Intip Keunikan Wisata Batu Meringkik

Di Indonesia, ternyata ada satu cagar budaya yang jarang kita dengar namanya. Inilah batu meringgik, sebuah situs sejarah yang terletak di kecamatan kota Pare pare, provinsi Sulawesi Selatan.Sebuah batu besar ini menyerupai kuda meringkik. Konon batu ini dianggap keramat bagi penduduk sekitar, bahkan batu ini dipakai sebagai simbol dan penamaan wilayah Bajukiki. 

Nama Bacukiki berasal dari kosa kata Bugis, yakni "bacukiki" yang berarti batu meringkik. Saat ini, kelurahan Watang, Bajukiki menjadi tempat objek wisata alam karena daerah ini telah ditetapkan sebagai desa wisata oleh pemerintah kota Parepare.

Dinas pariwisata kota Parepare beberapa waktu lalu menggelar acara festival Malipa di dekat lokasi cagar budaya Batu Meringkik ini.

Beragam seni dan budaya ditampilkan. Uniknya semua peserta maupun pengunjung diwajibkan memakai sarung saat memasuki lokasi wisata ini. Malipa dalam kosa kata Bugis berarti "pakai sarung".

Kuda di sini pun bisa ditunggangi oleh para pengunjung. Bukan hanya itu, koleksi batu mulia khas Bajukiki seperti batu corak alaban dan batu sarang tawon juga dipamerkan di ajang festival tersebut.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait