Manfaat Daun Kelor, dari Kecantikan hingga Kanker

Mungkin anda sudah tidak merasa asing lagi dengan pribahasa yang satu ini. Dunia tidak selebar daun kelor, mungkin dengan adanya ungkapan tersebut daun kelor menjadi tidak asing lagi bagi kita, selain populer dengan ungkapannya, ternyata sejak dulu daun kelor sudah terkenal sebagai tanaman yang kaya akan nutrisi dan memiliki banyak khasiat. Bahkan masyarakat Mesir kuno telah menggunakan minyak kelor sebagai obat untuk bermacam penyakit.

Pada tahun 1999, seorang peneliti yaitu, Fuglie LJ mempublikasikan hasil penelitiannya tentang tanaman kelor yang di tuang dalam buku yang berjudul The Miracle Tree: Mo ringa Oleifera : Natural Nutrition For The Tropics. Di dalam buku tersebut, ia menyebutkan bahwa daun kelor memiliki nutrisi yang tinggi seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B, zat besi, meneral kalsium, kalium, protein, serta mengandung lebih dari 40 antioksidan yang sangat penting untuk tubuh.

Tanaman kelor yang bernama latin Moringa oleifera adalah tumbuhan yang berasal dari suku Moringaceae, yang memiliki tinggi sekitar 7 - 11 meter. Dengan bunga berwarna putih kekuning - kuningan serta mengeluarkan bau semerbak. Daun kelor dapat berbuah jika sudah tua, dan buahnya berbentuk segitiga memanjang, biasanya di sebut dengan kelentang.

Sebenarnya daun kelor mempunyai nama yang berbeda - beda di setiap daerah. Misalnya di jawa lebih di kenal dengan sebutan limaran, sedangkan di Inggris disebut dengan ben oil tree atau drumstick tree, di melayu disebut kalor, di pulau Bali disebut kelor, di Vietnam disebut chum ngay, di Thailand disebut marum sedangkan di Filipina dikenal dengan nama malunggay. Telah ada sekitar 1.300 studi, artikel dan juga laporan yang telah menjelaskan tentang manfaat daun kelor serta kemampuannya dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit dan masalah kekurangan gizi.

manfaat daun kelor

Manfaat Daun Kelor

Organisasi WHO menobatkan pohon kelor sebagai miracle tree atau di beri sebutan Apotek berjalan karena hampir setiap bagian dari tanaman kelor memiliki manfaat yang penting untuk kesehatan tubuh kita. Untuk itu organisasi kesehatan dunia WHO menganjurkan untuk mengkonsumsi daun kelor, bisa dalam bentuk sayur bisa juga dibuat teh (dengan cara di keringkan ), khususnya untuk anak - anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Karena daun kelor mengandung:
  • Potasium tiga kali lipat dari pada pisang
  • Vitamin C tujuh kali lipat dari pada buah jeruk
  • Vitamin A empat kali lipat lebih banyak dari pada wortel
  • Dua kali lipat protein dari pada susu
  • Kalsium empat kali lipat dari pada susu
  • 25 kali zat besi dari pada bayam
  • 3 kali protein dari pada yoghurt.

Peringatan: jangan mencoba untuk menggunakan akar kelor untuk di konsumsi, karena akar kelor mengandung zat yang mampu melumpuhkan dan mengakibatkan kematian. Jadi jangan coba - coba.

Bagi anda yang belum mengenal tentang apa saja manfaat daun kelor, mari kita lihat di bawah ini. Berikut ini ada 13 manfaat yang di miliki daun kelor:

1. Daun Kelor Menghilangkan Memar
Biasanya ini sering terjadi pada anak - anak yang lagi aktif, saking nggak mau diam kadang membuat mereka terjatuh hingga menyebabkan memar, untuk itu anda bisa menggunakan daun kelor sebagai pertolongan pertama untuk anak anda maupun untuk anda sendiri. Caranya, ambil daun kelor satu genggam tambahkan sedikit garam, kemudian tumbuk daun kelor dan garam sampai halus. Setelah halus baru di aplikasikan pada luka memar. Daun kelor mampu mencegah agar darah tidak membeku disaat memar.

2. Menyehatkan Mata
Kandungan vitamin A yang terdapat pada daun kelor, mampu membuat organ mata menjadi sehat. Seorang pakar herbal dari yayasan pengembangan tanaman obat karyasari yaitu Tati Winarto menjelaskan, bahwa daun kelor memiliki banyak kandungan gizi, salah satunya vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata anda. Bagi anda yang memiliki masalah pada mata seperti, mata plus, minus, silinder ataupun katarak, anda bisa memanfaatkan daun kelor untuk melindungi kesehatan mata anda. Caranya, bisa di makan secara langsung setelah di cuci bersih. Bisa juga di pakai sayur agar terasa lebih enak.

3. Kelor Melancarkan BAB
BAB tidak lancar memang sangat mengganggu, pasti membuat tidak nyaman. Kalau itu di biarkan lama - lama pasti akan menimbulkan penyakit. Tentu anda tidak mau kan itu terjadi, untuk itu konsumsilah daun kelor agar anda terhindar dari sembelit. Caranya, pertama - tama anda rendam beras secukupnya, lalu ambil daun kelor secukupnya (sudah terpisah dari tangkainya ) anda bisa menambahkan sedikit bumbu agar anda lebih gampang untuk mengkonsumsinya. Buat seperti bubur, setelah beras sudah menjadi seperti bubur baru masukkan daun kelor serta bumbunya. Rasanya sangat enak, dan juga akan membantu anda untuk melancarkan BAB. Selamat mencoba.

4. Menjaga Berat Badan
Daun kelor juga sangat baik untuk menjaga berat badan anda. Karena daun kelor mampu membuat anda merasa kenyang lebih lama. Jadi dengan mengkonsumsi daun kelor pasti akan membuat anda memiliki berat badan yang ideal dan lebih sehat tentunya. Jadi daun kelor bisa anda gunakan untuk membantu anda dalam menjalani diet. Terhindar dari kegemukan, konsumsi daun kelor ya.

5. Digunakan Untuk Kesehatan Kulit

Di dalam daun kelor terdapat lebih dari 30 zat antioksidan dan juga vutamin C, yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Daun kelor juga kaya akan meneral dan asam amino yang mampu membantu memproduksi kolagen dan juga keratin yang penting untuk kesehatan seluruh jaringan kulit di tubuh. Mungkin karena itu banyak produk kosmetika terkenal memakai minyak kelor sebagai bahan baku dari produknya. Biasanya Bagian kelor yang sering di pakai untuk kesehatan kulit yaitu, pada bagian bunga, kulit batang, dan juga biji. Para produsen produk kosmetik akan menggunakan minyak kelor sebagai bahan baku. Untuk perawatan kulit seperti, antiaging, krim anti kerut, minyak aroma terapi, facialfoam, lotian, deodoran dan krim pencerah. Untuk membuat ramuan sederhana caranya, ambil beberapa daun kelor yang masih muda, kemudian tumbuk sampai halus (bisa di campur dengan bedak), setelah halus baru di gunakan sebagai lulur.

6. Menjaga Kesehatan Ginjal
Dengan mengkonsumsi daun kelor maka akan membuat ginjal anda tetap sehat. Karena daun kelor tidak mengandung lemak, untuk itu daun kelor termasuk makanan sehat. Dengan makanan sehat otomatis akan membantu ginjal anda untuk bekerja lebih optimal. Dan itu sudah di jelaskan oleh Tati Winarto.

7. Memperlambat Efek Penuaan
Pada tahun 2014 sebuah studi menerbitkan dalam Journal of ilmu dan Teknologi pangan untuk mengetahui manfaat daun kelor untuk efek penuaan, karena mengetahui daun kelor memiliki kadar Enzim antioksidan yang cukup tinggi, hingga akhirnya penelitian menunjukkan bahwa daun kelor mampu untuk memperlambat efek penuaan. Dengan memanfaatkan antioksidan herbal alami yang akan mampu menyeimbangkan hormon secara alami, hingga akan membuat anda terlihat awet muda. Ingin terlihat awet muda, jangan ragu untuk mengkonsumsi sayur kelor.

8. Mengobati Rematik
Daun kelor ternyata juga mampu mengobati rematik dengan mengurangi rasa sakitnya. Daun kelor juga mampu mengurangi penumpukan asam urat pada sendi. Jadi daun kelor bisa anda manfaatkan untuk mengatasi rematik, pegal linu, maupun nyeri. Jadi mulai sekarang anda harus bisa mengkonsumsi daun kelor, agar anda tidak terkena rematik.

9. Menyediakan Energi
Dengan mengkonsumsi sayur kelor akan membuat tubuh anda secara otomatis merasa membaik dan lebih berenergi dari sebelumnya. Bagi anda yang kurang suka akan sayur kelor anda bisa memilih jalan lain, yaitu menggunakan daun kelor sebagai teh ( daun kelor yang di keringkan ), secangkir teh daun kelor setiap pagi akan mampu menguatkan tubuh anda agar tetap aktif sepanjang hari.

10. Melindungi Tubuh dari Bakteri
Percaya nggak sih,, kalau daun kelor mampu melindungi tubuh anda dari bakteri. Karena ekstrak daun kelor mampu menghalangi perkembangan mikroorganisme berbahaya seperti, staphylococcus aureus, pseudomonas aemenyesalnosa, enterobacter aerogenes dan juga escherichia coli di dalam tubuh. Menurut seseorang pakar herbal menjelaskan, bahwa ekstrak dau kelor mempunyai kandungan senyawa antibakteri. Dalam riset yang di terbitkan pada Bayero Journal of Pure and Applied Sciences oleh Tati Winarto.

11. Menjaga Kesehatan Jantung
Sebuah studi pada hewan Laboratorium yang di terbitkan pada edisi februari 2009 dari Journal of Medicinal Food, menemukan bahwa daun kelor mampu menjaga kesehatan jantung dengan memberi manfaat antioksidan. Dalam studi tersebut, pemberian dosis 200 miligram per kilogram berat badan setiap hari selama 30 hari, menghasilkan tingkat lebih rendah dari lipid teroksidasi dan jaringan jantung di lindungi dari kerusakan struktural. Untuk itu para peneliti menyimpulkan bahwa daun kelor dapat memberikan manfaat yang cukup baik untuk kesehatan jantung anda.

12. Anti Kanker
Ekstrak daun kelor mendukung kematian sel dini, yang mampu mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel - sel kanker. Penelitian terkemuka menunjukan bahwa daun kelor sangat berpotensi sebagai pencegahan alami untuk kanker. Manfaat anti kanker ini, telah di jelaskan dalam studi kultur jaringan sel kanker serviks manisia yang di terbitkan pada edisi juni 2011, dalam jurnal Food And Chemical Toxicology.

13. Menghilangkan Flek Wajah
Menurut artikel yang dikutip dari tribunnews.com, sudah ada beberapa negara yang menggunakan daun kelor sebagai bahan baku pembuatan kosmetik. Daun kelor memiliki kandungan nutrisi kalsium dan meneral seperti tembaga, besi, seng (zinc), magnesium, silika, serta mangan. Hingga akan mampu mengangkat sel kulit mati, untuk melembabkan serta membersihkan kulit. Sehingga akan mampu untuk menghilangkan flek pada kulit wajah anda. Caranya, gunakan sebagai bedak, dengan cara menumbuk daun kelor yang sudah di cuci bersih sampai halus. Gunakan daun kelor yang masih muda.

Tentunya anda sudah sedikit lebih tau kan tentang apa saja manfaat yang di miliki daun kelor untuk kesehatan kita. Namun seiring waktu daun kelor seperti terlupakan, mungkin karena banyaknya ragam makanan yang muncul. Padahal daun kelor jauh lebih sehat dari pada makanan - makanan enak yang hanya akan membuat anda menjadi tidak sehat. Tapi bukan berarti anda tidak boleh memakan makanan yang enak, tetapi tidak ada salahnya jika anda menggunakan daun kelor sebagai menu harian anda. Sehat itu sangat penting bukan?

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait