScience mengungkapkan bahwa salah satu faktor yang dapat menyebabkan resesi ingatan di kalangan ibu hamil adalah rasa prihatin dan depresi. Beberapa kekhawatiran tentang kesehatan, keuangan, atau rasa tidak dapat diterima.

Studi tersebut menemukan bahwa wanita hamil menjadi lebih tertekan pada trimester kedua dan ketiga, bahkan akan berlanjut sampai 3 bulan setelah melahirkan.

5. Bantu Ibu Mempersiapkan Diri Untuk Menunggu Kelahiran Bayi
Meski pelupa bukanlah sesuatu yang kita anggap positif, namun psikolog telah menemukan beberapa alasan untuk perilaku ini. Menurut mereka, perubahan otak selama kehamilan ini ditujukan untuk membantu ibu mempersiapkan diri untuk mengatasi kelahiran bayi. Ini karena, data menunjukkan aktivitas pada bagian otak yang mengendalikan kemampuan emosional terlihat semakin aktif.

Singkatnya, perubahan ini membuat ibu lebih peka terhadap kebutuhan bayi secara alami. Mereka tampaknya dianugerahi ‘indra keenam yang lebih tajam’. Semua ini membantu dalam proses ikatan dengan bayi.
Meski begitu, jangan menyerah kepada keadaan ini. Kamu bisa mengantisipasi dengan melakukan beberapa tips berikut ini:

Cukupi waktu tidurmu. Menurut penelitian, tidur bisa membantu kemampuan daya ingatmu menjadi lebih baik. Tulis semua yang ingin kamu lakukan secara terperinci di buku harian, lalu tandai jika sudah dilakukan. Untuk membantumu tidak melewati rencana yang ada, kamu bisa menjadwalkannya di ponsel dengan menyetel alarm pengingat.

Selalu letakkan benda-benda pada tempat yang sama agar tidak ada benda-benda yang terlupakan. Jangan bermalas-malasan saat hamil. Lebih baik gerakkan tubuhmu dengan berolahraga karena hal ini lebih mungkin berdampak positif bagi daya ingatmu, lho!

JANGAN STRES YA!
Jika masalah kelupaan ini semakin parah, pastikan Anda cukup istirahat dan mencoba meninjau jadwal Anda. Bagikan pekerjaan dengan pasangan dan kurangi beban sebisa mungkin.

Jika Anda masih merasa bingung untuk mempersiapkan semua keperluan bayi, coba catat apa yang Anda pikirkan. Buat daftar barang yang bisa dipersiapkan lebih awal agar lebih mudah diatur. Bicaralah dengan pasangan. Dapatkan udara segar dan lakukan olahraga. Semua ini bisa membantu Anda rileks dan merasa lebih tenang.
Semoga bermanfaat…

Tinggalkan komentar