Sekilas Tips tentang Kiat Membuka Usaha Baru

Apa yang perlu Anda lakukan untuk memulai bisnis? Tentu ada banyak tugas yang harus Anda lakukan saat memulai bisnis. Kesuksesan dan kegagalan bisnis yang Anda jalankan bergantung pada niat Anda dalam menerapkan tugas-tugas pokok Anda sebagai pelaku usaha. Setidaknya ada 5 kiat yang wajib Anda cermati dalam membangun usaha kecil mandiri.

Kenali diri Anda, tingkat motivasi Anda yang sebenarnya, jumlah uang dan modal yang Anda miliki, dan apa saja yang Anda sedia lakukan untuk menjadi sukses.

Tentu, kita semua ingin menghasilkan jutaan rupiah. Tetapi apa yang Anda rela lakukan untuk mencapai tujuan itu? Berapa jam seminggu Anda akan bekerja secara berkelanjutan? Seberapa jauh dari zona nyaman Anda bersedia melakukan pergeseran? Seberapa jauh keluarga Anda akan berkembang? Untuk menjadi sukses, pertahankan rencana bisnis Anda sejalan dengan tujuan dan sumber daya pribadi dan keluarga Anda.

Pilih bisnis yang tepat untuk Anda.

“Temukan kebutuhan dan jadikan itu peluang” – formula ekonomi ini tentu masih berfungsi hingga sekarang, dan itu mungkin akan selalu menjadi patokan untuk membuka bisnis yang berhasil. Kunci kesuksesan adalah menemukan kebutuhan yang dapat Anda isi, yang ingin Anda isi, dan itu akan menghasilkan pendapatan yang cukup untuk membangun bisnis yang menguntungkan.

Pastikan benar-benar ada segmen pasar untuk produk yang ingin Anda jual.

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan pemula adalah berasumsi bahwa banyak orang akan ingin membeli produk atau layanannya, karena pemilik bisnis menyukai ide-ide itu atau mengetahui satu atau dua orang yang menginginkan produk atau layanan tersebut. Untuk meminimalkan risiko kerugian, jangan pernah selalu berasumsi ada pasar. Teliti ide itu.

Bicaralah dengan calon pelanggan potensial (yang bukan keluarga dan teman) untuk mencari tahu apakah yang ingin Anda jual adalah sesuatu yang mereka ingin beli, dan jika ya, berapa yang akan mereka bayar untuk produk atau layanan tersebut.

Teliti pesaing Anda.

Apa pun jenis bisnis yang Anda mulai atau jalankan, Anda akan memiliki pesaing. Bahkan jika tidak ada bisnis lain yang menawarkan persis apa yang Anda rencanakan untuk dijual, sangat mungkin ada produk atau layanan lain yang digunakan pelanggan target Anda untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Untuk menjadi sukses, Anda perlu meneliti persaingan dan mencari sebanyak mungkin tentang apa yang mereka jual dan bagaimana mereka menjualnya. Penelitian kompetitif adalah sesuatu yang juga harus Anda rencanakan untuk dilakukan secara berkelanjutan.

Rencanakan untuk berhasil.

Jika Anda tidak mencari investor atau memasukkan sejumlah besar uang ke dalam bisnis Anda, Anda mungkin tidak memerlukan rencana bisnis yang rumit, tetapi Anda masih membutuhkan rencana – rencana yang menetapkan tujuan Anda – target Anda – dan kemudian menjabarkan setidaknya peta jalan kerangka untuk bagaimana Anda akan sampai ke misi yang ingin Anda tuju. Rencananya akan berubah saat Anda maju dan belajar lebih banyak tentang pelanggan dan pesaing Anda, tetapi itu masih akan membantu Anda tetap fokus dan menuju ke arah yang benar.

Tinggalkan komentar