Tips Rumah Aman Saat Ditinggal Pergi Liburan

Di zaman modern seperti sekarang sudah ada banyak alat diciptakan oleh para ahli untuk membantu dan memudahkan anda untuk melakukan pengamanan atau melindungi rumah dan barang- barang anda, agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan. Karena sekarang mungkin ada banyak orang di luar sana yang rela melakukan segala hal demi mendapatkan uang. Mungkin anda sudah mengetahui ada banyak kasus yang bisa anda lihat di media cetak atau berita di tv, yang menyatakan bahwa tingkat perampokan serta pencurian menjadi semakin banyak akhir-akhir ini.

Untuk itu saya menyarankan anda untuk menggunakan suatu alat pengaman pada rumah anda. Mungkin alat pengaman ini akan lebih baik dari pada beberapa unsur keamanan (satpam), yang anda tugaskan di rumah anda. Karena alat- alat pengaman ini tidak bisa memanipulasi sebuah kenyataan yang ada, jadi secara otomatis anda akan dapat melihat apa saja yang terjadi pada rumah anda. Bukankah itu akan dapat membuat anda merasa lega dan juga tenang, disaat anda bepergian, entah itu dalam waktu yang lama atau pun tidak.

rumah aman
Berikut ini akan saya berikan dan juga akan saya jelaskan beberapa alat pengaman yang bisa anda gunakan agar rumah serta barang-barang anda tetap aman.

Pagar Otomatis
Biasanya jika anda memakai pagar besi atau kayu akan terasa sedikit berat ketika anda membukanya sendiri, Apa lagi ketika anda harus mendorong atau menggesernya. Untuk itu ada baiknya anda memakai sistem pagar otomatis agar memudahkan anda untuk membukanya. Coba saja anda bayangkan, bila anda pulang ke rumah pada saat malam hari dan disertai hujan lebat, sudah pasti akan membuat anda menjadi basah kuyup ketika anda membuka pagar.

Jadi tidak ada salahnya jika anda memasang autogate pada pintu pagar anda, dengan begitu anda akan mendapatkan kenyamanan jika anda memiliki autogate. Hanya dengan menekan tombol kontrol dari jarak jauh saja, pintu pagar akan bisa terbuka. Bukankah itu akan dapat memudahkan anda. Jadi anda tidak usah repot lagi untuk turun dari kendaraan anda atau berteriak memanggil pembantu untuk membukakan pintu pagar untuk anda (bagi yang punya).

Gerendel Locks
Sekarang teknologi desain kunci gembok juga menjadi semakin canggih. Jadi bisa menjadi salah satu pilihan buat anda yang menginginkan rumahnya menjadi lebih aman saat ditinggal pergi, dengan memasang gerendel locks, mungkin akan membuat anda merasa lebih tenang untuk meninggalkan rumah anda ke suatu tempat dalam jangka waktu yang cukup lama. Karena ia dapat berfungsi untuk mengontrol keamanan rumah anda. Gerendel loks juga lebih efektif dibandingkan gembok konvensional. Karena gembok ini hanya bisa dibuka dengan pasangan kuncinya saja, dan supaya lebih aman lagi anda juga bisa memasukkan nomor pin pada pintu masuk rumah.

Lampu Sensor
Lampu yang dapat menentukan hari secara otomatis. Yaitu lampu akan menyala pada saat malam hari dan akan padam pada saat siang hari. Back up dengan lampu darurat yang akan menyala jika terjadi pemadaman. Bukankah dengan begitu rumah anda akan menjadi lebih aman? Setidaknya rumah anda tidak akan selalu gelap disaat anda tinggalkan. Jika rumah anda dalam keadaan gelap selama beberapa hari (selama anda pergi) takutnya akan menjadi sasaran empuk bagi para penjahat . Hanya sekedar mengingatkan saja ya ...

Kamera Sirkuit Tertutup (CCTV)
Dipasang pada tempat yang tepat dan yang pasti akan dapat merekam gerakan sekitar dengan jelas, walau dalam keadaan gelap (malam hari) maupun siang hari. Anda dapat melihat layar CCTV sesekali saat anda liburan, untuk memastikan rumah anda masih dalam keadaan aman. Anda juga bisa link CCTV pada smartphone dengan aplikasi seperti CCTV Camera Pro Mobile, iDVR-PRO Viewer atau iP Camera Viewer. Jadi tenang kan liburannya..?

Sistem Alarm Pintu dan Jendela
Dengan anda memasang alat alarm pada pintu dan jendela, akan membantu anda untuk menjaga keamanan rumah anda disaat anda sedang bepergian. Sensor yang dipasang pada pintu dan jendela akan mendeteksi setiap gerakan dan mengirim langsung informasi ke nomor ponsel anda.

Itu akan dapat mempermudah anda untuk bisa mengontrol rumah, walaupun anda berada jauh dari rumah. Pastikan agar anda memilih sistem alarm yang dapat dikendalikan melalui smartphone agar memudahkan anda untuk mengaktifkannya atau mematikannya.

Detektor Asap Dan Gas
Alat detektor asap ini akan mampu memberitahu anda lokasi dari mana asap dimulai ataupun api menyebar. Ini akan memungkinkan anda untuk bertindak dengan cepat agar tidak terjadi kebakaran parah. Jika anda sedang liburan jangan lupa meminta tolong pada tetangga untuk melihat kondisi rumah anda.

Sayangnya, alat ini tidak dapat mengeluarkan bau. Jadi saya sarankan alat detektor asap ini dipasang pada setiap lantai atau daerah yang berisiko terjadi kebakaran terutama dapur, kamar tidur, gudang penyimpanan, ruang tamu dan tempat yang bisa didengar orang banyak.

GPS Tracker Untuk Kendaraan
Anda merasa risau ketika hendak meninggalkan rumah dan mobil dalam waktu yang agak lama? Anda tidak usah merasa khawatir lagi, karena saat ini anda bisa memakai gadget untuk keamanan mobil anda. Cukup dengan memasang GPS Tracker pada kendaraan anda. Pastikan ia dihubungkan ke smartphone sehingga dapat mengirimkan sinyal ketika kendaraan bergerak.

Nah,, dengan beberapa alat pengaman di atas, semoga saja bisa menjadi pilihan agar anda bisa lebih tenang untuk meninggalkan rumah (bepergian). Entah itu liburan atau pergi ke sanak saudara, setidaknya anda tidak perlu merasa was-was untuk meninggalkan rumah atau kendaraan anda. Jadi tenang kan??

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait