Khasiat Minyak Bawang Putih untuk Legakan Batuk Pilek Anak

"Duh .. kasihan bila melihat si kecil terkena pilek dan batuk. Itu akan membuatnya susah tidur dan juga susah untuk mimik susu . Jadi kasihan melihatnya''. Hanya seorang ibu yang akan mengerti betapa susahnya mengasuh anak kecil ketika ia sedang mengalami batuk dan pilek. Itu akan membuat si kecil menjadi rewel dan uring-uringan. Bagaimana tidak kita saja yang dewasa jika terkena batuk pilek, juga akan membuat kita merasa tidak nyaman, apa lagi anak kecil. Meskipun ia bukanlah termasuk penyakit yang begitu serius, tapi banyak orangtua yang terpaksa berjaga malam hingga kadang akan membuat kita kehabisan energi dalam proses menanganinya.

Jika dibawa ke Dokter sudah pasti ia akan mendapat obat atau sirup antibiotik untuk mengobati batuk pileknya. Namun perlu anda ketahui jika anak kecil terlalu sering mengkonsumsi obat antibiotik itu akan berdampak kurang baik untuk perkembangan serta pertumbuhan si anak.

Jadi ada baiknya jika anda memakai obat herbal atau bahan alami untuk menangani batuk dan pilek si anak, jika anda merasa batuk dan pilek si anak masih dalam tahap ringan.
Sebelum membahas lebih lanjut tentang obat alami untuk batuk dan pilek, ada baiknya jika anda para orang tua mengetahui apa yang menjadi penyebab batuk pilek pada anak.

Penyebab Pilek

bawang putih khasiat
Pilek atau batuk di sebabkan oleh beberapa jenis virus seperti:
  • Human rhinovirus (HRV) ini adalah salah satu virus yang paling banyak menyebabkan pilek
  • Coronavirus
  • Adenovirus
  • Human parainfluenza virus (HPIV)
  • Respiratory syncytial virus (RSV)
Itulah beberapa jenis virus yang mampu membuat anak kita dan juga kita sendiri terkena batuk dan pilek. Batuk dan pilek memang di sebabkan oleh serangan virus, tetapi ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena pilek pada anak dan juga kita sendiri. Misalnya:
  • Anak terlalu sering diajak ke tempat ramai (ke tempat wisata, pasar, atau berada di kendaraan umum)
  • Si anak memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah
  • Memiliki riwayat penyakit kronis
  • Karena udara yang dingin
Untuk itu anda harus bisa menghindari atau jangan terlalu sering mengajak anak ke tempat-tempat yang akan membuat anak mudah terserang batuk pilek. Untuk daya tahan tubuh yang rendah, anda bisa memenuhi asupan gizi anak dengan memberinya makanan atau buah yang banyak mengandung serat atau vitamin C. Agar anak dapat terhindar dari batuk dan pilek.

Pilek atau batuk memang dapat menyerang siapa saja, entah itu orang tua, dewasa, remaja, dan juga anak kecil. Namun balita yang cenderung lebih rentan dan lebih sering terkena batuk dan pilek di bandingkan orang dewasa. Diperkirakan anak-anak bisa mengalami batuk pilek sebanyak 8-12 kali dalam setahun, sedangkan orang dewasa hanya 2-4 kali dalam setahun.

Virus akan masuk ke tubuh manusia melalui hidung, mulut, dan juga mata. Sebelum berinkubasi dan menimbulkan gejala, masuknya virus bisa terjadi ketika tanpa disengaja menghirup percikan liur penderita pilek atau permukaan benda yang telah terkontaminasi percikan liur yang mengandung virus pilek, kemudian tangan memegang hidung, mulut, atau mata sendiri. Untuk itu anda harus biasakan mencuci tangan anak sebelum ia memegang sesuatu (mainan) yang mungkin akan di masukkan kedalam mulut.

Namun betapa baik pun kita menjaga si buah hati, tetapi tetap saja kita tidak bisa menghindar terus dari yang namanya batuk pilek. Kadang batuk dan pilek datang begitu saja. Untuk itu saya akan mencoba membantu anda untuk mengatasi batuk pilek pada anak dengan menggunakan bahan alami.

Jadi sebagai salah satu ikhtiar, anda boleh mencoba tips minyak bawang putih yang dibagikan oleh Puan Hanezfarjaz Zulaiqah, menurut beliau ini akan dapat membantu untuk menyembuhkan batuk pilek pada anak kecil. Mari ikuti penjelasan beliau selengkapnya di bawah ini:

Cara Membuat Minyak Bawang Putih Untuk Legakan Batuk Pilek Anak

Ternyata minyak bawang putih mampu membantu anda untuk melegakan batuk dan pilek pada anak. Bagi ibu-ibu yang belum mengetahui bagaimana cara membuat dan juga menggunakannya silahkan simak dibawah ini. Minyak bawang putih ini dapat membantu meringankan pilek dan batuk pada bayi dari usia sebulan sampai empat tahun. Bagi yang belum mencoba, silahkan mencobanya di rumah!

1. Buang Kulit

Pertama-tama , ambil 1-2 ulas bawang putih. Buang kulitnya.

2. Bakar

Kemudian, bakar di atas api (bisa menggunakan kompor atau api biasa) sampai agak hitam.

3. Tambahkan Minyak secukupnya

Untuk penggunaan minyak, anda bisa menggunakan berbagai macam minyak seperti, minyak zaitun, minyak kelapa dan lain sebagainya. Namun untuk hasil yang lebih maksimal ada baiknya anda menggunakan minyak kelapa murni. Lembutkan bawang putih yang sudah matang (menghitam) menggunakan tangan, kemudian campur dengan minyak secukupnya sampai merata.

4. Siap untuk dioleskan

Kalau anak batuk pilek, sapukan pada batang hidung, dada, dan lehernya setelah mandi. Agar lebih meresap biarkan sekitar setengah jam.

Ulang hal tersebut (mengoleskan) setelah satu jam atau setengah jam. Insha Allah anak dapat tidur dengan nyenyak. Flu dan batuk akan semakin berkurang tanpa menggunakan obat-obatan berbahan kimia.

Catatan: Buat yang pertama kali menggunakannya, pastikan mencoba dalam jumlah sedikit dulu untuk melihat kompatibilitasnya dengan bayi. Kalau nampak tidak ada efek samping, barulah lanjutkan penggunaannya seperti biasa. Beberapa bayi mungkin mempunyai kulit sensitif dan tak tahan.

Semoga Bermanfaat

Diharapkan obat alami ini dapat bermanfaat bagi banyak ibu-ibu yang mencari ikhtiar buat anak. Banyak yang sudah mencobanya dan mengakui efektivitasnya. Jika gejala batuk dan pilek tidak mereda( berkelanjutan atau bertambah parah) Segeralah membawa anak ke dokter terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait