18 Cara Alami untuk Menghilangkan Kecoak di Mobil Anda

“Arrgghh … Stres Saya melihat kecoak yang berkeliaran di mobil. Memang ini sarangnya. Tidak bisa, jika dibiarkan mobil ini akan benar-benar menjadi sarang mereka. Tidak,,, Harus kita basmi. Apa alasan kecoak dan kerabatnya bersarang atau berkeliaran di dalam mobil?

“Saat anak-anak duduk di mobil, biasanya anak-anak akan makan sesuatu camilan. Dan kadang ada makanan yang tumpah atau tertinggal, bukan? Namanya juga anak-anak. Jadi, tak mengherankan jika mobil ini mudah menjadi tempat berkembang biak bagi kecoak.

mengusir kecoak

Namun, ada juga beberapa mobil yang sudah bersih tetapi masih juga menjadi favorit para kecoak. Kecoak memang terkenal dengan hewan yang menjijikan dan ternyata kecoak juga membawa berbagai macam penyakit, diantaranya tifus, hepatitis, diare, kolera, bahkan sampai penyakit TBC bisa ditularkan lewat kecoak.

Sudah tau kan jika kecoak itu termasuk hewan yang berbahaya, jadi harus kita usir jauh jauh dari kita dan keluarga. Memang sih sekarang ini sudah banyak beredar produk-produk yang bisa pembasmi kecoak dengan sangat efektif, praktis dan juga cepat. Tapi, kalau disemprotkan berkali-kali, pasti juga tidak akan baik karena efek bahan kimia yang terkandung di dalam obat tersebut pasti akan berdampak pada kita, terutama pada anak-anak. Jadi, apa yang harus dilakukan?

Jangan khawatir, disini kita daftarkan 18 tips membasmi kecoak secara alami. Tentu aman dan cocok untuk anda yang punya anak. Berikut adalah 18 tips untuk menghilangkan kecoak dengan menggunakan ramuan alami. Mudah, tapi sangat efektif!

1. Daun Pandan
Salah satu cara termudah dan paling efektif adalah dengan menggunakan daun pandan. Aromanya yang berbau harum sangat dibenci kecoak. Ini sangatlah mudah dilakukan, cuci terlebih dahulu dan iris daunnya untuk menghilangkan baunya . Lalu, isi tas jaring halus kemudian taruh daun pandan tersebut didalamnya.

Atau Anda juga bisa mengikatnya dan memasukkannya ke dalam mobil Anda, tapi ingat jangan biarkan sampai daun terlalu kering atau membusuk karena akan sulit untuk membasuhnya dan itu juga dapat menarik serangga lainnya. Jadi, Anda harus pastikan agar daun masih dalam keadaan segar, jika sudah mulai layu segerakan untuk menggantinya.

2. Daun Durian Belanda (Sirsak)
Daun durian belanda juga bisa digunakan untuk mengusir kecoak. Caranya hampir sama dengan daun pandan di atas. Namun, ada yang bilang lebih efektif bila digunakan saat daunnya kering. Bagi Anda yang minum daun teh, Anda bisa mencoba memasukkan kantong teh ke dalam mobil. Karena itu juga dapat mengusir kecoak dari mobil Anda.

3. Semprot Serai Wangi
Dengan menyemprotkan serai wangi harum adalah salah satu alternatif alami terbaik untuk mencegah kecoak bersarang di mobil Anda. Caranya, bisa dibuat dengan air mendidih lalu masukkan daunnya atau bisa juga digoreng dengan api kecil. Kemudian campur dengan sedikit air dan masukkan ke dalam botol semprot. Semprot seluruh mobil, terutama di atas karpet. Ini adalah salah satu penghilang serangga organik dan aman digunakan

4. Baking Soda
Salah satu cara terbaik untuk mengusir kecoak adalah dengan menggunakan baking soda. Ini bukan hanya mengusir kecoak namun juga beracun bagi kecoak. Taburkan sedikit makanan sebagai umpan, lalu campurkan dengan satu tutup baking soda di atas karpet dan biarkan beberapa hari sebelum Anda mendekorasi ulangnya.

5. ‘Lem Perangkap’
Perangkap lem yang telah banyak dijual di toko-toko terdekat Anda dengan harga yang relatif murah juga bisa Anda gunakan untuk membasmi kecoak yang sering berkeliaran di mobil Anda. Cari yang anti-toksik atau yang berlabel alami. Letakkan perangkap ini di malam hari karena saat itulah kecoak mulai aktif. Ini harus digunakan dan sering diganti sampai kecoak ini benar-benar hilang atau sampai tidak ada sama sekali.

6 Perangkap dengan Botol Air Minum
Ini merupakan salah satu perangkap termudah yang bisa Anda gunakan yaitu dengan menggunakan perangkap botol air minum. Caranya, ambil sebotol air minum dan biarkan sedikit sampah di dalamnya. Lalu, biarkan botol terbuka dan masukkan botol di pinggir jok mobil secara vertikal. Dalam posisi ini, kecoak akan sulit untuk keluar.

Biarkan semalaman atau 2-3 hari dan Anda pasti akan menemukan bahwa ada banyak kecoak yang terperangkap di dalamnya. Anda juga bisa mencampur sisa makanan dengan sedikit larutan baking soda untuk membasmi kecoak tersebut.

7. Obat Kumur Mulut
Salah satu tips untuk menghilangkan kecoak yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan obat kumur mulut. Pembasmi bau mulut serta yang bikin nafas segar ini bisa digunakan sebagai semprotan untuk mengusir kecoak. Idealnya, pilih bau mint terkuat. Lalu semprotkan di mobil Anda termasuk di bagian yang tersembunyi. Pasti kecoak pada kabur.

8. Aroma Terapi Minyak
Bagi Anda yang memiliki koleksi minyak aromaterapi, bisa menggunakan minyak pohon teh, wewangian peppermint atau sereh untuk mengusir kecoak ini dari sarang di mobil Anda. Namun, jika masih ada telurnya, mungkin ini tidak akan bisa mengatasi masalah dengan lebih cepat dan efektif.

9. Kapur Barus
Kapur barus memang dikenal sebagai pemberi efek harum pada baju yang disimpan di lemari. Sayangnya kebanyakan orang sekarang tidak menggunakan kapur barus. Mereka menganggap baunya sudah kuno dan digunakan untuk orang yang lanjut usia saja. Tapi ternyata kapur barus juga bisa di gunakan untuk mengusir kecoak. Caranya sangat mudah, saat ini banyak kapur barus yang padat kan, nahh sebarkan kapur barus tersebut ke tempat tempat yang biasa dihinggapi kecoak atau taruh kapur barus di sudut sudut mobil. Baunya yang menusuk akan membuat kecoak kabur.

Tetapi ingat, Penggunaan kapur barus harus dengan hati hati jangan sampai parutan kapur barus mengenai kulit yang terluka apa lagi kena makanan, karena kapur barus ini memiliki efek racun, dan bisa mengakibatkan masalah yang serius kalau sampai dia masuk ke tubuh manusia.

10. Daun Salam
Daun salam adalah salah satu daun yang memiliki fungsi yang beragam. Antioksidan yang tinggi pada daun salam akan mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Daun salam juga mengandung flavonoid yang berfungsi untuk menetralkan tekanan darah yang tinggi.

Tidak hanya itu daun salam juga sangat efektif sebagai salah satu cara menghilangkan kecoak di mobil. Caranya, cukup mudah yaitu dengan mengiris iris daun salam secara lembut, lalu taburkan irisan tersebut ke daerah yang sering dihuni kecoak. Pastikan untuk membersihkan taburan daun salam ini kalau sudah kering.

11. Bunga Melati
Bunga melati menjadi ciri khas bunga Indonesia, warnanya yang putih dan bentuknya yang cantik kerap menjadi gambaran wanita Indonesia yang memiliki sifat seperti melati. Bunga melati juga bisa digunakan untuk mengusir kecoak. Caranya sangat mudah, iris iris bunga melati lalu taburkan pada daerah kecoak biasa tinggal, dengan begitu akan membuat kecoak pergi karena tidak nyaman dengan bau melati yang harum.

12. Sabun Batang
Sabun batang juga bisa bikin kecoak pergi. Caranya cukup dengan memotong sabun kecil-kecil, kemudian masukkan kedalam air dalam mangkok lalu letakkan di daerah yang lembab tempat biasanya kecoak bersarang.

13.Jeruk Lemon
Jeruk lemon juga bisa digunakan untuk mengusir kecoak. Caranya, cukup dengan mengiris kecil-kecil dan taruh di wadah lalu letakkan di daerah yang banyak kecoaknya.

14. Daun Lada
Mungkin sobat sekalian belum menyadarinya, ternyata daun lada bisa dimanfaatkan untuk mengusir serangga termasuk kecoak. Caranya, Anda tinggal mengiris kecil-kecil daun lada segar lalu letakkan di daerah-daerah yang biasanya ada kecoaknya. Bau dari daun lada akan membuat kecoak merasa tidak nyaman dan akan meninggalkan mobil Anda. Ini juga bisa Anda gunakan untuk mengusir kecoak yang berada di dalam ruangan (rumah).

15. Mentimun
Cukup dengan mengiris kecil-kecil dan letakkan di daerah yang banyak kecoaknya. Aroma dari mentimun akan dapat mengusir kecoak-kecoak yang sering berkeliaran di mobil Anda.

16. Bunga Lavender
Sama seperti bunga melati, Anda cukup meletakkan biji bunga lavender di tempat-tempat yang biasa diganggu kecoak. Selain dapat mengusir kecoak dengan aroma khasnya, bunga lavender juga bisa mengharumkan mobil atau ruangan Anda.

17. Lada
Rempah-rempah satu ini juga bermanfaat untuk mengusir kecoak. Caranya cukup dengan menghaluskannya. Lalu campur dengan air sampai menjadi pasta. Kemudian oleskan di tepat-tempat yang ingin diamankan dari gangguan kecoak.

18. Vacuum Down Carpet
Sebagian besar kecoak ini bersarang di dalam mobil karena sulit dijangkau manusia. Karena itu, jika masalah terus berlanjut dan semakin parah, cobalah membawa mobil Anda untuk mencuci karpet atau bagian bawah mobil. Mereka mungkin juga memiliki solusi dan teknik lain untuk membunuh kecoak ini dengan cepat dan efektif.

Jaga Kebersihan Di Mobil

Dalam proses membasmi dan mengusir kecoak ini, cobalah hindari makan di dalam mobil. Jika Anda memiliki sisa makanan, cepat bersihkan dan jangan tinggalkan semalaman karena kecoak mobil bisa berkembang biak dengan cepat! Semoga bermanfaat…

Leave a Reply