Bendungan Wisata yang Mempesona di Bali

Berbagai hal dilakukan oleh beberapa orang dalam mengksplorasi liburan yang menyenangkan. Untuk memperoleh suasana baru dalam liburan di pulau Bali, banyak wisatawan yang mengunjungi tempat-tempat wisata yang tidak biasa mereka kunjungi sebelumnya. Salah satu diantaranya adalah berwisata ke bendungan. Dengan berwisata ke bendungan, para wisatawan bisa melihat keindahan pemandangan gunung, bukit, hutan dan sungai.

Selain itu, mereka bisa memperoleh gambaran singkat tentang kehidupan para petani dan budayanya. Di Bali ada beberapa bendungan yang bisa anda kunjungi, tiga diantaranya adalah:

1. Bendungan Telaga Tunjung 
Gambar oleh Made Nurbawa
Bendungan Telaga Tunjung meliputi tiga desa yaitu Timpag, Pesagi, dan Rijasa, di kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan. Bendungan ini dibangun pada tahun 2003 untuk tujuan pertanian. Dalam peningkatan wisata kerakyatan di Bendungan Telaga Tunjung, ada tiga potensi yang dikembangkan yaitu:
  • Alam : sawah terasering, bentang alam berbukit, alur Sungai Yeh Ho dan anak sungainya.
  • Budaya : seni budaya yang meliputi upacara agama dan kegiatan relegious di kuburan China.
  • Minat khusus ; wisata tirta, wisata agro, camping ground, area Bale Subak Agung, dan minat kesenian.
Di sini anda juga bisa menyewa perahu tradisional untuk berkeliling di Bendungan Telaga Tunjung.

2. Bendungan Palasari 
Bendungan Palasari terletak di Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana sekitar 25 km dari kota Negara atau 100 km dari kota Denpasar. Bendungan Palasari mempunyai luas sekitar 100 hektar, dibangun untuk tujuan irigasi pertanian.  Karena keindahan alam yang menghiasi bendungan yang dibangun sekitar tahun 1986 ini akhirnya menarik minat banyak wisatawan untuk berkunjung ke bendungan ini. 

Selain menikmati pemandangan yang indah, disini anda juga bisa menyewa sampan tradisonal untuk berkeliling di perairan bendungan. Di sekitar Bendungan Palasari terdapat juga arena motor cross dan off road untuk mengusir kebosanan anda. Jika anda datang ke kabupaten Jembrana, anda juga bisa mengunjungi bendungan lain yang indah, yaitu Bendungan Benel.

3. Bendungan Gerokgak 
Bendungan Gerokgak terletak di Desa Gerokgak, Kecamatan Gerokgak, sekitar 45 km dari kota Singaraja. Daerah Gerogak merupakan salah satu kawasan kering di pulau Bali. Untuk mengatasi kesulitan air dan meningkatkan hasil pertanian di kecamatan Gerokgak maka dibangunlah sebuah bendungan yang luasnya sekitar 350 hektar. 

Bendungan ini terletak sekitar 1 km ke selatan dari jalan raya Seririt – Gilimanuk. Jalan menuju ke bendungan ini sudah diaspal dengan baik sehingga bisa ditempuh dengan motor dan mobil. Pemandangan di bendungan ini cukup mempesona. Anda bisa menyewa sebuah perahu tradisional sambil memancing ikan di bendungan ini.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait