Panduan Lengkap Cara Mengatasi Sariawan dengan Obat Alami

Mungkin semua orang pernah mengalami yang namanya sariawan. Penyakit yang satu ini memang tidak mengenal usia, dari yang tua, muda, remaja, anak - anak bahkan yang masih balita. Memang benar sariawan mungkin tidak tergolong penyakit yang parah, tetapi keberadaannya cukup mengganggu untuk kita. Walaupun cuma luka kecil tetapi sakitnya cukup berasa, hingga mampu membuat kita sulit makan dan minum. Bagi orang dewasa penyakit ini mungkin sudah di anggap biasa, tapi lain halnya dengan balita (bayi).

Sebenarnya ini saya alami sendiri, dulu bayi saya selalu menangis jika sedang mimik susu, saya kurang tau apa yang sebenarnya terjadi. Tetapi setelah saya memeriksakannya ke Dokter, ternyata bayi saya mengalami sariawan. Itu membuat saya sadar, bahwa penyakit sekecil apapun jika di biarkan tetap saja akan berdampak parah bagi sang penderita. Terutama pada balita, karena jika balita terkena sariawan parah hingga terjadi infeksi, maka akan berakibat fatal, bahkan sampai menyebabkan kematian. Untuk itu saya tegaskan kepada anda, segeralah untuk mengatasi penyakit anda walapun terlihat sepele seperti sariawan.

masalah sariawan
Sekarang sudah ada banyak obat - obat dengan beragam merek yang mampu mengatasi sariawan, dan tidak sulit untuk mendapatkannya. Namun sebelum saya berbicara lebih jauh tentang apa saja bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi sariawan, ada baiknya anda mengetahui apa itu sariawan. Sariawan atau dalam bahasa kedokteran di sebut dengan stomatitis, merupakan terjadinya peradangan pada mukosa (pipi bagian dalam ) mulut. Ada banyak hal yang menyebabkan munculnya sariawan seperti :
  • Kekurangan vitamin C dan Vitamin B (jarang mengkonsumsi buah - buahan)
  • Daya tahan tubuh yang rendah (akibat panas dalam atau sedang stres)
  • Disaat tubuh mengalami alergi terhadap sesuatu (efek samping dari obat kimia)
  • Karena luka yang tidak di sengaja (tergigit atau menyikat gigi yang terlalu keras)
  • Kesehatan mulut yang kurang terjaga (jarang menyikat gigi dan berkumur)
  • Merokok dalam jangka panjang (terlalu sering)
  • Adanya benda asing di mulut (gigi palsu yang tidak sesuai dengan ukuran)
  • Karena bakteri (disebabkan oleh jamur Candida Albicans)
  • Menjalani kemoterapi atau radioterapi untuk mengatasi kanker
Itulah beberapa penyebab yang membuat munculnya sariawan. Walaupun anda sudah mengetahui apa yang menjadi penyebab munculnya sariawan, tetapi tetap saja kita tidak bisa selalu terhindar dari sariawan. Di bawah ini ada beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi sariawan.

Obat Sariawan Dengan Bahan Alami

Menggunakan Getah Daun Jarak
Anda hanya cukup mencari pohon jarak, kemudian petik tangkai daun jarak, pada ujungnya akan keluar getah, lalu oleskan getah tersebut pada luka sariawan. Rasanya akan sedikit pahit dan perih, Lakukan secara rutin sampai sariawan benar - benar hilang. Getah jarak di percaya ampuh untuk menghilangkan sariawan karena getah ini mengandung alkaloid yang disebut Jatrophine yang bisa di gunakan sebagai obat luka, serta sebagai basa meneral untuk mempertahankan keseimbangan ion. Getah daun jarak ini juga brsifat anti mikroba, sehingga dapat menghilangkan bakteri. Pada zaman dulu getah jarak juga di gunakan sebagai obat kumur dan gusi berdarah serta obat luka karena kandungan Tannin yang di miliki oleh getah jarak.

Menggunakan Madu Alami
Madu juga tidak kalah efektif untuk mengatasi sariawan. Di dalam madu memiliki kandungan meneral, garam, enzim, dan juga mengandung hormon - hormon kuat yang mampu memacu kerja organ - organ tubuh, serta antibiotik yang bisa membunuh berbagai macam bakteri dan mikroba. Sebaiknya gunakan madu yang alami agar hasilnya lebih optimal. Anda hanya perlu mengoleskan pada luka sariawan, lakukan secara rutin.

Menggunakan Bawang Putih
Bawang putih mengandung minyak Atsiri yang bermanfaat sebagai anti bakteri dan anti septik, sehingga menjadi cukup ampuh untuk mengatasi sariawan. Cukup dengan membelah bawang putih yang sudah di kupas, kemudian oleskan pada luka sariawan. Ingat, gunakan secara rutin.

Pasta Baking Soda dan Garam
Baking soda dan garam menjadi kesatuan yang cukup ampuh untuk mengatasi sariawan. Baking soda sendiri memiliki senyawa aktif yang mampu membunuh kuman dan bakteri jahat yang ada pada luka sariawan anda. Dan garam berpungsi untuk mengurangi rasa sakit akibat peradangan karena memiliki sifat antiinflamasi. Jadi kedua bahan ini akan mampu menjadi solusi bagai anda yang sedang mengalami sariawan. Caranya mudah, anda hanya perlu menghaluskan kedua bahan tersebut, agar lebih mudah untuk di gunakan. Beri sedikit air panas kemudian aduk sampai membentuk pasta. Setelah membentuk pasta baru oleskan pada seluruh luka sariawan, anda akan merasakan sedikit perih, dengan melakukannya 1 x sehari, maka biasanya sariawan akan segera memudar dan hilang.

Air Kelapa
buah kelapa
Menurut salah satu penelitian ion yang terdapat pada air kelapa mampu memberi manfaat yang mampu mencegah dehidrasi (kekurangan cairan ) pada tubuh serta dapat mengatasi panas dalam. Karena air kelapa memiliki sifat Elektrolit yang akan mampu mendinginkan tubuh. Dengan mengkonsumsi air kelapa, maka secara tidak langsung akan membuat sariawan anda hilang. Karena sariawan akan muncul ketika tubuh kita mengalami dehidrasi dan panas dalam. Untuk itu anda bisa memanfaatkan air kelapa untuk mengatasi sariawan anda. Hanya dengan mengkonsumsinya secara teratur akan membuat anda terhindar dari panas dalam yang mengakibatkan sariawan. Untuk mengobati, anda bisa meminum air kelapa sebanyak 3 gelas dalam satu hari, yaitu pagi, siang dan malam. Sedangkan untuk mencegah, anda hanya perlu meminum 1 gelas perhari.

Pisang dan Madu
Tentu anda sudah tau bahwa madu mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh kita, salah satunya adalah anti bakteri, sedangkan buah pisang kaya akan kandungan vitamin dan mineral , salah satunya vitamin C serta nitrogen yang berfungsi membangun perbaikan dan regenerasi jaringan pada tubuh, sehingga kedua bahan ini akan menjadi ramuan yang sangat efektif untuk menghilangkan sariawan anda, khususnya pada lidah. Untuk caranya, anda hanya perlu menghaluskan buah pisang yang sudah matang, lalu campur dengan madu secukupnya. Bentuk adonan hingga menyerupai pasta, kemudian oleskan pada seluruh bagian luka sariawan. Kumur dengan air hangat setelah membiarkannya selama 10 menit, agar obat lebih meresap, sehingga mampu bekerja secara optimal.

Buah Jambu Biji dan Daunnya
Anda bisa menggunakan buah serta daunnya untuk mengatsi sariawan anda. Mungkin anda mengira jika jeruklah yang mengandung vitamin C yang paling tinggi, tetapi nyatanya vitamin C tertinggi ada pada buah jambu. Sehingga jambu mampu untuk memenuhi vitamin C anda, hingga akan membuat sariawan anda menjadi hilang dengan sendirinya. Sedangkan untuk daunnya, mengandung senyawa antibakterial yang mampu membunuh kuman dan bakteri penyebab sariawan. Gunakan daun jambu biji yang masih muda. Untuk buahnya anda bisa konsumsi secara langsung. Namun untuk daun, anda bisa memilih daun jambu yang masih segar, cuci sampai bersih, kemudian kunyah daun tersebut sampai hancur (sekitar 10 detik ), untuk rasanya memang agak pahit. Setelah selesai mengunyah berkumurlah hingga benar - benar bersih.

Yoghurt
Obat sariawan yang satu ini rasanya cukup enak, apa lagi jika didinginkan terlebih dahulu. Yoghurt adalah produk fermentasi dari susu. Sehingga yoghurt memiliki kandungan bakteri baik yang cukup tinggi, yang tidak hanya baik untuk pencernaan tetapi juga sangat bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka sariawan. Yoghurt baik di konsumsi oleh anak - anak maupun orang dewasa. Khusus untuk anak - anak cukup beri 1 kali dalam sehari.

Pepaya Mentah
Pepaya mentah memiliki kandungan senyawa antiseptik yang sangat tinggi, sehingga mampu membunuh kuman pada bagian luka sariawan. Namun bahan alami yang satu ini memiliki efek samping yaitu, jika di gunakan secara berlebihan maka getah yang terdapat pada pepaya dapat memicu adanya karang gigi. Untuk itu gunakan seperlunya jangan berlebihan. Caranya, kupas pepaya yang mentah (berwarna hijau ), kemudian iris membentuk lingkaran kecil, lalu tempelkan irisan tersebut pada luka sariawan. Berkumur dengan air hangat, setelah 10 menit. Sebagai tambahan, obat sariawan yang satu ini hanya untuk mengobati saat anda sariawan. Jadi setelah sariawan sembuh total, penggunaan dihentikan.

Minyak Kelapa dan Madu
Ternyata bukan hanya air kelapa yang bisa menghilangkan sariawan, minyak kelapa juga berperan penting dalam hal menghilangkan sariawan. Kedua bahan ini, sama - sama memiliki kandungan anti bakterial, sehingga sariawan akan segera menghilang. Caranya, anda hanya perlu menyiapkan 1 sendok makan madu alami dengan 2 sendok makan minyak kelapa, campur ke dua bahan hingga merata. Setelah merata tinggal oleskan pada tempat sariawan.

Kunyit
kunyit
Kandungan senyawa antibakterial dan anti-inflamasi yang terdapat pada kunyit, sehingga sangat efektif untuk membasmi sariawan pada mulut. Caranya sangat mudah, haluskan kunyit (di parut), setelah halus campur sedikit air hangat aduk sampai rata, menyerupai adonan pasta. Oleskan pada sariawan diamkan kurang lebih 15 menit, hal yang terakhir yaitu berkumur sampai bersih.

Belimbing Wuluh
Seperti kebanyakan buah, buah belimbing wuluh juga mempunyai kandungan senyawa zat asam yang cukup tinggi akan vitamin C. Belimbing wuluh mempunyai rasa masam sehingga mampu membunuh bakteri. Hanya dengan mengunyah atau menempelkannya pada luka sariawan. Mungkin hanya butuh waktu 5 menit, kemudian tinggal berkumur sampai bersih.

Itulah beberapa bahan alami yang di percaya mampu untuk mengatasi sariawan anda. Semoga saja bisa menjadi pilihan buat anda. Tetapi perlu anda ingat, walapun sariawan di anggap penyakit yang biasa, namun ada baiknya jika anda mampu untuk mencegahnya. Bukankah mencegah itu lebih baik dari pada mengobati ?? Bagi anda yang ingin terhindar dari sariawan, anda bisa melakukan hal di bawah ini:

Mengkonsumsi Buah - Buahan Secara Rutin
Dengan mengkonsumsi buah yang cukup akan mampu menghindarkan anda dari sariawan. Karena buah - buahan akan mencukupi kebutuhan vitamin yang membuat tubuh menjadi sehat hingga kekebelan tubuh akan selalu terjaga dari berbagai penyakit, termasuk sariawan.

Dengan Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Mulut
Pastikan agar anda selalu menjaga kebersihan dan kesehatan mulut, jika anda ingin terhindar dari sariawan. Anda hanya perlu menyikat gigi dan berkumur agar bakteri tidak mampu bertahan dan berkembang di dalam mulut anda.

Kurangi Makanan Yang Dapat Memicu Munculnya Sariawan
Mulai sekarang anda bisa mengurangi mengkonsumsi makanan yang dapat memicu munculnya sariawan. Seperti makanan bercita rasa pedas atau makanan yang bertekstur keras. Karena kedua jenis makanan tersebut dapat menjadi pemicu munculnya sariawan.

Jauhkan Dari Stres
Di saat kita mengalami stres, maka akan ada banyak penyakit yang bisa menghampiri anda. Salah satunya sariawan. Jika memungkinkan berusahalah untuk menjauhkan diri dari stres. Jalanilah hidup dengan berpikiran positif dan selalu bersyukur akan apa yang anda miliki. Pikiran yang tenang akan membuat tubuh kita sehat. Benar tidak ???

Memperbanyak Minum Air Putih
Air putih mampu mengeluarkan racun dari tubuh lewat air kemih. Jadi dengan mengkonsumsi air putih dengan cukup akan membuat anda terhindar dari sariawan atau penyakit lainnya.

Jika hal di atas bisa anda lakukan, mungkin anda akan mampu terhindar dari sariawan. Mungkin anda perlu tau, bahwa sariawan itu ada beberapa jenis seperti:

Stomatitis Afthosa
Sariawan jenis ini di akibatkan oleh terkena benturan saat menyikat gigi atau tidak sengaja tergigit.

Oral Thrush/ Moniliasis
Sariawan jenis ini di akibatkan oleh jamur candida albicans. Ini biasanya terjadi di lidah.

Stomatitis Herpetic
Untuk sariawan jenis ini, muncul karena virus herpes simpleks. Biasanya sariawan jenis ini akan muncul di bagian belakang tenggorokan.

Tentunya anda sudah sedikit lebih tau tentang apa itu sariawan. Dan apa saja bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasinya. Namun jika anda sudah mencoba untuk mengobati dengan salah satu bahan alami di atas, tetapi tidak ada perubahan, ada baiknya anda segera memeriksakannya ke Dokter. Walapun sariawan termasuk penyakit biasa, tetapi tidak segera di atasi atau di tangani, bisa berbahaya dan bisa menyebabkan kanker rongga mulut. Jadi tetaplah waspada dan segeralah untuk menangani penyakit yang anda derita . Walaupun itu penyakit biasa.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait