7 Tips Menggoreng Ikan Biar Tidak Meletup

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil ikan yang cukup banyak, jadi kita sebagai warga Indonesia harus bangga akan hal itu. Karena ikan merupakan salah satu makanan yang mengandung nutrisi cukup lengkap, maka dari itu ikan direkomendasikan sebagai hidangan keluarga.

Mengingat akan banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam ikan, seperti, protein, asam lemak Omega 3, DHA, Vitamin A, B, dan D, serta mineral yang baik (zinc, zat besi, kalsium, yodium, selenium). Kandungan nutrisinya yang sangat kaya itulah yang membuat ikan wajib dikonsumsi oleh semua orang berbagai usia.

tips goreng ikan
Nutrisi ikan sudah terbukti sangat cemerlang, oleh karenanya jangan pernah malas atau enggan mengolah ikan hanya karena masalah lengket atau takut terkena letupan minyak. Berikut ini ada beberapa tips menggoreng ikan yang bisa dipraktikkan di rumah. Mudah-mudahan ini akan membantu untuk mendapatkan gorengan ikan yang lebih baik dan terasa enak. Tentunya tanpa meledak, meletup, atau menghancurkannya.

1. Cuci Ikan dengan Hati-hati Sebelum Menggoreng
Salah satu alasan mengapa ikan tersebut meledak saat digoreng adalah karena masih memiliki banyak cairan di dalamnya, seperti ikan lele yang biasanya berlendir. Untuk membersihkan lendir pada ikan ini, ada dua cara:

  • Kapur – Gunakan sedikit lemon dengan beberapa garam halus.
  • Tepung terigu – Cuci ikan dengan tepung terigu. Ini juga bagus jika Anda bisa merendam dengan tepung terigu selama sekitar 15 menit.

Selain mengurangi lendir, bau amis juga bisa dikeluarkan lebih efektif melalui dua metode di atas.

2. Gunakan Asam Jawa
Menurut Chef Brian , selebriti Masterchef, Anda juga bisa menggunakan java tamarind sebagai fillet sehingga isinya akan lebih enak dan tidak lengket. Selain itu, asam jawa dikatakan bisa menjejalkan ikan. Jadi, tidak akan membuat ikan hancur atau meledak nanti. Cara ini biasanya digunakan untuk ikan yang sudah kurang segar atau telah lama berada di tempat yang dingin. Asam jawa juga baik untuk perut kembung

3. Pastikan Minyaknya Cukup
Penggunaan banyak minyak bisa membuat ikan tumbuh dengan baik dan tidak menyentuh dasar wajan. Jadi, kurang risikonya adalah ikan yang menempel ke wajan. Kemudian ikan akan dimasak dengan sempurna di semua sisinya. Dengan minyak yang cukup juga akan membuat ikan menjadi lebih garing dan renyah di luar.

4. Panaskan Wajan dan Minyak dengan Sempurna
Panaskan dulu panci atau wajan, lalu tuangkan minyak terlebih dahulu dan biarkan beberapa saat sampai minyak panas dengan sempurna. Jika ingin tahu minyaknya cukup panas atau tidak, bisa di coba dengan nasi atau kerupuk. Jika berkembang dengan cepat, itu berarti cukup panas.

Ini adalah saat yang tepat bagi kita untuk memasukkan ikan ke dalam panci agar tidak menempel. Tapi ingat, jangan sampai terlalu panas karena terlalu banyak minyak panas bisa menyebabkan ikan menempel ke wajan.

5. Bahan Succulent Cukup
Bagi yang suka dengan ikan renyah, tambahkan sedikit tepung beras. Zat ini juga membantu mencegah ikan menempel ke penggorengan saat menggoreng. Bisa juga menggunakan cukup bubuk kunyit untuk membungkus ikan. Untuk ikan yang memiliki duri lunak tentunya kita akan sedikit kesusahan untuk mendapatkan ikan dengan tampilan yang cantik.

Oleh sebab itu, sebelum ikan digoreng akan lebih baik jika anda mencelupkannya terlebih dahulu ke dalam telur yang sudah dikocok. Beru setelah itu, anda bisa menggorengnya seperti biasa. Dengan cara ini ikan yang anda goreng dijamin tidak akan hancur ataupun lengket. Untuk hasil yang lebih cantik Anda bisa menambahkan tepung atau remah roti.

Caranya gampang, hanya dengan melumuri ikan dengan telur yang sudah di kocok lalu gulingkan pada tepung atau remah roti sampai merata. Dengan begitu tampilannya akan menjadi lebih sempurna.

6. Sebelum Menggoreng
Jika punya tips menggoreng ikan dan orang yang sudah berpengalaman, ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk mencegah ikan meledak. Di antara mereka:

  • Irisan Asam – Sebelum menggoreng ikan, goreng beberapa irisan asam.
  • Garam – Taburi sedikit garam dalam minyak panas. Setelah itu, goreng ikan seperti biasa.
  • Jahe – Goreng beberapa irisan jahe sebelum menggoreng ikan.
  • Jeruk nipis- Tambahkan jeruk nipis ke dalam minyak yang sudah panas. Baru setelah itu, anda bisa langsung menggorengnya tanpa harus ada rasa khawatir terciprat oleh minyak panas.
  • Kulit bawang – Kulit bawang dikatakan bisa membuat ikan goreng tidak menempel ke wajan. Tambahkan kulit bawang dengan ikan sambil menggoreng. Kemudian kalau selesai menggoreng ikan, masukkan irisan bawang merah/bawang putih. Setelah kering, angkat. Irisan bawang bisa menjernihkan minyak yang kotor karena menggoreng ikan dan menghilangkan bau anyir pada minyak itu.
  • Daun Pisang – Jika Anda menggoreng ikan besar, gunakan tip ikan goreng untuk membuat serpih goreng merata di semua bagian. Ambil daun pisang yang telah dibersihkan. Goreng dalam minyak panas seperti biasa. Daun pisang juga berfungsi untuk menyerap panas minyak sehingga ledakan juga akan hilang. Bila dimasak dengan benar, daun pisang akan merosot keluar dari ikan, juga akan membuat ikan lebih harum. Bisa juga menggunakan daun pisang sebagai alas saat menggoreng agar tidak menempel pada wajan. Jadi, sirip ekor dan ikan tidak mudah lepas dari ikan.

7. Gunakan Tutup Panci
Siapkan tutup panci atau taruh di dekat kompor agar anda lebih mudah untuk mengambilnya, gunakan untuk menutup ikan yang telah dimasukkan ke dalam panci jika Anda khawatir minyak akan tercecer. di saat Anda akan membalik ikan, Anda bisa menurunkan suhu api terlebih dahulu sebelum membuka tutup panci.

Di zaman modern seperti sekarang ini, telah banyak beredar peralatan masak yang mungkin lebih mudah untuk di gunakan termasuk untuk menggoreng ikan. Kita perlu menebak apakah ikan itu sudah cukup masak sebelum dibalik. Jangan terlalu dini dan jangan terlalu lambat. Jika terbalik berkali-kali, bisa menyebabkan ikan hancur(tidak utuh)

Dengan beberapa tips diatas, mungkin membuat Anda akan menjadi lebih terampil dalam hal menggoreng ikan. Semoga dengan tips ini, Anda bisa menggoreng berbagai macam ikan tanpa ada masalah. Semangat ibu-ibu…!!!

Leave a Reply