Kenali Gejala, Penyebab, dan Obat Rematik Alami Ampuh

Penyakit yang satu ini dapat membuat kita kaku seperti robot, Karena penyakit rematik merupakan penyakit yang menyerang persendian pada anggota gerak. Sehingga akan membuat kita merasakan nyeri serta pegal - pegal. Akan sangat menyiksa. Entah kenapa penyakit ini menjadi kian populer sekarang, bahkan penyakit ini sudah tidak mengenal umur lagi. Dari tua sampai yang muda akan dapat terkena penyakit ini. Karena penyakit ini bukan termasuk penyakit genetik, jadi siapa saja dapat terkena penyakit ini.

Penyakit rematik di sebabkan karena sistem imun atau pertahanan tubuh mengalami gangguan, sehingga malah menyerang sendi tubuh itu sendiri. Kondisi ini juga di sebut dengan gangguan Autoimun, karena ketika sendi - sendi di serang oleh sistem imun maka akan terjadilah peradangan serta kerusakan pada sendi. Sehingga kita akan merasakan nyeri, kaku, dan pembengkakan pada sendi - sendi kita. Penyakit rematik bisa di kategorikan penyakit yang kronis, karena penyakit ini bisa terjadi secara menahun.

Gejala dan Ciri Penyakit Rematik

Sakit rematik
Penyakit rematik memang selalu berhubungan dengan asam urat. Karena bisanya penyakit rematik timbul karena adanya kadar asam urat yang tidak terkontrol. Mungkin karena itu rematik dan asam urat memiliki gejala yang hampir sama. Berikut ini yang merupakan gejala atau ciri dari penyakit rematik. Penyakit rematik memiliki gejala yang berbeda - beda pada setiap orang. Namun orang - orang yang terkena penyakit rematik, umumnya mereka akan mengeluhkan hal di bawah ini:

1. Kekakuan sendi pada saat pagi hari
Biasanya anda akan merasakan kaku pada persendian pada saat pagi hari, yang mungkin akan berlangsung sekitar satu jam. Itu dikarenakan akibat cuaca di pagi hari yang masih dingin dan juga karena otot tidak banyak bergerak karena anda tertidur semalaman. Sehingga otot akan menjadi kaku, nyeri dan susah untuk digerakkan.

2. Pembengkakan dan nyeri sendi
Anda akan merasakan nyeri dan pembengkakan pada persendian. Tetapi rasa nyeri akan berbeda pada sisi kanan atau sisi kiri. Dan akan terasa ngilu dan sakit jika di sentuh (dipijat).

3. Adanya benjolan atau Nodul
Anda akan merasakan adanya benjolan kecil yang besarnya menyerupai biji kacang hijau dan akan sedikit lebih besar pada dekat persendian. Itu di akibatkan oleh adanya peradangan pada pembuluh darah kecil di bawah kulit. Jadi benjolan atau dalam istilah medis di sebut dengan Nodul akan terus terbentuk sejalan dengan penyakit lainnya.

4. Penumpukan cairan
Hal ini biasanya terjadi pada bagian lutut. Khususnya pada pergelangan kaki bagian lutut belakang. Karena di bagian itulah banyak terdapat cairan. Dan cairan itu akan semakin menumpuk pada lutut yang di sebut dengan Kista Baker. Itu yang menyebabkan anda akan merasakan pegal dan sakit, biasanya ini akan terjadi di saat anda dalam keadaan lelah (sehabis bekerja berat). Kista Baker pada rematik akan seperti tumor atau berbentuk bola kecil dan kadang berbentuk seperti kerikil.

5. Akan berpengaruh pada tubuh
Selain gejala diatas, penyakit rematik juga dapat berpengaruh pada tubuh kita misalnya, sering merasakan lelah (cepat lelah), berat badan akan menurun, flu, dan kehilangan nafsu makan.

Rematik adalah sebuah penyakit yang menahun dan sistematik, walaupun tidak terlalu berbahaya tetapi tetap saja anda harus menanganinya dengan cepat dan juga tepat. Jika tidak maka akan dapat menyebabkan kecacatan permanen di persendian, bahkan dapat menimbulkan stroke ringan. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memeriksakannya ke Dokter. Namun jika anda merasa sakit anda tidak terlalu atau baru gejala, anda dapat menggunakan obat Tradisional untuk meringankan rematik anda.

Jenis Jenis Penyakit Rematik

Sebenarnya terdapat lebih dari 100 jenis rematik, namun hanya beberapa jenis rematik yang paling umum terjadi atau yang biasanya terjadi seperti:

Rheumatoid Arthritis
Rematik jenis ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan - jaringan pada persendian. Sehingga sendi - sendi yang di serang oleh sistem kekebalan tubuh akan mengalami radang serta membuat kita merasakan sakit. Untuk gejalanya:
  • Akan ada pembengkakan pada area sekitar persendian, akibat adanya penumpukan cairan pada persendian.
  • Rasa sakit pada persendian karena adanya peradangan yang aktif.
  • Kulit di area persendian akan terasa panas serta kemerahan
  • Bagian sendi akan terasa agak kaku, mungkin di saat kita akan bangun tidur, khususnya saat pagi hari atau disaat lama tidak digerakkan.
Jika rematik jenis ini sudah parah, maka akan menyebabkan kerusakan dan perubahan bentuk yang permanen pada area persendian. Tidak hanya itu anda juga akan mengalami hal - hal lain misalnya: tubuh menjadi lebih cepat lelah, penurunan nafsu makan disertai demam, otot akan terasa nyeri. Pergerakan sendi akan mengalami gangguan, bahkan membuat persendian tidak berfungsi sama sekali.

Osteoartritis
Nah jika rematik jenis ini adalah penyakit rematik yang dapat menimbulkan rasa sakit dan juga membatasi gerak persendian hingga sampai berujung kerusakan pada tulang rawan. Dan rematik jenis ini biasanya menyerang bagian tubuh seperti, persendian leher, jari, kaki, pinggang, lutut, dan pinggul. Penyakit rematik jenis ini biasanya akan di alami oleh orang - orang yang sudah bertambah usia (usia tua). Untuk gejalanya:
  • Akan terasa semakin sakit ketika di pakai berjalan
  • Persendian akan terasa kaku, bengkak dan tidak stabil
  • Persendian akan sakit jika disentuh.
Rematik jenis ini akan mengakibatkan otot menjadi melemah, sehingga pergerakan membungkuk menjadi semakin sulit. Jika rematik jenis ini yang anda alami, Anda akan lebih sulit untuk beraktivitas sendiri misalnya, duduk, mengenakan pakaian, dan juga akan menjadi sulit ketika anda ingin menggenggam sesuatu.

Sindrom Sjogren
Untuk rematik jenis ini belum di ketahui jelas apa penyebabnya, namun yang pasti rematik jenis ini lebih banyak di derita oleh para wanita. Untuk gejalanya mungkin hampir sama dengan rematik pada umumnya. Yaitu anda akan merasakan sakit pada persendian.

Lupus
Ternyata penyakit lupus merupakan salah satu tipe dari penyakit rematik. Lupus atau dalam istilah kedokteran di sebut Lupus Eritematosus Sistemik adalah penyakit yang juga berhubungan dengan autoimun, yaitu dimana seseorang mengalami alergi terhadap dirinya sendiri. Sehingga akan membuat sistem imun menjadi sangat hiperaktif dan di gunakan untuk menyerang jaringan tubuhnya sendiri. Mungkin kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa lupus itu merupakan bagian dari penyakit rematik. Makanya jangan pernah menyepelekan penyakit rematik, Segeralah untuk menanganinya.

Ankylosing Spondylitis
Untuk jenis rematik yang satu ini, biasanya lebih sering menyerang para pria yang masih berusia muda (30 thn), rematik jenis ini berkembang secara bertahap. Untuk gejalanya:
  • Terasa nyeri pada punggung bagian bawah
  • Akan terasa sakit pada sendi dasar tulang belakang
  • Biasanya terjadi dimana tulang belakang menempel pada panggul.
Mungkin anda belum mengetahui dengan jelas apa saja yang menjadi penyebab penyakit rematik, untuk itu silakan simak di bawah ini.

Penyebab Rematik

Kekebalan tubuh
Yang menjadi penyebab utama adalah masalah autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh yang berbalik menyerang jaringan persendian. Sehingga membuat tulang rawan menjadi menipis dan membentuk tulang baru, karena pembentukan tulang baru itulah yang membuat anda merasakan linu pada sendi dan menjadi sulit untuk digerakkan.

Berada dalam lingkungan yang lembab terlalu lama
Jika anda berada dalam lingkungan yang lembab dalam kurun waktu yang agak lama dalam keseharian anda, itu akan menjadi pemicu yang cukup efektif untuk membuat anda terkena penyakit rematik. Misalnya, lingkungan pekerjaan, berada di kamar mandi terlalu lama (mandi terlalu lama), atau kehujanan dalam waktu yang lama.

Sering mandi di malam hari
Untuk anda yang hobi mandi terlalu malam, pastikan mulai sekarang anda bisa mengubah kebiasaan tersebut. Agar anda mampu terhindar dari penyakit rematik. Karena jika anda terlalu sering mandi pada malam hari, akan sangat beresiko terserang penyakit rematik. Jika memang keadaan yang membuat anda harus mandi pada malam hari, ada baiknya anda menggunakan air panas.

Jarang berolahraga
Dengan berolah raga memang memberikan manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita. Karena dengan berolah raga dapat membantu kita untuk mengeluarkan racun tubuh lewat keringat. Dan olahraga juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh akan mampu bertahan oleh serangan penyakit, termasuk penyakit rematik. Yuk kita olahraga, agar tubuh kita menjadi lebih sehat. Jangan biarkan tubuh anda terkena penyakit, karena anda jarang berolahraga.

Asupan gizi yang kurang baik
Bagaimana pun juga makanan yang kita makan sehari - hari juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Jika asupan gizi anda kurang baik, maka akan membuat anda lebih rentan terkena penyakit, Salah satunya penyakit rematik. jadi mulai sekarang anda harus lebih jeli untuk memilih sebuah makanan. Mungkin sekarang anda sudah lebih mengetahui apa saja yang menyebabkan atau yang menjadi pemicu penyakit rematik, setidaknya mulai sekarang anda dapat sedikit menghindarinya supaya anda tidak terkena penyakit rematik.

Obat Tradisional untuk Meringankan Rematik


Jahe
Sudah sejak dulu jahe di percaya mampu menghangatkan badan serta dapat meringankan mual akibat masuk angin. Ternyata hangatnya jahe juga bisa di gunakan untuk meringankan penyakit rematik. Menurut sejumlah penelitian, ekstrak jahe mengandung senyawa kimia yang dapat mengurangi zat kimia yang memicu peradangan sendi. Tidak hanya itu, jahe juga mampu merangsang tubuh untuk memproduksi asam salisilat, yaitu sebuah zat yang dapat meringankan rasa sakit serta ketidaknyamanan. Caranya, siapkan jahe sekitar 2 ibu jari. Setelah di cuci bersih potong - potong dan sedikit diremukkan. Rebus jahe dengan 1 gelas air, bisa menambahkan sedikit gula atau madu murni. Setelah mendidih, anda bisa meminumnya secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

Cengkeh
Berbagai zat aktif yang terdapat pada cengkeh mampu untuk mencegah peradangan. Kandungan Flavannoid yang bekerja dengan sifat anti inflamasinya, sehingga akan mampu mengurangi peradangan pada persendian. Rasanya yang hangat juga dapat di jadikan sebagai ekspektoran untuk mengobati berbagai kondisi gangguan saluran pernapasan. Anda bisa menggunakan cengkeh sebagai ramuan yang digunakan pada bagian luar, di daerah yang sakit.

Caranya, tumbuk cengkeh secukupnya hingga halus. Bisa di tambahkan jahe dengan takaran 1 sama. Setelah halus tambahkan sedikit air hangat. Agar bisa menempel pada kulit. Oleskan ramuan pada sendi yang sakit, lakukan secara rutin, sampai sakitnya mereda.

Akar pepaya gantung
Obat tradisional yang satu ini juga sangat efektif untuk mengatasi banyak macam penyakit. salah satunya rematik. Akar pepaya gantung memiliki beberapa kandungan yang mampu meringankan penyakit rematik anda yaitu, zat glikosida sianogenetik, karpain, papain, asam malat, kalsium maleat, kimopapain dan juga fitokinase.

Caranya, sediakan sekitar 1 genggam akar pepaya. Setelah di cuci bersih potong kecil - kecil agar lebih mudah di tumbuk atau di blender. Bisa menambahkan 3 sendok makan lengkuas yang sudah dihaluskan. Anda bisa melakukan perebusan dengan 4 gelas air sampai menjadi 3 gelas, setelah di rebus. Sebenarnya anda juga dapat mengkonsumsi akar pepaya gantung mentah (langsung di minum tanpa direbus). Minum secara rutin ya,, agar rematik anda segera menghilang.

Kulit manggis
Sudah banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa kulit manggis mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita. Karena kulit manggis memiliki kandungan antioksidan aktif yang mana dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga mampu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit serta mampu membuang radikal bebas yang menyebabkan berbagai macam penyakit. Salah satunya penyakit rematik. Kulit manggis merupakan obat tradisional yang ampuh dan tanpa efek samping serta kandungan xanthone yang membuat kulit manggis menjadi fenomenal dan populer untuk mengobati beberapa macam penyakit.

Caranya, kulit manggis di iris tipis, jemur sampai kering. Setelah kering seduh dengan menggunakan air panas. Setelah air berubah warna, itu tandanya air sudah dapat diminum. Minum ramuan tersebut secara rutin, bila perlu setiap hari, agar anda terhindar dari penyakit - penyakit berbahaya lainnya.

Kumis kucing dan meniran
Kedua tumbuhan tersebut mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit rematik dan asam urat. Karena kedua bahan ini mengandung kalium, damar, tanin, filatin, hipofilatin, flavonoid dan juga memiliki kandungan senyawa osthosiphonin glikosida yang bermanfaat untuk membuang kelebihan asam urat di dalam tubuh.

Caranya, cukup dengan menyediakan 5 lembar daun kumis kucing. Kemudian 5 ranting kecil meniran. Setelah itu rebus kedua bahan tersebut dengan 3 gelas air. Biarkan hingga mendidih sampai air tersisa setengah gelas. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari, sampai sakit rematik anda hilang.

Itulah beberapa obat tradisional yang bisa anda gunakan sebagai obat untuk menghilangkan penyakit rematik anda. Semoga saja dapat bermanfaat untuk anda, dan Selamat mencoba.

Pantangan Makanan Penyakit Rematik

Perlu anda ketahui juga, bahwa penyakit rematik memiliki pantangan terhadap beberapa jenis makanan. Agar penyakit rematik anda tidak bertambah parah. Bagi anda yang sudah terlanjur mengidap penyakit rematik, anda harus tau hal ini.

Tomat
Selama ini mungkin anda sudah mengetahui, bahwa tomat memiliki banyak vitamin yang cukup baik untuk tubuh. Tetapi di balik itu, ternyata tomat juga mengandung zat purin yang cukup tinggi, sehingga mampu menyebabkan rasa ngilu pada tulang. zat purin akan mengendap ke dalam persendian tulang yang akan memicu rasa sakit pada persendian. Untuk itu buah tomat menjadi pantangan bagi seseorang yang menderita rematik atau pun asam urat.

Daging - dagingan (daging merah)
Kadang kita tak kuasa untuk menahan diri, untuk tidak mengkonsumsi daging , seperti daging sapi, daging bebek, dan juga daging kambing. Tetapi apa daya daging merupakan salah satu pantangan bagi penyakit rematik. Karena daging juga memiliki kandungan zat purin tinggi dan juga kandungan fosfor yang cukup tinggi juga. Sebenarnya fosfor baik untuk kesehatan tulang, tetapi fosfor yang berlebih akan tidak baik bagi penderita rematik. Karena penyakit rematik menyerang persendian, jadi semakin banyak fosfor yang masuk kedalam tubuh penderita rematik,maka akan semakin banyak juga kalsium yang hilang. Karena itu penyakit rematik anda akan bertambah parah , jika anda terlalu banyak mengkonsumsi daging. Hingga akan menyebabkan seseorang penderita rematik mengalami pengeroposan tulang (osteoporosis).

Kafein
Kafein juga menjadi pantangan bagi penderita rematik. Bagi anda yang mempunyai penyakit rematik, mulailah untuk mengurangi mengkonsumsi minuman yang berkafein seperti kopi murni atau kopi hitam dan teh. Karena kafein dapat menghilangkan berbagai macam nutrisi penting yang di butuhkan oleh penderita rematik. Dengan mengkonsumsi kopi atau teh secara berlebih maka akan membuat penderita rematik semakin kehilangan nutrisinya. Sehingga membuat rematik akan muncul serta kambuh kembali.

Kacang - kacangan
Kacang - kacangan memiliki kandungan zat urin yang cukup tinggi, sebab itu kacang - kacangan juga termasuk pantangan bagi penderita rematik. Jadi disaat anda terkena penyakit rematik, anda harus bisa untuk tidak mengkonsumsi berbagai jenis kacang - kacangan. Agar penyakit rematik anda tidak menjadi semakin parah.

Jeroan
Tidak hanya rematik, jeroan juga mampu membuat anda obesitas dan kolesterol. Karena jeroan mempunyai banyak sekali zat - zat yang berbahaya untuk tubuh. Seperti di luar negeri jeroan tidak di konsumsi, karena jeroan tidak di anggap memiliki nutrisi yang dibutuhkan tubuh, untuk itu orang - orang disana menjadikan jeroan sebagai makanan hewan peliharaan saja. Ada bayak sekali zat - zat berbahaya pada jeroan di antaranya zat puri tinggi yang dapat membuat rematik anda menjadi semakin parah. Untuk itu anda harus berhenti mengkonsumsi jeroan, jika anda terkena penyakit rematik.

Makanan instan
Makanan yang berbentuk instan memang dapat memudahkan anda, karena tidak membutuhkan waktu lama dan juga tidak sulit untuk mengolahnya. Namun perlu anda ingat akan ada bahan pengawet pada makanan instan untuk membantu makanan tersebut bertahan lama. Selain itu di dalam makanan instan juga terdapat zat purin yang cukup tinggi. Bahan pengawet dan juga zat purin akan cukup memicu untuk memperparah penyakit rematik anda.

Alkohol
Minuman yang beralkohol juga menjadi pantangn bagi anda penderita rematik. Kandungan Kadar gula yang cukup tinggi juga membuat anda terkena diabetes. Kandungan zat purinnya juga bisa menyebabkan radang sendi pada anda yang menderita penyakit rematik.

Seafood
Seafood juga menjadi pantangan untuk penyakit rematik. Untuk itu anda harus bisa mengurangi untuk mengkonsumsi seafood. Jenis seafood yang harus anda kurangi adalah berbagai jenis kepiting, ikan, dan juga udang. Karena kepiting , ikan, dan juga udang mampu menjadi pemicu untuk memperparah penyakit rematik anda.

Santan
Santan mengandung zat rin tinggi, zat kolesterol dan juga kandungan purin yang cukup tinggi, untuk itu santan juga menjadi pantangan untuk penyakit rematik dan juga asam urat.

Ragi
Selama anda menderita rematik, anda harus bisa menghindari makanan yang mengandung ragi, seperti, tape ketan, tape singkong, payem dan lain sebagainya. Karena ragi juga mengandung zat purin.

Sayuran
Ternyata bayam, jamur, kembang kol, kangkung, dan juga sawi, mengandung zat purin. Untuk itu anda harus bisa membatasinya agar penyakit rematik anda tidak menjadi semakin parah.

Minuman berpengawet
Minuman yang berpengawet mengandung pemanis buatan seperti fruktosa yang dapat kita lihat pada komposisi beberapa minuman kaleng atau botol. Jadi anda harus bisa menghindari itu, dengan memperbanyak minum air putih. Agar lebih sehat dan akan membuat penyakit rematik menjadi hilang.

Itulah beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan penyakit rematik. Namun bukan berarti anda tidak boleh mengkonsumsi makanan tersebut, hanya jangan terlalu berlebihan. Pada dasarnya apapun yang berlebihan sudah pasti tidak baik, walaupun makanan yang sehat sekalipun. Untuk itu anda harus bisa menyeimbangkan makanan yang anda konsumsi. Yaitu dengan kombinasi yang tepat. Agar anda tetap sehat.

Perlu anda sadari, bukan hanya makanan yang bisa menjadi pantangan atau menjadi pemicu untuk penyakit rematik, tetapi penyakit rematik juga dapat di picu oleh aktivitas anda sendiri misalnya:
  • Mandi terlalu malam
  • Merokok terlalu sering (terlalu banyak)
  • Mengkonsumsi alkohol terlalu sering
  • Mengangkat beban berat setiap hari
  • Menambah berat badan (ngemil atau sering makan terlalu malam membuat anda semakin gemuk )
  • Terlalu banyak duduk
  • Melipat jari tangan
  • Berdiri dan berjalan terlalu lama
  • Terlalu sering bergadang
Itulah berbagai macam informasi seputar penyakit rematik. Semoga saja dapat bermanfaat untuk anda yang membaca.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait