8 Hadiah Ulang Tahun yang Bermanfaat untuk Anak-anak

Kadang kita para orang tua akan merasa sedikit bingung, ketika sudah dekat dengan hari kelahiran anak. Hadiah apa ya.. yang harus di beli? Yang pastinya mampu membuat mereka merasa senang, dan juga bermanfaat baginya? Setiap tahunnya harus berbeda kan,, masak iya hadiahnya sama seperti tahun lalu, jadi nggak seru kan?

Setiap kali anak berulang tahun, tentunya para orang tua tidak akan pernah lupa untuk mencarikan hadiah untuk anak kesayangan mereka. Mungkin mainan adalah salah satu kado yang akan selalu membuat anak-anak merasa senang, tapi kalau itu sudah menjadi kado tahun lalu, masak sekarang harus mainan lagi?

hadiah ulang tahun anakJika Anda tidak sedang merayakan hari ulang tahunnya, pasti ada hari-hari tertentu yang membuat kita para orang tua merasa perlu untuk memberinya suatu hadiah ‘sebagai penghargaan’ mungkin, karena ia sudah melakukan hal yang baik, mendapatkan juara misalnya atau Anda hanya ingin berbagi kebahagiaan saja dengan mereka.

Jika Anda masih merasa bingung atau belum menemukan ide untuk di jadikan sebagai hadiah, baca lebih lanjut. Karena dibawah ini akan di bahas tentang beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan untuk di jadikan suatu hadiah, yang pastinya akan membuat anak- anak senang.

1. Alat Tulis / Perlengkapan Sekolah

Ini adalah pilihan paling aman untuk di jadikan sebuah hadiah, dan ini juga akan sangat berguna dan praktis untuk anak-anak. Dari tas sekolah, tempat pensil, tempat makanan atau minuman, itu pasti akan disukai anak-anak. Bahkan, anak-anak akan menjadi lebih bersemangat untuk melakukan pekerjaan mereka dan ke sekolah menggunakan peralatan baru tersebut!

2. Set Craft

Tentu, anak kecil sangat kreatif. Jika dilengkapi dengan alat kelengkapan seperti cat air, kertas gambar, kertas warna, glitter, gunting, lem, termasuk beberapa aksesoris tambahan seperti googly-eyes, pom-pom, stik es krim warna-warni, dan sebagainya. Semua ini tidak hanya akan memberi Anda kesempatan untuk melatih anak Anda menghasilkan karya seni atau mahakarya, namun juga dapat membantu meningkatkan kreativitas mereka.

3. Buku

Buku adalah hadiah yang paling bermanfaat untuk anak-anak. Jika anak Anda kurang tertarik membaca buku cerita, cari bahan bacaan, pewarnaan, dan lengkap dengan efek spesial seperti audio. Bahan bacaan ilmiah yang dirancang untuk menarik perhatian anak-anak dapat memberikan pengetahuan, waktu untuk ikatan, dan cerita teladan dalam memperluas imajinasi mereka!

4. Liburan

Tidak ada anak yang tidak suka berlibur. Entah itu waktu liburan sekolah atau hanya beberapa minggu saja – dengan menyebut pantai atau hotel, sudah pasti akan membuat anak-anak senang. Jika ada anggaran lebih, Anda juga bisa pergi ke tempat-tempat khusus yang diminati untuk anak-anak seperti taman air, taman hiburan, taman kupu-kupu, kebun binatang dan sebagainya.

Pengalaman liburan ini pasti akan menjadi sesuatu yang selalu mereka ingat di memori. Faktanya, penelitian ilmiah juga menyatakan bahwa liburan keluarga merupakan bentuk investasi yang baik untuk perkembangan sosial dan emosional anak. Sebagai bonus, tidak hanya seorang anak yang akan senang karena merayakan ulang tahunnya, sang ayah atau ibu pun bisa menghabiskan waktu, kehilangan stres, dan bersenang-senang. Bukankah itu menyenangkan?

5. Alat / Peralatan Berbasis Hobi

Setiap anak memiliki kecenderungannya sendiri – beberapa yang menyukai dokter, mengeksplorasi ilmuwan, membuat kue, menanam, bermain musik, dan sebagainya. Jadi terkadang tidak salah memberi anak peralatan khusus seperti kaca pembesar dan mikroskop berkualitas bagi mereka yang tertarik dengan sains, seperangkat alat musik untuk mereka yang menyukai musik, atau apapun yang berhubungan dengan hobi mereka.

Kemudian mereka bisa mengalami pengalaman menggunakan peralatan nyata dan bukan mainan. Tentu itu akan baik untuk anak, setidaknya mereka akan bisa menyalurkan hobi yang mereka punya.

6. Tabungan Atau Celengan

Hadiah yang satu ini juga tidak kalah manfaatnya. Yaitu untuk mengajari anak menabung, ibu ayah perlu mengekspos anak mereka dengan nilai uang sejak kecil. Salah satu cara termudah untuk melakukan ini adalah mengenalkan anak-anak dengan tabungan atau celengan.

Saat ini telah ada berbagai jenis tabungan atau celengan yang dijual di pasaran. Ada yang berpola, karakter kartun, atau suara dan fungsinya seperti mesin ATM. Selain itu, juga bisa mengajari mereka nilai kasih sayang dengan mendorong mereka memberi sedekah dan menghargai kerja keras orang tua.

7. Hasil karya Anda Sendiri

Kreativitas orang tua sangat dibutuhkan untuk menghadapi anak-anak. Tak jarang kita terpaksa untuk mempelajari sesuatu yang baru ketika kita memiliki anak-anak di dalam keluarga kita. Banyak dari para ibu yang mulai belajar menjahit baju, membuat kerajinan tangan, dan membuat kue dan makanan istimewa ketika anak-anak mereka telah lahir.

Keterampilan yang dimiliki oleh para ibu ini dapat digunakan untuk menciptakan sebuah hadiah bagi anak-anak mereka. Ketika anak-anak Anda berulang tahun, Anda tidak perlu lagi membeli baju baru, tetapi Anda bisa menjahit baju sendiri dan menghadiahkannya kepada anak-anak Anda.

Jika Anda bisa memasak dan membuat kue istimewa, Anda dapat membuat makanan dan kue kesukaannya sebagai hadiah ulang tahun atau atas prestasi yang mereka raih. Memberikan hadiah dari hasil karya Anda sendiri akan memiliki makna yang berbeda daripada ketika Anda membelinya di toko.

8. Hewan Peliharaan & Perlengkapannya

Kebanyakan anak muda menyukai hewan peliharaan. Jadi tidak ada salahnya jika Anda menghadiahkannya pada anak, penelitian ini juga menemukan bahwa hewan peliharaan dapat membantu anak kecil mengembangkan pengasuhan, cerdas mengelola emosi dan menghilangkan stres. Anak-anak juga dapat belajar tentang tanggung jawab mereka ketika mereka terbiasa memelihara hewan peliharaan mereka.

Alih-alih melihat anak ‘mengasuh’ anak kucing atau berinteraksi dengan permainan di tablet dan gadget, lebih baik melihat mereka menempelkan kaki dan berbicara dengan kucing yang nyata! Ada banyak manfaat untuk jangka panjang meskipun di awal Anda merasa ragu akan kesehatannya.

Ingat, ajari anak agar tetap menjaga kebersihan hewan peliharaannya. Dengan memandikannya serta memberinya vaksinasi dengan rutin, setidaknya akan membuat Anda merasa lebih tenang.

Hanya Sebagai Pesan

Bagi para orang tua biasakanlah untuk memberikan suatu barang yang tepat untuk anak-anak kita, pastikan bahwa barang yang akan kita berikan kepada seorang anak itu haruslah memiliki tujuan atau dapat bermanfaat untuknya, meski tujuan utamanya adalah untuk melihat anak bahagia. Tapi jika kita mendapatkan keduanya kenapa tidak (bermanfaat dan dapat membuat anak bahagia) . Jangan pernah lupakan tabungan masa depan dan kebutuhan dasar seperti pendidikan yang akan dibutuhkan untuk anak yang sedang tumbuh.

Namun pada dasarnya, cintamu dan waktumu lah yang paling berharga dan bisa mengalahkan apapun di dunia ini walaupun barang yang paling mahal sekalipun! Jadi, jangan lupa sertai hadiah pada anak Anda dengan ucapan atau doa yang terbaik dari Anda selaku orang tua.

Ungkapkan segala harapan Anda pada anak dalam doa tersebut agar sehat selalu, menjadi pribadi yang lebih baik, dan berumur panjang. Kalau ditambah peluk dan cium penuh kehangatan dari Anda sebagai orang tua, pasti buah hati akan semakin merasa bahagia. Jangan malu-malu untuk menunjukkan kasih sayang karena sudah seharusnya putra-putri Anda merasa istimewa di hati Anda.

Semoga beberapa rekomendasi terbaru di atas bisa membantu Anda mencari hadiah untuk anak-anak Anda. Jangan lupa, berikan hadiah yang unik, menarik, dengan tidak melupakan unsur pendidikan di dalamnya. Tanamkan juga nilai-nilai positif yang bermanfaat agar putra-putri Anda tumbuh besar sebagai manusia berkualitas dan bahagia yang aktif berkarya bagi nusa dan bangsanya. Yang tentunya dapat membuat kita para orang tua merasa bangga. Silahkan dipilih hadiahnya..

Leave a Reply