Kenapa Baju Baru Harus Dicuci Sebelum Dipakai?

Mungkin selama ini kita terbiasa untuk langsung mengenakan pakaian yang baru dibeli. Karena kita menganggap pakaian yang baru dibeli itu bersih, dan memang terlihat bersih, karena kita merasa '' toh belum pernah digunakan''? Jadi tidak masalah jika langsung dikenakan. Namun spesialis pembuatan pakaian, Lana Hogue menyatakan bahwa "Anda harus mencuci terlebih dahulu pakaian yang baru dibeli, karena pakaian tersebut akan bersentuhan langsung dengan kulit anda, terlebih lagi jika ia akan membuat anda berkeringat." Akan saya jelaskan kenapa anda harus mencuci pakaian yang baru anda beli. Berikut penjelasannya:

Alasan Yang Pertama

Alasan yang pertama anda tidak boleh memakai langsung pakaian yang baru anda beli, itu disebabkan karena orang lain juga pasti pernah memakai pakaian yang anda beli. Perlu anda ingat, bukan hanya anda saja yang membeli pakaian, bukankah ada banyak orang yang juga membeli pakaian, bisa saja kan,, pakaian tersebut di coba oleh beberapa orang yang mungkin berniat membeli tetapi tidak jadi.

Karena berganti-ganti orang secara tidak langsung akan membuat kuman atau bakteri juga ikut berpindah-pindah. Sehingga akan membuat pakaian baru terkena kuman atau bakteri. Untuk itu sangatlah penting anda mencuci terlebih dahulu pakaian yang baru anda beli, agar kuman atau bakteri yang menempel akan hilang. Sehingga baju baru anda akan kembali higienis.

Alasan Yang Ke Dua

baju
Mungkin anda kurang mengetahui, bahwa pakaian yang baru juga terdapat potensi bahaya dari bahan kimia. Karena pada saat pakaian dalam proses pembuatan. Akan ada beberapa bahan kimia yang digunakan dalam pencelupan kain. Dan itu akan dapat menyebabkan kulit anda iritasi, terlebih lagi bagi anda yang mempunyai tipe kulit sensitif” terang Hogue.

Alasan Yang Ke Tiga

Bahan-bahan dalam pewarna dan agen anti-mildew yang disemprotkan pada tekstil pakaian, juga membuat pakaian baru menjadi ancaman buat anda. Setiap negara memiliki hukum yang berbeda mengenai penggunaan kimia. Hogue berkata, "Formaldehida adalah karsinogen kategori 3, yang merupakan tingkat bahaya yang paling rendah.

Walau jumlahnya sangat kecil, tetapi tetap saja menjadi ancaman jika digunakan untuk waktu yang lama. But still, who wants to knowingly expose themselves over and over again to carcinogens? "

Alasan Yang Ke Empat

Pasti anda sudah tau, terkadang pakaian akan tergantung atau terpajang dalam wantu yang lumayan lama di tokonya, karena itu biasanya pakaian tersebut akan terkena debu selama dipajang. Mungkin tidak begitu terlihat tetapi tetap saja debu tersebut sudah menempel pada pakaian. Anda tau kan,, apa bahaya debu ketika menempel pada kulit? Sudah pasti akan berdampak buruk untuk kulit anda. Jika anda ingin terbebas dari debu, anda harus cuci dulu pakaian yang baru anda beli. Agar lebih aman ketika digunakan.

Jadi, jika anda ingin menghindari dari terkena ruam dan juga bakteri dari ruang ganti, anda harus mencuci pakaian baru anda terlebih dahulu sebelum anda memakainya. Hogue menyarankan apapun barang yang anda beli jika itu akan dipakai di kulit seperti celana, T-shirt , baju dan lain sebagainya, anda harus segera mencucinya untuk membersihkannya dari setiap sisa keringat, zat pewarna dan juga bahan kimia.

Sebelum anda memakai pakaian yang baru anda beli. Ingat, anda harus mencucinya terlebih dahulu. Memang sih,, rasanya sudah tidak sabar untuk memakai pakaian yang baru kita beli, apa lagi pakaian tersebut sudah lama kita inginkan. Tetapi anda harus bisa untuk lebih sabar, karena anda harus mencucinya terlebih dahulu demi kesehatan anda nantinya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait