Penyebab Kutil dan Obat Kutil Alami Paling Ampuh

Gejala kutil yang tampak dan terasa adalah berupa benjolan-benjolan kecil pada kulit yang bulat kasar. Ukuran diameter kutil berkisar antara 0,1 – 1 cm. Penyakit kutil adalah kondisi kelainan kulit yang bukan bersifat kanker. Masalah kulit ini terdeteksi dengan adanya gejala peningkatan pertambaha atau pertumbuhan jaringan kulit lokal. Meskipun disebabkan oleh virus HPV, yang merupakan salah satu virus penyebab kanker leher rahim (kanker serviks), tetapi sebagian besar kulit yang terindikasi virus ini tidak berubah menjadi kanker dan tidak berbahaya. Tampilannya mungkin akan susah dibedakan dengan beberapa kondisi kulit lainnya. Oleh karena itu, untuk memastikannya, diharapkan anda mengunjungi dokter agar bisa ditangani.

Meskipun penyebab masalah kulit ini disebabkan oleh virus, namun kutil tidak mudah menular. Akan tetapi potensi risiko penularannya bisa terjadi melalui sentuhan, apalagi jika kulit dalam kondisi basah, lembab, kotor dan memiliki luka. Orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah atau tingkat imun-nya rendah juga lebih rentan tertular virus HPV. Beberapa media yang dalam kondisi lembab atau basah juga bisa menjadi sarana penularan virus kutil, contohnya: handuk, pakaian, lantai ruang loker, kaus kaki, sepatu, pisau cukur, gunting kuku, lantai kamar mandi, dan area kolam renang.

Kutil memiliki jaringan kapiler. Jika dipotong, ujungnya tampak hitam atau ternampak beberapa ujung yang berdarah. Ini berbeda dari kematu yang ada di kaki. Kematu adalah kulit yang keras dan tebal di kaki yang terkena gesekan. Jika kematu ini dipotong, ujung yang hitam tidak akan terlihat, sebaliknya ada lapisan keratin yang berwarna putih.

Penyebab Kutil dan Jenis-jenis Kutil Yang Biasa Dihadapi

kutil
Ada 150 jenis kutil yang diklasifikasikan berdasarkan tempat infeksi. Tempat yang biasa diderita adalah:

Kutil biasa (Common warts)

Ini merupakan tonjolan daging keras dan kasar yang timbul pada bagian permukaan kulit tangan. Bagian yang terinfeksi kutil timbul, berbentuk bulat dan memiliki permukaan yang keras dan kasar.

Kutil Kaki (Plantar warts)

Kutil kaki merupakan tonjolan daging keras dan kasar yang timbul pada bagian kaki, terutama di bagian yang menerima beban ketika berjalan atau berlari. Bagian yang terinfeksi kutil timbul, berbentuk bulat dan memiliki permukaan yang kasar dan keras. Kutil jenis ini mungkin menyebabkan rasa sakit atau menimbulkan rasa tidak nyaman ketika berpijak dengan kaki yang terinfeksi. Biasanya ada titik hitam pada permukaannya disebabkan pendarahan kecil. Penggunaan alas cecincin di sekeliling kutil mampu memberikan bantuan sementara kepada pasien.

Kutil kelamin (Genital warts)

Kutil kelamin merupakan sejenis penyakit kelamin. Gejala yang tampak berupa tonjolan daging lembut, lembab dan namun tidak sakit pada alatvkelamin. Kutilkkelamin bewarna merah muda atau agak kecoklatan serta bisa tumbuh di atas kemaluan, bibir kemaluan, daerah dubur, dan terkadang juga pada Mrs. V wanita. Kutil ini pada wanita berpotensi berubah menjadi kanker, terutama kanker serviks. Kutilkkelamin tidak menunjukkan tanda yang signifikan, karena itu tes 'PAP Smear' dianjurkan untuk dilakukan secara berkala terutama bagi perempuan yang telah memasuki usia 40 tahun. Bagi wanita hamil, perawatan harus dilakukan dengan cepat untuk mencegah kutil kelamin menular kepada bayi yang akan lahir secara normal.

Kutil filiform (filiform warts)

Kutil filiform merupakan tonjolan daging keras dan kasar yang panjang seperti jari. Kutil ini timbul pada bagian sekitar kelopak mata, wajah dan leher.

Kutil Periungual (Periungual warts)

Terjadi di kalangan kebanyakan penggigit kuku dan pencabut kutikula (kulit pada pangkal kuku jari). Ia muncul di bawah dan di sekeliling kuku.

Obat Alami Atasi Kutil, Bisa Dibuat Sendiri Di Rumah

Beberapa bahan alami, mulai dari bumbu masak hingga pasta gigi dapat kita manfaatkan untuk dijadikan obat alternatif dalam mengalami permasalahan kutil pada telapak tangan, kaki, wajah, dan bahkan kelamin. Di bawah ini adalah sederet obat alami untuk mengatasi kutilan.

1. Minyak Kastor dan Baking Powder

Campuran adonan baking powder (pengembang kue) dan minyak kastor berkhasiat menyerang kutil. Bahan yang aktif menyembuhkan bisul ini memiliki senyawa mineral yang dapat mempercepat proses pengelupasan kulit, terutama jika dicampurkan dengan minyak kastor (minyak jarak) yang kaya akan vitamin. Oleskan campuran kedua bahan ini pada kutil, lalu balut dengan plester/perban. Biarkan semalaman, dan cuci esok paginya. Catatan penting: ramuan ini sebaiknya tidak dipakai pada bagian wajah, karena dapat mengakibatkan iritasi atau kulit terkelupas.

2. Aspirin, Pasta Gigi, atau Betadine

Seperti yang telah dipaparkan di atas, pengobatan kutil secara medis umumnya memakai asam salisilat. Asam salilisat dapat membantu mengangkat sel kulit mati di permukaan kulit, sehingga cukup ampuh dalam mengatasi kutil. Bahan ini bisa anda temukan di beberapa produk pasta gigi dan lotion, serta tablet aspirin. Anda hanya perlu mengoleskannya pada bagian kulit yang muncul kutil.

3. Daun Kemangi Atasi Kutil

Selain bahan-bahan yang telah disebutkan di atas, daun kemangi yang sering menjadi bahan dapur juga efektif memberantas kutil. Caranya tumbuk atau ulek beberapa lembar daun kemangi menjadi pasta lalu tempatkan di atas kutil. Tutup dengan memakai plester antiair. Jangan lupa ganti plester sehari sekali agar tetap bersih.

4. Minyak Pohon Teh

Tidak hanya jus nanas yang efektif melawan kutil, ekstrak minyak dari pohon teh pun berkhasiat menghilangkan kutil. Minyak ini populer dalam melawan virus, menjaga kesehatan kulit, dan mencegah kutil menjadi kanker. Cara pengobatannya cuku gampang, yakni oleskan pada kutil dan tutup dengan plaster atau perban. Gantilah plester secara rutin dan oleskan minyak ini setiap hari selama tiga minggu.

5. Hilangkan Kutil dengan Bawang Putih

Salah satu rempah yang memiliki kandungan antibiotik alami terbaik adalah bawang putih. Selain sebagai bumbu dapur untuk memberi rasa yang lezat pada masakan, bawang putih rupanya memiliki banyak sifat obat dan merupakan salah satu perawatan terbaik untuk lenyapkan kutil yang menjengkelkan. Bagaimana caranya? Kami menyarankan untuk makan siung bawang putih mentah setiap hari untuk melawan virus dari dalam, dan juga menerapkan secara langsung pada kutil. Siapkan pasta dengan memotong dan mengulek bawang putih untuk ditempelkan pada kutil lalu diperban.

6. Hilangkan Kutil Dengan Baking Soda

Bahan ini memiliki sifat antibiotik dan zat yang bagus untuk perawatan lengkap terhadap kutil. Bagaimana caranya? Untuk meningkatkan efek, disarankan anda menyediakan campuran baking soda dan cuka putih. Setelah membentuk campuran tebal, terapkan secara langsung di daerah yang terindikasi kutilan.

7. Kecilkan Kutil dengan Larutan Garam

Sifat abrasif pada air garam dapat berperan untuk mengangkat sel kulit mati di sekitar benjolan kutil. Cara mengobati kutil dengan larutan garam da nair panas adalah dengan mengoleskannya pada kulit yang kutilan memakai kain handuk agar kulit lembab. Kemudian agar lebih efektif, gosok kulit dengan batu apung secara perlahan hingga kutil terkikis. Lakukan proses ini berulang-ulang secara teratur, pagi dan sore hari.

8. Cara Atasi Kutil Dengan Jus Lemon

Jus lemon memiliki kandungan zat antibiotik dan antivirus yang kuat yang dapat membantu mengurangi kutil jika digunakan secara konsisten. Entah kutil yang terjadi pada tapak kaki, tapak tangan, leher dan wajah. Bagaimana cara mengobatinya? Anda perlu memeras buah jeruk untuk mendapatkan sari buahnya dan kemudian menerapkan secara langsung pada kutil menggunakan bola kapas. Anda juga dapat menggosok sepotong lemon, tapi harus hati-hati agar tidak menyentuh daerah lain pada kulit untuk menghindari infeksi.

9. Berantas Kutil dengan Jus Nanas

Virus human papilomavirus juga dapat dilawan dengan kandungan antibiotik pada ekstrak buah nanas. Caranya cukup dengan merendam kutil kedalam jus nanas atau diolesi selama kurang lebih 30 menit. Lakukan secara rutin untuk hasil yang efektif.

10. Lenyapkan Kutil dengan Cuka Apple

Cuka apel merupakan salah satu altenatif pemanfaatan buah apel dengan cara melakukan pengolahan supaya lebih praktis. Cuka apel atau apple cider vinegar ini telah sejak lama digunakan untuk mengatasi berbagai problem kesehatan yang mengganggu. Ramuan populer ini memiliki anti-jamur yang kuat, antibakteri dan antivirus yang membuatnya menjadi salah satu afiliasi yang terbaik untuk menghilangkan masalah kutil. Asam bertindak dengan efektif di daerah yang terkena dampak sehingga obat ini memberikan hasil yang cepat. Belilah 100% cuka apel organik, rendam kapas dalam cairan tersebut lalu tempelkan pada kutil dan balut dengan perban. Untuk mempercepat proses penyembuhan, perawatan ini sebaiknya dilakukan 2 kali sehari.

Demikianlah daftar lengkap cara menghilangkan kutil yang tumbuh pada kulit anda. Kutil memang sering menyerang anak-anak dan remaja yang memiliki daya imunitas rendah. Pengobatan penyakit kutil secara medis bisa menggunakan salep atau plester yang mengandung asam salisilat yang mampu membakar lapisan atas kulit tempat kutil tumbuh.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait