Penghilang Bekas Luka dengan Obat Alami yang Ampuh

Adanya bekas luka memang sering kali membuat penampilan kita terganggu. Dengan adanya bekas luka maka kulit kita akan terlihat kurang bersih, yang pasti bikin kurang enak di pandang, jadi nggak PeDe. Apa lagi kalau mempunyai bekas luka yang nggak bisa di tutupi, kadang di wajah, paha, betis, tangan, atau di lutut. Benar - benar mengganggu!

Namun bagaimana lagi, kadang kita nggak bisa menghindari untuk tidak mempunyai bekas luka, karena bisa saja itu terjadi secara alami. Misalnya, jatuh dari motor, kena air panas, abis oprasi atau kena minyak panas saat menggoreng. Emang nggak dapat di duga. Tapi di zaman sekarang sudah ada banyak hal yang bisa di lakukan untuk menghilangkan bekas luka. 

Suntik Kolagen

bekas luka
Suntik kolagen bermanfaat untuk mengencangkan kulit, serta membuatnya awat muda. Suntik kolagen juga mampu untuk memudarkan bekas luka, khususnya di wajah. Biasanya di lakukan berulang kali, karena suntik kolagen hanya bersifat sementara. Cara ini bisa dilakukan untuk bekas luka yang menimbul, misalnya seperti keloid atau jaringan hipertropik.

Suntik Kortikosteroid

Mungkin cara ini tidak bisa menghilangkan bekas luka secara keseluruhan, namun bisa membantu anda untuk memperbaiki penampilan secara signifikan. Dengan melakukan suntik kortikosteroid mampu mengatasi bekas luka yang di akibatkan keloid atau hipertropi. Biasanya akan di lakukan beberapa suntikan kecil pada luka, agar bekas luka menjadi rata serta mencegah peradangan.

Bedah Plastik

Melakukan bedah plastik memang cukup efektif untuk menghilangkan bekas luka lama. Tetapi efeknya, anda akan mempunyai bekas luka yang baru akibat pembedahan. Operasi bedah biasanya akan dikombinasikan dengan suntik kartikosteroid. Dan biasanya di lakukan pada wajah yang memiliki bekas luka yang di akibatkan oleh keloid.

Memakai Teknologi Laser

Teknologi yang satu ini memang cukup ampuh untuk memudarkan bekas luka. Dan untuk saat ini cara laser sudah cukup populer, karena mampu menghilangkan bekas luka di manapun dan cukup signifikan. Tetapi untuk hilang atau tidaknya bekas luka, tergantung pada tingkat keparahan bekas luka masing - masing.

Radioterapi

Radioterapi ini di lakukan hanya untuk kasus yang benar - benar serius saja. Mengingat efek jangka panjangnya yang kurang baik untuk kesehatan. Namun radioterapi dalam dosis yang kecil bisa anda lakukan, untuk membantu anda mengurangi kambuhnya bekas luka keloid dan hipertrofi bekas operasi.

Teknik Skin Needling

Alat medis yang satu ini, memang agak sedikit menyeramkan. Karena alat ini mempunyai ratusan jarum kecil, namun cara ini juga sangat populer untuk menghilangkan bekas luka, Khususnya di Amerika serikat. Cara ini harus di lakukan secara berkala agar hasilnya maksimal.

Membalut Luka

Cara yang satu ini memang membutuhkan waktu yang sedikit agak lama, sekitar satu tahun tanpa di lepas. Biasanya prosedur medis ini di lakukan untuk menghilangkan bekas luka bakar yang cukup besar atau setelah seseorang menjalani cangkok kulit. Membalut luka ini memakai bahan elastis, yang bertujuan agar mampu meratakan dan melembutkan bekas luka.

Menerapkan Plester Gel Silikon

Menerapkan plester gel silikon, mampu membantu mengurangi efek kemerahan dan mampu memperkecil ukuran bekas luka akibat keloid atau hipertropik. Prosedur ini di lakukan sekitar tiga bulan, agar hasilnya maksimal. Caranya hanya dengan menempelkan silikon tersebut tepat di atas bekas luka selama 12 jam setiap harinya.

Menyamarkan Dengan Kosmetik

Mungkin cara yang satu ini tidak terlalu sulit untuk di lakukan, anda hanya perlu melakukan tehnik penggunaan kosmetik dengan tata rias. Kosmetik penutup bekas luka ini, bisa anda dapatkan pada apotek terdekat. Namun ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya. Kosmetik penutup bekas luka ini cukup beragam, ada yang bersifat tahan air ada juga yang tahan sampai 2 - 3 hari.

Menggunakan Krim Atau Gel

Menggunakan krim atau gel biasanya di gunakan pada bekas luka yang agak ringan. Seperti terkena goresan oleh suatu benda misalnya, krim atau gel adalah pilihan yang tepat untuk mengatasi bekas luka ringan. Tapi jika bekas luka yang anda alami akibat jerawat, ada baiknya anda konsultasikan dulu pada dokter. Krim atau gel mampu mengatasi bekas luka ringan karena memiliki kandungan steriod dan antihistamin. Efek sampingnya, anda akan merasakan gatal - gatal pada bekas luka.

Jika anda menggunakan cara medis di atas untuk menghilangkan bekas luka, anda harus pastikan dengan baik untuk menggunakan ahli medis yang telah ahli dan yang sudah memiliki sertifikat, jangan asal. Takutnya terjadi sesuatu yang tidak di inginkan. Mana sudah keluar uang banyak, tapi hasilnya mengecewakan. Buat apa??

Semua cara medis di atas memang cukup efektif, untuk menghilangkan bekas luka anda. Tapi harus disadari juga, itu semua membutuhkan biaya yang lumayan banyak. Bagi orang - orang yang berkecukupan mungkin nggak jadi masalah, tapi saya yakin bahwa tak semua orang di dunia ini terlahir punya banyak uang.

Penghilang Bekas Luka secara Alami

Mulai sekarang nggak usah bingung lagi, berikut ini akan ada beberapa cara alami untuk membantu anda menghilangkan bekas luka. Bahannya pun alami, mudah di dapat, dan yang paling penting harganya ekonomis alias tidak mahal. Tidak beresiko dan bisa di lakukan sendiri di rumah. Cuman, anda membutuhkan waktu yang agak lama, tidak bisa secepat cara medis. Tapi bukankah seseorang pernah berkata, bahwa buah kesabaran itu pasti manis rasanya. Berikut cara alami menyamarkan luka:

Kulit Pisang

Ternyata kulit pisang mampu menghilangkan bekas luka, makanya jangan asal buang. Isinya bikin kita sehat, kulitnya pun mampu membantu anda menghilangkan bekas luka. Caranya, ambil kulit pisang bagian dalamnya, lalu di gosok - gosokan pada bekas luka. Lakukan secara rutin.

Lidah Buaya

Beberapa penelitian membuktikan bahwa, gel tanaman herbal ini di perkaya dengan kandungan lignin dan asam amino. Dengan kedua senyawa tersebut dapat membantu melembabkan kulit, mempercepat regenerasi sel dan dapat mencegah peradangan. Sehingga cukup ampuh untuk di jadikan sebagai penghilang bekas luka anda. Caranya, gunakan lidah buaya yang masih segar, kemudian ambil gelnya, lalu oleskan pada bekas luka setiap habis mandi. Biarkan satu jam, agar bisa meresap. Lalu bilas dengan air dingin.

Madu

Madu memang tidak diragukan lagi khasiatnya, karena kandungan nutrisi yang terdapat pada madu bermanfaat untuk menjaga kesehatan, untuk kulit, kesehatan rambut, dan juga sangat efektif dalam mengoptimalkan regenerasi sel kulit baru. Jadi bisa anda gunakan untuk menghilangkan bekas luka anda. Caranya, siapkan madu alami secukupnya, lalu oleskan secara merata pada bekas luka. Anda pastikan dulu area luka sudah di bersihkan. Lalu diamkan sampai kering, kemudian bilas dengan air dingin.

Minyak Zaitun

Ternyata minyak zaitun juga mampu menghilangkan bekas luka lama. Bahkan jika anda menggunakannya secara rutin, akan membuat anda tetap awet muda. Karena minyak zaitun mengandung vitamin E, vitamin K, antioksidan serta mampu mengurangi peradangan dan juga melembabkan kulit. Caranya, ambil minyak zaitun secukupnya, kemudian oleskan secara merata keseluruh bagian bekas luka sehabis mandi, biarkan sekitar 1 - 2 jam. Lalu bilas dengan air sampai bersih.

Jeruk Nipis Atau Lemon

Kedua buah jeruk ini, cukup ampuh untuk mengangkat sel kulit mati penyebab bekas luka. Jeruk nipis dan juga lemon mengandung vitamin C, yang sangat penting untuk mengembangkan jaringan ikat tubuh untuk penyembuhan luka dan mendukung dinding pembuluh darah. Jeruk nipis dan juga lemon mengandung mikronutrien penting lainnya seperti, kalsium, magnesium, kalium, posfor, vitamin A dan B. Jadi kedua buah ini bisa anda gunakan untuk menghilangkan bekas luka anda. Caranya, belah jeruk nipis atau lemon, bisa menambahkan sedikit gula, lalu gosokan belahan buah tadi ke area bekas luka secara melingkar. Lakukan terus sampai belahan buah tadi mengering, baru kemudian bilas dengan air hangat.

Daun Pare

Kandungan yang terdapat pada daun pare seperti, minyak lemak tak jenuh, karantina, momordina, dan senyawa lainnya, yang mampu membantu anda untuk menghilangkan bekas luka. Meskipun pahit, daun pare terbukti cukup efektif untuk menghilangkan bekas luka. Caranya, ambil daun pare yang masih segar beberapa lembar, cuci hingga bersih. Baru kemudian dihaluskan, tambahkan sedikit air lalu peras. Kemudian campur air perasannya dengan tepung beras hingga berbentuk pasta, lalu di oleskan pada bekas luka secara merata, biarkan sekitar 1 - 2 jam. Lalu bilas dengan air dingin. Bahan ini kurang cocok di gunakan pada wajah, karena bisa menyebabkan iritasi.

Daun Mint

Setelah di teliti lebih jauh, daun mint ternyata memiliki kandungan mineral alami yang efektif untuk mengoptimalkan regenerasi sel kulit baru, sehingga bisa anda gunakan untuk memudarkan bekas luka yang membandel. Penggunaannya harus secara rutin, agar hasilnya maksimal. Caranya, siapkan daun mint segar beberapa lembar, tumbuk sampai setengah halus atau jangan terlalu halus. Kemudian gosokan secara perlahan ke bagian permukaan bekas luka, dengan gerakan memutar, lakukan sekitar 30 menit, baru bilas dengan air hangat. Hindari penggunaan pada bekas luka di wajah.

Mentimun

Kandungan air dalam mentimun memang mampu memudarkan bekas luka. Jadi bahan yang satu ini, juga cocok di gunakan pada wajah. Caranya, gunakan mentimun yang masih segar, cuci hingga bersih baru kemudian dihaluskan. Bisa memakai blender untuk menghaluskan. Lalu oleskan ke bekas luka secara merata, diamkan sampai kering. Kemudian bilas dengan air dingin.

Buah Mengkudu

Buah mengkudu dapat menghilangkan bekas luka pada wajah, kaki, tangan, atau bagian tubuh lainnya. Kandungan antioksidan tinggi yang di miliki buah mengkudu, mampu untuk menghilangkan bekas luka anda. Caranya, mengkudu yang sudah matang dihaluskan, setelah halus baru oleskan ke bekas luka secara merata. Biarkan beberapa menit agar lebih meresap.

Minyak Biji Pangkal Mawar

Minyak yang satu ini berasal dari biji pangkal bunga mawar yang di perkaya dengan kandungan senyawa berkhasiat, sehingga mampu untuk menghilangkan bekas luka. Minyak biji pangkal bunga mawar ini bisa anda dapatkan di supermarket atau apotek terdekat. Caranya, hanya cukup dengan mengoleskan pada area bekas luka, lakukan sedikit pijatan. Diamkan 1 - 2 jam, lalu bilas dengan air dingin.

Itulah beberapa cara alami serta bahan alami, Semoga aja dapat membantu anda yang punya masalah dengan bekas luka. Selamat mencobanya ya...

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait