6 Tips Hebat Menarik Minat Anak Agar Mau Mandi

Hai,, para ibu, tentunya kita sangat bahagia kan, jika kita telah di anugerahi seorang anak? Melihat dia ada, mulai tumbuh, ingin rasanya melihat ia segera berjalan menggunakan kaki kecilnya. Pasti lucu..!!! Namun setelah si buah hati mulai bisa berjalan, tentunya para ibu akan semakin berat tantangannya. Karena biasanya pada usia tersebut si anak sudah mulai menunjukan apa maunya dan ingin kemana ia pergi sesuka hatinya.

Para ibu akan menjadi semakin repot di buatnya. Walaupun capek tetap saja ia mampu memberi kebahagiaan pada kita para ibu, bukankah begitu?? Tetapi, ketika si kecil sangat susah untuk melakukan sesuatu, sehingga kadang akan membuat kita merasa sedikit kesal di buatnya. Misalnya disaat si buah hati tidak mau makan, tidak mau diam apa lagi susah kalau di ajak mandi, benar-benar bikin kita menjadi geleng-geleng kepala.

Namun tidak mungkin juga kan,, kita para ibu mengeluarkan suara keras dan membentaknya? Karena mereka kan masih kecil, dan mungkin mereka memang belum mengerti akan hal itu. Memang pada sebagian besar anak-anak sangat susah jika di suruh mandi. Setelah di teliti ada beberapa sebab yang membuat si anak tidak mau mandi misalnya:

Si Anak Keasyikan Main

bayi mandi
Ketika si anak lagi asik bermain akan susah jika di ajak mandi, itu karena dia merasa belum puas akan mainan tersebut. Ketidakpuasannya akan membuat si anak akan menolak ketika diajak mandi.

Si Anak Merasa Air Itu Dingin

Si buah hati akan sangat susah bila di suruh mandi, mungkin karena ia merasa kalau air itu dingin. Sehingga ia merasa tubuhnya akan menggigil ketika ia diguyur air. Makanya si anak akan menolak ketika akan di ajak mandi.

Si Anak Tidak Suka Benda Yang Memedihkan Mata

Ketika kita memandikan si kecil, mungkin secara tidak sengaja shampo atau sabun mengenai matanya, tentu itu akan membuat matanya sedikit perih. Itulah yang menyebabkan si kecil akan susah bila di suruh mandi.

Si Anak Tidak Suka Didandani

Ada beberapa anak yang merasa risih ketika kita dandani. Mungkin karena kita sering memakaikannya minyak telon, bedak atau lotion dan juga parfum. Tentu itu akan membutuhkan waktu yang lumayan lama,kemungkinan itu yang membuat si anak merasa males ketika disuruh mandi.

Setidaknya para ibu menjadi lebih tau apa yang menyebabkan buah hati kita susah ketika diajak mandi, tetapi di bawah ini ada beberapa cara yang mudah agar si kecil mau untuk di ajak mandi. Setelah bunda memakai cara ini, saya yakin mandi akan menjadi hal yang difavoritkan oleh anak-anak kita.

Berikut tipsnya:

Ajak si kecil bermain buih sabun di dalam bak mandinya. Mungkin dengan cara ini mereka akan lebih senang dan excited untuk mandi. Pastikan ibu-ibu sudah menyiapkan buih-buih tersebut, jangan biarkan anak kita membuatnya sendiri. Jika di biarkan sudah pasti si kecil akan menggunakan seluruh sabun yang ada. Dan itu tidak akan baik buat mereka (tetap dalam pengawasan). Akan lebih baik jika para ibu menggunakan shampo atau sabun yang khusus untuk bayi, yang pasti tidak akan membuat mata si kecil perih walau terkena mata. Karena sekarang ini sudah ada banyak produk peralatan mandi bayi yang beredar, yang tidak membuat perih mata si kecil. Dengan begitu si kecil akan senang di ajak mandi, sambil bermain buih dan matanya tidak perih. Si kecil pasti akan ketagihan untuk mandi.

Kadang-kadang alasan utama yang membuat anak Anda tidak mau mandi dikarenakan tidak adanya kawan yang menemaninya, karena itu ia akan merasa kurang seru dan merasa sendiri. Bukankah suatu hal yang biasa jika anak akan bersemangat untuk melakukan sesuatu ketika ada temannya. Baik itu sedang makan atau mandi, biasanya si kecil akan langsung mau di ajak mandi jika ada temannya (ada yang menemani).

Jadi Ibu-ibu harus mengeluarkan ide yang lebih membantu agar si kecil tidak menolak ketika di ajak mandi. Misalnya dengan kakak atau adiknya,( lakukan mandi secara berbarengan), jika tidak ada kakak atau adik, ibu sendiri juga bisa menemaninya. Sebisa mungkin anda memberi tau si kecil jika mandi itu menyenangkan. Mungkin dengan anda ikut mandi akan membuat si kecil lebih bersemangat untuk mandi. Bukankah si kecil akan selalu menuruti apa yang para ibu lakukan.

Menggunakan bubble bath, tentunya si kecil akan menyukai permainan tersebut. Apa lagi ibu memilih bubble bath yang berwarna terang atau warna-warni dan juga memiliki gambar. Entah itu gambar hewan, bunga atau tokoh kartun, yang pasti akan membuat si kecil menganggap jika itu sebuah permainan yang berisi air. Sudah pasti si kecil tidak akan menolak jika di ajak mandi sambil bermain. Dengan cara ini juga dapat membantu anda untuk mengenalkan si kecil berbagai macam warna dan juga hewan. Nah dengan begitu si kecil akan lebih pintar dan juga wangi.

Selain buih para ibu juga bisa menambahkan bak mandi anak dengan permainan. Misalnya permainan yang lembut, atau yang ada suara-suara lucu yang menyerupai hewan, yang akan mampu menarik perhatian mereka. Para ibu juga dapat memilih permainan yang bisa membuat mereka berpikir untuk menggerakkan pikiran si kecil saat mandi. Misalnya huruf-huruf, angka atau berbagai macam bentuk hewan.

Ini mungkin akan membuat si kecil lebih menyenangkan saat diajak mandi. Yaitu dengan air shower. Biasanya Si kecil kan suka jika main air hujan, jadi para ibu bisa memanfaatkan shower untuk membuat si kecil suka ketika diajak mandi, karena shower itu kan mirip dengan air hujan. Sudah pasti si kecil akan lebih enjoy disaat mandi.

Dengan menggunakan air hangat, si kecil menjadi susah mandi mungkin karena ia merasa air itu dingin. Sehingga ia akan merasa kedinginan saat di mandikan. Untuk itu para ibu bisa menggunakan air hangat agar si kecil tidak merasa kedinginan. Dengan begitu si kecil tidak akan takut untuk menyentuh air. Tapi ingat bunda jangan menggunakan air hangat terus menerus karena itu tidak akan baik untuk perkembangan anak.

Jadi bunda harus bisa mengakalinya, misalnya gunakan air hangat ketika pagi hari, dan usahakan untuk menggunakan air biasa disaat sore hari. Para ibu bisa mengajaknya bermain terlebih dahulu, pastikan mengajak bermain dengan menggunakan gerak (sepak bola, lari-larian, petak umpet) agar ia berkeringat dan merasa gerah. Dengan begitu tentu ia tidak akan merasa dingin lagi.

Nah,, gampang kan bunda? Jadi para ibu tidak usah menggunakan cara-cara yang keras sehingga membuat si buah hati akan menangis. Jika anda cara mudah dan membuat si kecil lebih ceria dan juga lebih pintar kenapa enggak?? Dengan mengajarkan anak untuk mandi dua kali sehari sejak dini, akan membuat si kecil terbiasa untuk hidup sehat. Mandi dua kali sehari tidak hanya membuat si kecil akan tumbuh menjadi anak yang sehat, tetapi juga akan membuat mereka wangi dan di sukai banyak orang.

Ingatlah para ibu, bahwa anak itu adalah anugerah terindah dari Tuhan, jadi sudah sepantasnya jika kita para orang tua memperlakukannya dengan sebaik mungkin. Selamat mencoba ibu-ibu,, Semoga berhasil!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait