3 Negara Finalis World Cup yang Gagal Tampil di Brasil 2014

Hingga gelaran piala dunia di Afrika Selatan tahun 2010 yang lalu, jumlah negara yang pernah merasakan kemeriahan final piala dunia (world cup) adalah sebanyak 12 negara, dimana 8 negara di antaranya adalah jawaranya, yakni Brazil 5 kali, Italia 4 kali, Jerman 3 kali, Argentina dan Uruguay sebanyak 2 kali, dan sekali diraih oleh Prancis, Inggris, dan Spanyol. Empat negara lainnya yang pernah bertarung dalam atmosfir final piala dunia antara lain Belanda, Cekoslovakia, Hungaria, dan Swedia.

Sejak dimulai pada tahun 1930, pergelaran piala dunia yang diselenggarakan di Brasil tahun 2014 ini merupakan ajang football world cup yang ke 20. Seperti empat tahun yang lalu, moment piala dunia kali ini diikuti 32 negara yang terbagi dalam delapan group.

Namun sayangnya, dari 12 negara yang pernah menjadi finalis, ternyata ada tiga negara yang tidak bisa tampil karena gagal menembus babak penyisihan di zonanya masing-masing. Negara mana sajakah yang dimaksud?

Cekoslovakia

Negara yang terletak di kawasan Eropa Tengah ini pernah tampil dua kali dalam final world cup, yakni tahun 1934 dikalahkan oleh Italia dan tahun 1962 disingkirkan oleh tim samba Brasil. Pada ajang world cup 2014 ini, negara Cekoslovakia tidak bisa tampil karena memang telah terpecah menjadi dua negara, yakni Republik Ceko dan Republik Slowakia. Kedua pecahan negara ini juga tak mampu lolos ke piala dunia Brasil karena kalah dalam kompetisi.

Hongaria

Republik Hongaria pernah mencicipi posisi juara 2 sebanyak dua kali, yakni pada tahun 1938 dan 1954. Prestasi negara yang masuk dalam zona UEFA ini terus mengalami penurunan hingga tak mampu menembus piala dunia Brasil, setelah tersingkir dalam fase kualifikasi.

Swedia

Negara yang beribu kota Stockholm ini merupakan negara soccer yang hebat, dengan julukan Tim Blagult. Negara Swedia pernah mencapai final pada tahun 1958 dan harus takluk oleh Brasil dengan skor 5-2. Pada ajang sepak bola dunia 2014 di Brasil, negara Swedia tak bisa tampil setelah kalah dengan Portugal dalam babak playoff. Impian sang striker Zlatan Ibrahimovic untuk membela negaranya di piala dunia harus dikubur dalam-dalam.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait