Menuju Keluarga Bahagia, Ini 10 Hal yang Harus Anda Lakukan

Mempunyai keluarga yang bahagia mungkin akan menjadi impian bagi banyak orang. Tetapi pada kenyataannya masih ada banyak keluarga di luar sana yang mungkin belum beruntung alias mengalami kegagalan. Entah kenapa berbagai masalah akan timbul begitu saja, entah itu masalah prinsip, pandangan hidup yang mulai berbeda dan lain sebagainya. Diantara banyaknya masalah rumah tangga yang muncul, pernahkah anda bertanya pada hati nurani anda sendiri, apa yang harus anda lakukan agar keluarga anda bahagia??

Mempunyai rumah tangga yang bahagia bukan hanya berdasarkan keberuntungan atau kebetulan semata ,namun ada beberapa faktor yang mesti anda lakukan. Sebenarnya ini adalah kisah nyata saya sendiri. Saya telah mengalami sendiri, bagaimana sakitnya memiliki orang tua yang sering bertengkar bahkan sampai melakukan kekerasan. Sungguh membuat saya merasa trauma. Saya tak habis pikir mengapa itu terjadi, kemana hilangnya cinta mereka? Itu semua membuat saya mempunyai suatu impian, bahwa jika suatu saat nanti saya hidup berumah tangga, saya ingin mempunyai keluarga yang bahagia. Saya tidak ingin anak - anak saya nanti mengalami hal seperti yang saya alami.

Sekarang saya sudah hidup berumah tangga, dan telah dikaruniai tiga anak. Syukurlah sampai detik ini keluarga kami masih diberkahi oleh kebahagiaan. Tentunya dengan 10 daftar rahasia yang telah saya terapkan selama ini. Dan itu terbukti membuat keluarga saya tetap bahagia hingga saat ini. Untuk itu saya ingin berbagi tips kepada anda, agar anda juga mempunyai keluarga yang bahagia seperti keluarga saya. Ada 10 Hal yang saya terapkan, agar rumah tangga tetap bahagia:

1 . Saling Percaya
Kepercayaan akan mampu menjadi pondasi yang kuat untuk menjalani kehidupan berumah tangga. Tanpa adanya kepercayaan maka, hanya akan menimbulkan prasangka yang nantinya akan berujung pada pertengkaran. Jangan terlalu percaya pada firasat yang tidak berdasarkan fakta dan juga bukti yang jelas. Dengan adanya saling percaya maka akan mampu menciptakan keluarga yang bahagia. Waspada itu perlu, tapi jangan terlalu berlebihan.

2 . Komunikasi Yang Baik
Komunikasi merupakan bagian yang sangat penting dalam rumah tangga. jadi biasakanlah untuk membicarakan segala sesuatu yang telah anda alami, baik itu hal yang menyenangkan ataupun tidak. Karena dengan begitu, anda akan terbiasa untuk berkomunikasi. Tanpa adanya komunikasi, hanya akan membuat kesalahpahaman yang dapat berkembang menjadi kecurigaan, hingga masalah akan menjadi tambah panjang dan berlarut - larut. Jadi, sangatlah penting untuk anda agar bisa selalu menjaga jalur komunikasi yang terbuka terhadap pasangan.

3 . Kemampuan Untuk Kompromi
Ada kalanya kita mampu untuk mengalah serta tidak ragu untuk berkata maaf pada pasangan kita. Walaupun itu tidak seutuhnya menjadi salah anda, jangan biarkan hati kita di kuasai oleh ego yang akan membuat kita sama - sama keras dan mempertahankan ego masing - masing. Itu hanya akan membuat perselisihan menjadi semakin panjang.

Tetapi tidak mesti juga anda harus mengalah pada setiap hal, kadang anda juga perlu untuk mempertahankan prinsip, kalau memang anda merasa benar dan pantas untuk dipertahankan. Dengan berkata maaf, mungkin akan membuat pasangan anda merasa luluh, hingga akan mampu untuk menghargai kemurahan hati anda. Dengan begitu masalah pasti akan cepat selesai.

keluarga bahagia
4 . Tangani Masalah Dengan Cepat
Yang namanya hidup berumah tangga, tidak akan bisa selalu berjalan dengan mulus. Pasti akan ada yang namanya masalah - masalah kecil yang mewarnai kehidupan berumah tangga kita. walaupun masalah kecil, tetapi jangan pernah menganggap sepele. Walau masalah kecil jika lama di biarkan juga akan menjadi besar kan? Untuk itu segeralah untuk menyelesaikan permasalahan anda. Dengan menunda, hanya akan membuat masalah menjadi semakin panjang dan rumit.

5 . Pelajari Bagaimana Cara Beradu Argumen
Di saat kita sedang mengalami selisih paham, sudah pasti akan membuat kita emosi hingga akan berujung pada kemarahan. Bila dalam keadaan marah, apa saja bisa terjadi. Berteriak, berkata kasar, bahkan sampai melakukan kekerasan fisik. Jika sudah begitu, akan sulit untuk anda mengembalikan keadaan seperti semula. Karena itu, cobalah untuk lebih bersabar dalam menerima kemarahannya, anda tidak perlu menjawab setiap pernyataannya.

Bila perlu anda bisa memilih untuk pergi sejenak mencari udara segar, sambil memikirkan lebih dalam lagi. Setelah merasa sedikit tenang, baru anda bisa meneruskan argumen anda tentunya dengan lebih tenang dan sabar. Dengan pikiran yang tenang, pasti akan membuat masalah akan terselesaikan tanpa harus berteriak atau menggunakan tangan. Pada intinya, anda harus bisa mempelajari bagaimana caranya berargumen dengan baik terhadap pasangan.

6 . Belajarlah Untuk Memberikan Ruang Pada Pasangan
Berilah sedikit ruang pada pasangan anda untuk melakukan apa yang dia sukai. Selama itu hal yang positif dan tidak membahayakan, Sadarilah bahwa kita ini manusia yang pasti mempunyai hobi masing - masing. Jadi jangan pernah anda memaksakan diri pada pasangan anda. Pahamilah bahwa mencintai bukan berarti dia harus selalu berada di dekat kita sepanjang waktu. Dengan memberikan sedikit ruang, kepada pasangan akan membuat pasangan anda merasa di hargai dan itu, akan berdampak baik untuk keutuhan rumah tangga anda.

7. Menerima Kekurangan Pasangan
Jika anda merasa bahagia akan kelebihan yang di miliki pasangan anda, berarti anda juga harus siap menerima kekurangannya. Karena pada dasarnya, tidak ada manusia yang terlahir sempurna. Akan selalu ada yang namanya kebiasaan - kebiasaan buruk pada diri manusia. Namun selama itu masih hal yang wajar, tentu kita harus mencoba untuk menerimanya. Dari pada memaksakan dia untuk berubah lebih baik seperti yang anda inginkan, lebih baik anda belajar untuk menerimanya.

Biarpun anda merubahnya ke hal yang lebih baik tetapi tetap saja itu berarti anda memaksanya untuk melakukan hal yang anda inginkan sendiri. Baik untuk anda belum tentu baik untuk pasangan anda. Jadi cobalah untuk menerima kekurangannya dengan iklas. mungkin saja dengan begitu, dia akan mampu berubah sendiri nantinya. Karena merasa sadar bahwa itu bukanlah hal yang baik. Jangan pernah mencoba mengubahnya dan membuat dirinya merasa buruk, tetapi ingatkanlah dia apa akibatnya dari kebiasaan buruk tersebut.

8 . Jadilah Penyemangat Untuk Pasangan Anda
Di saat pasangan kita sedang mengalami hal buruk, sudah sepantasnya kita memberikan semangat berupa dukungan serta motivasi. Agar pasangan anda lebih mudah untuk melewatinya, anda tau nggak sih, dukungan dari pasangan akan lebih berharga dari apapun di dunia ini. Jangan seperti lirik lagu dangdut, ada uang di sayang tak ada uang di tendang. Kita harus bisa menjadi penyemangat untuk pasangan kita dalam situasi apapun.

9 . Tetap Mesra
Dengan tetap mesra pasti akan membuat hubungan anda menjadi awet. Makanya anda harus bisa menjaga kemesraan anda terhadap pasangan. Dengan begitu, pasangan anda pasti selalu merasa bahagia berada di dekat anda. Jadi tidak akan ada peluang untuk pasangan anda mencari tempat yang lain.

10 . Selalu Romantis
Setelah menikah mungkin akan sedikit susah untuk bersikap romantis kepada pasangan. Apa lagi jika sudah memiliki anak, pasti menjadi semakin sulit. Makanya anda harus pintar untuk membagi waktu, antara pekerjaan, anak dan kapan buat pasangan. Anda harus bisa mencari waktu yang tepat untuk memberikan pasangan anda kejutan atau hadiah yang mampu membuat pasangan anda bahagia. Walaupun sudah menikah, jangan pernah melupakan untuk selalu bersikap romantis.

Jika anda mampu melakukan 10 hal di atas, saya yakin pasti anda akan memiliki keluarga yang bahagia. Karena kebahagiaan keluarga merupakan awal yang baik untuk menciptakan generasi penerus yang kuat, beriman, cerdas dan juga akan mampu tumbuh menjadi anak yang baik di kemudian hari.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait