Manfaat Air Beras Bisa Ganti ASI dan Untuk Kecantikan

Apakah itu air tajin? Atau pernahkah Anda mendengar tentang kebaikan air tajin? Air tajin atau yang juga dikenal dengan air rebusan nasi itu adalah air yang berasal dari air beras yang di rebus ketika nasi sudah setengah matang.

Bagi Anda yang tidak tau mungkin ini akan membuat Anda merasa sedikit bingung. Biar lebih mudah di mengerti, mungkin ada baiknya jika saya mencoba untuk memberi tau Anda bagaimana caranya untuk mendapatkan air tajin tersebut.

air beras
Caranya :

  • Rebus beras yang sudah di cuci bersih
  • Pastikan agar airnya sedikit lebih banyak daripada biasanya Anda membuat nasi
  • Ketika beras sudah mendidih atau nasi sudah dalam keadaan setengah matang
  • Barulah Anda bisa mengambil airnya
  • Itulah yang di maksud dengan air tajin

Mungkin tips ini cukup normal bagi mereka yang selalu mengadopsi gaya hidup tradisional, karena memang air tajin ini sudah di kenal dari sejak dulu, dan ini juga yang selalu di lakukan oleh nenek moyang kita terdahulu sebelum adanya susu formula. Sejak dahulu air tajin ini sudah di gunakan untuk pengganti Asi, dan dipercaya mampu membuat bayi menjadi sehat. Katanya, ketika pada zaman dulu banyak orang yang kehilangan nyawa akibat melahirkan. Itu dikarenakan minimnya teknologi kesehatan, tidak seperti sekarang.

Nah ketika seorang dukun atau yang membantu melahirkan hanya bisa menyelamatkan bayinya saja maka, sanak saudara atau ayahnya akan menggunakan air tajin ini untuk menjadi pengganti Asi. Banyak orang pada pada zaman dahulu telah membuktikan jika air tajin ini mempunyai banyak kandungan yang di percaya mampu membuat bayi sehat dan tumbuh sebagaimana mestinya seperti halnya Asi.

Tapi mungkin bagi orang tua di zaman modern seperti sekarang ini, berpikir bahwa ini agak aneh. Namun kenyataannya air tajin ini tidaklah kalah sehatnya dengan susu formula, walaupun kandungannya tidak selengkap susu formula yang telah banyak beredar di pasaran.

Karena teknologi sudah menemukan susu formula, lama-kelamaan penggunaan air tajin ini telah mulai ditinggalkan atau dilupakan. Namun, tidak ada salahnya jika Anda menggunakannya atau memberikannya kepada bayi sebagai suplemen setelah anak tersebut mendapat ASI atau susu formula selama 6 bulan.

Kemudian anda bisa melanjutkannya dengan memberi air tajin tersebut. Sebagai informasi tambahan, mungkin anda perlu juga membaca beberapa hal mengenai kebaikan atau manfaat yang dimiliki air tajin.

1. Sebagai Obat Diare

Mungkin telah banyak orang yang tau jika, air tajin sangatlah cocok untuk dijadikan obat diare. Air tajin dapat membantu untuk mengobati sakit perut ringan dan juga membantu mengurangi keluaran tinja mereka. Namun cobalah untuk memberi bayi air terlebih dahulu sebelum Anda mencoba jenis obat lain.

2. Menghilangkan Eksim

Tahukah Anda air tajin bisa membantu mengobati eksim? Eksim adalah kondisi kulit kering, gatal dan ruam yang sering terjadi pada bayi atau anak kecil. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan air tajin. Orang tua hanya perlu mencampur dua cangkir air tajin ke air mandi bayi. Ternyata, air tajin bisa mengurangi efek gatal dan menghilangkan bercak peach pada kulit.

3. Menurunkan Panas

Tidak hanya itu, air tajin juga dapat menurunkan suhu tubuh di saat demam! Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan 2-3 cangkir air dan masak sampai setengah nasi. Setelah itu, gunakan air tajin sebagai minuman untuk anak yang sedang demam. Niscaya , panasnya akan mulai mereda.

4. Supply Energy

Air tajin tidak hanya bisa mengobati berbagai macam penyakit, tapi juga mampu memberi energi kepada anak! Dengan Seringnya memberi bayi air tajin akan mampu membuat bayi menjadi lebih berenergi dengan kandungan karbohidratnya.Tak hanya itu, air tajin juga akan lebih mudah dicerna oleh bayi. Itu menandakan bahwa air tajin sangatlah bermanfaat, baik itu air beras mentah ataupun yang sudah matang. Jadi, bisa Anda pertimbangkan bukan?

Sebagai Catatan:

Namun perlu dicatat bahwa, walaupun air beras memiliki banyak manfaat tapi tetap saja tidaklah bisa untuk menjadi pengganti ASI atau susu formula di zaman sekarang ini. Karena menurut WHO, ibu yang menyusui anak tersebut selama 6 bulan pertama setelah anak tersebut lahir, adalah yang terbaik.

Karena Asi tersebut memiliki tingkat gizi yang paling tinggi. Tidak hanya itu, penting bagi orang tua untuk melihat atau memastikannya terlebih dahulu, apakah anak tersebut alergi terhadap air tajin!

Nah itulah beberapa manfaat yang di miliki air tajin. Tidak hanya itu disini juga akan di bahas tentang kebaikan yang di miliki air beras. Ingat ya,, air tajin itu berbeda dengan air beras. Walaupun bahan dasarnya sama-sama beras. Air tajin itu air beras yang sudah matang sedangkan air beras adalah air beras yang masih mentah.

Berikut akan kami sampaikan tentang kebaikan yang dimiliki air beras, apa sajakah itu yuk kita simak di bawah ini??

a. Dapat Menutrisi dan Menyegarkan kulit

Sebagaimana bulir serealia lain, bagian terbesar beras didominasi oleh pati (sekitar 80-85%). Pati beras tersusun dari dua polimer karbohidrat, yaitu amilosa, pati dengan struktur tidak bercaban dan amilopektin, pati dengan struktur. Beras juga mengandung protein, vitamin (terutama pada bagian aleuron), mineral dan air. Kandungan mineral, vitamin, serta antioksidan yang ada pada beras dapat menutrisi dan menyegarkan kulit Anda.

Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu menyiapkan cucian air beras (cucian ke 2/3), kemudian aplikasikan ke seluruh tubuh atau kulit Anda, lakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

b. Baik Digunakan Sebagai Kondisioner Rambut

Mungkin belum banyak orang yang mengetahui bahwa air cucian beras bisa juga berfungsi sebagai kondisioner rambut. Air beras adalah kondisioner rambut alami yang sangat baik, ramah lingkungan, serta dapat membuat rambut lebih lembut, mengembang dan berkilau.

Cara menggunakannya cukup mudah. Siapkan air beras, tambahkan beberapa tetes minyak esensial pilihan Anda. Lalu aplikasikan pada rambut yang sudah dikeramas, diamkan beberapa menit, dan bilas dengan air dingin. Tidak seperti produk kondisioner di pasaran yang mengandung bahan kimia, kondisioner air cucian beras ini sangat bagus dan tidak akan membuat kulit kepala berketombe. Ini baik bagi Anda yang mempunyai kulit sensitif.

Bisa Mengobati Kulit Yang Terbakar

Saat berenang atau saat beraktivitas diluar ruangan kulit terbakar sinar matahari adalah sesuatu yang umum dan sering terjadi. Terlepas dari penggunaan tabir surya, kemungkinan bahwa kulit Anda akan terbakar matahari tetap ada. Jika hal itu terjadi, Anda bisa mengobatinya dengan bantuan air beras. Anda hanya cukup mengaplikasikan air beras pada daerah yang terbakar kemudian bilas dengan air dingin setelah beberapa menit.

Mengobati Kulit Iritasi

Ternyata air beras juga dapat digunakan untuk mengobati kulit yang terkena iritasi. Penggunaan air beras pada wajah dapat membantu menenangkan peradangan dan kemerahan pada wajah.Menurut sebuah studi dermatologi, pasien dengan dermatitis atopic dapat disembuhkan dengan menggunakan air cucian beras selama 15 menit setiap dua kali sehari.

Atau, Anda bisa juga memasukkan beras ke dalam kain katun atau kain jenis lain yang tidak mudah robek. Setelah itu, tumbuk pelan beras dalam kain sampai hancur. Masukkan beras dalam kain yang sudah hancur tadi ke dalam air hangat untuk diusapkan ke bagian wajah.

Usapkan buntalan beras dalam kain tersebut secara merata untuk mendapatkan hasil yang maksimal, setelah itu, bilas dengan air dingin dan bersihkan dengan handuk.

Pencerah Kulit alami

Beras juga memiliki bahan pemutih kulit alami yang khasiatnya tak kalah dengan susu yang dicampur bersama minyak zaitun. Untuk memutihkan kulit wajah dengan cepat, lakukan treatment ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Rasakan perbedaan yang signifikan. Bukan hanya lebih cerah, kulit Anda akan terasa jauh lebih halus dan lembut.

Caranya cukup sederhana, cuci beras sampai bersih terlebih dahulu. Selanjutnya, rendam beras yang sudah bersih tersebut kemudian saring. Simpan air bekas saringan tersebut ke dalam wadah lain dan biarkan semalaman sampai bagian tepung beras mengendap dari airnya.

Esok paginya, pisahkan endapan maupun air dalam wadah berbeda. Gunakan endapan sebagai scrub di wajah kemudian bilas wajah menggunakan air beras, diamkan sampai kering lalu bilas dengan air bersih. Treatment ini tidak hanya bisa digunakan untuk wajah, tapi bisa untuk tubuh juga.

Untuk Mengatasi Kulit Berminyak

Jika kulit wajah Anda berminyak maka siap-siap saja jerawat akan bermunculan di wajah Anda. Karena minyak yang berlebih dapat memicu munculnya jerawat pada wajah Anda, tentu Anda tidak mau itu kan?

Cara penggunannya sangat mudah, sisihkan saja air beras yang sudah bersih bekas mencuci beras untuk dimasak.
Pertama-tama, cuci wajah terlebih dahulu dengan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Lalu, cuci kembali wajah dengan air beras yang sudah disiapkan. Diamkan air cucian beras di wajah Anda sekitar 5-10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Dengan penggunaan rutin, minyak di wajah Anda akan berkurang dan wajah lama kelamaan akan terlihat lebih cerah.

Mengobati Jerawat dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Percaya nggak sih,, kalau air cucian beras bisa juga digunakan untuk mengobati jerawat pada wajah Anda? Nyatanya bisa. Karena air beras mengandung beberapa zat yang dapat digunakan untuk kecantikan, salah satunya adalah zat oryzanol yang dapat menangkal sinar ultra violet ke dalam kulit, sehingga sangat baik bagi kesehatan kulit.

Air cucian beras juga dapat membantu mengontrol wabah jerawat pada wajah dan juga membantu memudarkan bintik-bintik gelap pada kulit. Air cucian beras juga dapat mengencangkan pori-pori, yang selanjutnya dapat mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat.

Caranya: siapkan air cucian beras yang sudah bersih (air terakhir sebelum beras akhirnya ditanak). Kemudian, endapkan air beras tersebut selama beberapa jam sampai bagian yang seperti tepung terkumpul di bawah. Selanjutnya, pisahkan air dari tepung beras tersebut dan ambil tepungnya yang masih basah. Balurkan tepung beras tadi ke seluruh bagian wajah yang memiliki flek atau bekas jerawat.

Dapat Mengurangi dan Mencegah Kerutan

Memasuki usia dewasa sudah pasti akan membuat kerutan akan muncul di wajah kita. Itu mungkin sudah menjadi hal yang biasa dan semua orang juga seperti itu, kerutan akan timbul dengan sendirinya. Walaupun termasuk hal yang biasa tetapi cukup menganggu penampilan dan rasa percaya diri kita. Ada banyak cara untuk mengurangi dan mencegah kerutan dan salah satunya adalah dengan menggunakan air beras.

Karena air beras mengandung antioksidan, sesuai dengan kandungan antioksidan yang dimiliki air beras, yang akan mampu mengurangi kerutan pada wajah Anda. Kebaikan air beras juga sangat baik untuk kulit maupun tubuh, air beras akan menolong kulit maupun tubuh kita melawan zat berbahaya yang dapat muncul kapan saja termasuk kerutan. Caranya, cukup cuci muka setiap pagi hari dengan cucian air beras (cucian ke 2/3), lakukan secara rutin dan rasakan bedanya.

Dapat Mencegah dan Mengurangi Kerontokan Rambut

Memiliki rambut panjang khususnya wanita pasti mendatangkan beberapa masalah salah satunya rambut mudah rontok. Tentu masalah ini mengganggu rasa percaya diri karena rambut menjadi lebih tipis. Penyebab rontoknya rambut biasanya dikarenakan kulit kepala yang kering dan akar rambut yang lemah. Air beras dapat membantu mencegah dan mengurangi rambut rontok dengan membuat akar rambut menjadi kuat.

Kandungan mineral dan pitera yang terdapat dalam air beras juga dapat mengobati rambut yang kering dan rusak. Rambut menjadi kering dan rusak kemungkinan disebabkan oleh pemakaian berbagai zat kimia ataupun penataan rambut yang terlalu ekstrim. Air beras akan membantu meregenerasi rambut yang rusak dengan mengembalikan kelembapan rambut. Jadi dengan air beras masalah pada rambut Anda akan terselesaikan.

Air Beras Menjadi Penghangat Tubuh

Di berbagai negara yang memproduksi minuman beralkohol, air beras juga dapat dijadikan minuman beralkohol dan cocok menjadi penghangat tubuh di kala musim dingin. Sama seperti air tajin, rasanya tidak begitu aneh dan menjadi kegemaran banyak para pecinta minuman beralkohol.

Untuk Meringankan Panas Dalam

Air beras juga bermanfaat untuk meringankan panas dalam. Ternyata pengobatan ini telah dilakukan sebagai alternatif pengobatan nasional cina kuno. Efek yang diberikan ternyata cukup ampuh. Caranya,Cuci beras sebelum di masak, Buang air cucian pertama kemudian ambil 1 gelas air cucian kedua / ketiga, lalu minum pada pagi hari.

Untuk merasakan manfaatnya Anda perlu membuat atau mendapatkan air beras dan mengetahui cara menggunakannya. Ada banyak cara untuk membuat air beras menjadi bahan yang bermanfaat. Cara paling sederhana yaitu cukup dengan mengambil air beras bekas cucian beras. Mengingat beras adalah bahan pokok asupan makanan kita sehari – hari jadi, akan memudahkan Anda untuk mendapatkannya.

Tapi ingat, ambilah air cucian yang kedua di mana proses yang pertama akan mengandung obat pertanian sehingga akan lebih baik jika dihindari. Dari pada terbuang percuma, bukankah lebih baik jika kita manfaatkan?

Leave a Reply