Ini Bahayanya Akibat Buruk Tidur Terlalu Lama

Hal apapun di dunia ini, bila Berlebihan pasti hasilnya tidak akan baik. sekalipun itu adalah hal yang baik. Seperti masalah Tidur misalnya. Tidur adalah aktivitas alamiah yang di alami setiap individu, tidak hanya sebagai kebutuhan tetapi juga merupakan suatu kebiasaan dan telah menjadi pola hidup bagi semua orang. Bila sehabis beraktuvitas seharian kemudian kelelahan, wajar kalau kita ingin tidur. Karena dengan tidur tubuh kita bisa beristirahat, agar metabolisme dalam tubuh kembali normal. Tapi kalau tidur sudah menjadi Hobi, itulah yang menjadi masalah.

Taukah anda kelebihan tidur atau kekurangan tidur sama- sama berdampak tidak baik untuk tubuh kita. Jadi cobalah untuk tidur secara normal, kebutuhan tidur seseorang adalah sekitar 7 jam sehari. Namun bila lebih dari itu siap- siaplah untuk menerima akibatnya. Berikut ini adalah beberapa akibat jika anda tidur secara berlebihan:

SAKIT KEPALA

tidur lama
Sakit kepala akan menjadi gejala awal bagi anda yang tidur secara berlebihan, itu dikarenakan dampak negatif pada neurotransnitter di otak, sehingga menyebabkan sakit kepala atau migrain setelah anda bangun tidur. Lebih tepatnya sakit kepala anda akan mulai timbul jika anda tidur lebih dari 9 jam.

OBESITAS

Entah anda percaya atau tidak, justru ketika anda tidur terlalu berlebih akan membuat anda merasa lebih lelah. Itu disebabkan karena semakin lama tidur suhu tubuh menjadi semakin rendah, hingga akhirnya anda akan merasa lesu, dan kelelahan saat bangun tidur. Itu menjadi pemicu terjadinya Obesitas, karena tubuh kita membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pulih dari tidur untuk mulai membakar kalori secara normal. Jadi cobalah untuk tidak terlalu banyak tidur, agar terhindar dari Obesitas alias kegemukan.

DEPRESI

Setelah bangun dari tidur panjang, sudah pasti anda akan merasa lesu hingga butuh waktu lebih lama untuk mengembalikan mood positif anda. Itu terjadi karena semakin anda tidur lebih lama membuat aktivitas fisik menjadi berkurang, sehingga terjadi penurunan jumlah hormon endorfin untuk meningkatkan mood anda. Jadi secara tidak langsung itu akan membuat anda sedikit sensi hingga berujung pada depresi.

DIABETES

Saat Dokter melakukan penelitian, ternyata orang- orang yang menderita Diabetes memiliki kebiasaan tidur secara berlebihan. Ketika anda tidur terlalu lama akan membuat anda tidak aktif secara fisik, itu yang membuat anda mengalami peningkatan berat badan hingga mengalami kegemukan dan kegemukan terbukti menjadi faktor penyebab terserang Diabetes bahkan sampai 90 persen. Jadi kesimpulannya, tidurlah secara normal, pastikan anda punya waktu untuk berolahraga, biar sehat.

BAHAYA BAGI JANTUNG

Tidur lebih dari 7 jam berpotensi 2 kali lebih mungkin mengalami penyakit jantung, hal ini di sebabkan karena kebanyakan tidur. Tidur secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya kekurangan pasokan oksigen, hingga aliran darah menuju jantung jadi terganggu atau lebih di kenal dengan istilah Angina pektoris. Jangan terlalu banyak tidur ya..

MEMPENGARUHI KESUBURAN

Lebih tepatnya ini di tunjukkan khususnya pada para wanita, tahukah anda, jika anda tidur terlalu lama akan mempengaruhi kesuburan anda. Wanita yang kurang tidur atau tidur berlebihan akan mempengaruhi siklus menstruasi, pengeluaran hormon, dan ritme sikardion yang berisiko mempengaruhi kesuburan pada sel telur.

MENJADI PEMICU SAKIT PINGGANG

Memang benar kalau sakit pinggang di sebabkan oleh banyak hal, tapi tahukah anda tidur terlalu lama juga menjadi salah satu penyebab terjadinya sakit pinggang. Karena pada saat anda tidur tubuh akan bertumpu pada bagian punggung sehingga, struktur dari tempat tidur sangat mempengaruhi kenyamanan tubuh. Tidur terlalu lama juga membuat kita kurang bergerak, hingga membuat punggung akan terasa sakit.

MENURUNKAN DAYA INGAT

Pada orang yang kebanyakan tidur, mengakibatkan terjadinya penuaan pada otak lebih cepat. Hingga menjadi lambat berpikir dan mengakibatkan menurunnya daya ingat. Bukankah metode mengasah otak yang paling baik adalah berpikir. Jadi gimana bisa berpikir, kalau kebanyakan tidur.

STROKE

Bahkan karena kebanyakan tidur, juga membuat kita terkena Stroke dan juga Hipertensi. Itu artinya dengan banyak tidur justru akan membuat anda jauh dari sehat, belum lagi wajah akan terlihat bengkak, terutama di bagian mata dan pipi. kalau nggak percaya coba saja anda. Perhatikan, ketika anda baru bangun dari tidur yang teramat panjang, anda akan mendapati wajah yang sembab dan muka seperti bantal. Akan membuat anda tidak kelihatan menarik. Tidak cantik tidak juga sehat, jadi buat apa coba tidur lama- lama.

MENURUNNYA KEINGINAN UNTUK BERSOSIALISASI


Bila sebagian waktu anda di gunakan untuk tidur, kapan anda bersosialisasinya? Semakin anda banyak tidur akan mengurangi waktu anda untuk bersosialisasi dengan lingkungan, itu yang akan membuat menurunnya keinginan anda untuk bersosialisasi. Secara tidak langsung, tidur yang berlebihan selalu berdampak tidak baik untuk kita.

Sedikit mengerikan bukan? Akibat tidur yang terlalu berlebihan. Tapi memang itulah kenyataannya, bahkan penelitian mengungkapkan orang yang tidur melebihi batas normal beresiko mati muda. Betapa banyak kerugian yang disebabkan dari hobi tidur yang terlalu lama. Jadi ada baiknya anda membiasakan diri untuk tidur dalam tahap normal. Masih banyak aktivitas yang bisa anda lakukan selain tidur berlama-lama.

Cobalah untuk mencari kegiatan yang positif yang akan membantu anda mengurangi hobi tidur. Dengan liburan juga bisa menjadi solusi bagi anda yang punya hobi tidur. Mengunjungi tempat-tempat indah dan seru pasti membuat anda menyadari bahwa dunia ini terlalu indah kalau hanya ditinggal tidur.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait