10 Barang yang Harus Disiapkan sebelum Melahirkan

Para calon ibu atau ibu formula dianjurkan untuk menyiapkan barang yang harus dibawa saat Anda melahirkan. Dan ini bisa Anda lakukan pada minggu ke 32 (8 bulan) kehamilan. Ini bertujuan agar ketika sewaktu-waktu sang ibu sudah akan melahirkan namun masih berada di rumah, bisa segera menenteng barang-barang yang diperlukannya tanpa membutuhkan waktu lama untuk persiapan. Karena biasanya dalam keadaan panik kita tidak bisa mengingat semua hal, jadi akan lebih baik jika Anda menyiapkannya terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, setelah melahirkan, Anda juga perlu menyiapkan beberapa barang yang tentunya sangat di butuhkan bagi ibu-ibu sehabis melahirkan. Namun, bagi ibu yang pertama kali melewati situasi ini pasti akan merasa bingung dengan barang apa saja yang harus disediakan. Jadi, ini termasuk di antara beberapa barang kebutuhan yang harus Anda sediakan setelah melahirkan atau barang-barang yang mesti Anda bawa ke Rumah sakit. Apa sajakah itu? Yuk kita simak..

baju bayi persiapan hamil

1. Pompa Susu
Menyusui merupakan salah satu item yang menjadi persyaratan utama bagi ibu yang telah menyelesaikan persalinan. Dianjurkan agar Anda membeli pompa susu dengan fungsi pemompaan ganda jika Anda memiliki anggaran lebih. Dengan pompa susu berkualitas lebih, proses pemompaan susu untuk anak akan menjadi lebih efektif.

2. Menyiapkan Baju Kaos Atau Berkancing Depan
Menggunakan pakaian yang nyaman sangat penting untuk memudahkan pergerakan ibu sehabis melahirkan. Apakah Anda tahu, setelah melahirkan Anda tidak bisa lagi seperti dulu, punya banyak waktu untuk berdandan atau memakai baju yang bermodel (modis) yang agak ribet ketika dikenakan. Jadi, untuk kenyamanan dan mempersingkat waktu akan lebih bagus jika Anda mengenakan pakaian yang berbahan kaos. Bagi para ibu-ibu yang sudah terbiasa menghabiskan waktu di rumah, mungkin sudah terbiasa.

Tapi, bagi yang jarang memakai pakaian jenis ini atau bahkan tidak punya, inilah saat yang tepat untuk menyiapkannya, agar Anda lebih nyaman. Baju yang berkancing depan juga perlu Anda siapkan. Karena itu juga akan mempermudah Anda dan akan membuat Anda lebih nyaman.

3. BRA Untuk Menyusui
pilih jenis bra yang berbeda dari biasanya (bra khusus menyusui). Khususnya bagi para ibu yang ingin menyusui sendiri, penggunaan bra khusus menyusui sangat bermanfaat karena memiliki fungsi yang memudahkan Anda untuk menyusui. Tidak hanya itu, Anda tidak akan merusak lingerie biasa untuk menyusui.

4. Kain Batik
Ini adalah barang prerogatif yang paling populer sejak zaman kuno. Penggunaan kain batik sebagai pengganti celana ini sangat penting bagi para ibu sehabis melahirkan. Hal ini juga penting bagi ibu yang sedang menjalani operasi sehingga bekas jahitan tidak terganggu oleh bahan kain.

5. Tetapkan Pantangan
Sudah ada berbagai merek set pantang yang tersedia di pasaran saat ini. Set toleran ini dilengkapi dengan makanan herbal, tungku pemanas dan ramuan herbal untuk Anda gunakan. Jadi, jangan khawatir tentang masalah kesehatan yang sulit ditemukan karena himpunan abstain ini semua ada!

6. Stocking atau Kaos
Agar kaki Anda tetap hangat dan tidak mencolok, jika Anda bisa menggunakannya di siang dan malam hari, ini juga baik digunakan untuk menjaga tubuh Anda tetap hangat. Tak hanya itu, saat Anda memakai kaus kaki ini bisa mengurangi rasa sakit kaki Anda saat berjalan.

7. Pembalut Bersalin
Anda juga perlu menyiapkan pembalut bersalin. Karena itu akan sangat di butuhkan bagi ibu sehabis melahirkan.
Pembalut bersalin atau nifas biasanya sudah disediakan di rumah sakit, namun sebaiknya tetap bawa karena kita akan memerlukan banyak sekali pembalut nifas.

8. Gurita tali (velcro) atau korset
Gurita ibu 2-3 buah. Untuk sebagian orang, terasa lebih praktis yang ber-velcro daripada yang berbentuk tali-tali.

9. Celana Dalam
Untuk yang satu ini jangan di lupakan. Anda bisa memilih celana dalam yang berbahan elastis, karena itu akan memudahkan Anda untuk memakainya.

10. Peralatan Mandi
Ibu melahirkan biasanya akan butuh 2-3 hari untuk benar-benar sembuh. Jadi sudah pasti kan Anda akan mandi di rumah sakit tempat Anda melahirkan.

Nah ibu-ibu formula itulah beberapa daftar barang yang harus Anda siapkan setelah Anda melahirkan. Jika barang-barang yang di perlukan sudah tersedia, maka Anda bisa fokus untuk mengurus dede bayinya.

Ngomong-ngomong masalah dede bayi, Ibu-ibu formula sudah tau belum apa saja yang perlu Anda siapkan Perlengkapan bayi yang perlu dibawa ke rumah sakit saat melahirkan:

  • Baju untuk pulang dari rumah sakit, 2-3 stel.
  • Bedongan bayi.
  • Topi, sarung tangan, dan sarung kaki bayi.
  • Selimut bayi.
  • Tissue basah bayi untuk ganti popok, serta popok atau ospak newborn.

Nah sekarang Anda sudah tau kan apa saja yang di perlukan untuk dede bayinya? Di siapkan ya..

Perlu Anda ketahui ketika Anda mendadak sakit perut (mau lahiran) kadang membuat pasangan kita juga ikut panik. Dan itu bisa saja membuat pasangan Anda kelupaan dan tidak memikirkan barang-barangnya. Jadi, ada baiknya jika Anda siapkan juga peralatan suami bersamaan dengan peralatan ibu dan bayi. Dengan begitu kan jadi makin fokus sama si buah hati.

  • Kaos dan celana panjang 2 – 3 buah.
  • Jaket hangat.
  • Baju dalam.
  • Handuk dan toiletries.
  • Alat ibadah.

Perlu diingat:

  • Copy KTP, surat nikah dan Kartu Keluarga.
  • Buku ibu hamil yang biasanya diisi obgyn.
  • Kartu Asuransi, jika ada dan tentunya uang tunai secukupnya.

Demikianlah daftar kebutuhan barang yang perlu dibawa ke rumah sakit saat melahirkan. Semoga persalinan Anda berjalan lancar, ibu dan juga bayinya sehat. Semoga bermanfaat…

Leave a Reply