Cara Mudah Mengatasi Anak Nakal, Super Duper Bandel

Memang benar bahwa dalam mendidik anak nakal menjadi baik memang tidak mudah, semuanya harus di lakukan dengan usaha, kerja keras dan perjuangan. Bagi para keluarga, di anugrahi seorang anak memang sangat membahagiakan, namun kadang rasa kesalpun dapat kita rasakan. apa lagi di saat anak mulai tumbuh dan mulai menunjukan kenakalannya, mulai susah di atur. Kadang nggak mau mandi, tidak mau pakek baju atau menjadi terlalu kreatif, kreatifnya sih bagus tapi kalau terlalu bikin ribet juga. Namun itulah anak, memang benar adanya kalau memiliki anak membuat kita merasakan sejuta rasa kadang bahagia, kadang kesal, capek, tapi terasa menyenangkan. tak bisa kita pungkiri bahwa mereka membuat hidup kita semakin berwarna.

Perlu para orang tua mengetahui, ternyata sejumlah penelitian menunjukkan anak- anak yang santun lebih populer dan berprestasi di sekolah. Jadi mengajarkan sikap sopan santun bisa menjadi awal untuk mengatasi kenakalan anak, tetapi sikap sopan santun tidak bisa terbentuk dalam satu hari, pembentukanya membutuhkan proses dan keterlibatan banyak pihak seperti keluarga, sekolah maupun lingkungan sekitar. Para bunda dapat mencari momen- momen sederhana dalam keseharian untuk memperkuat nilai kesopanan dan betapa pentingnya prilaku yang baik dan itu perlu tekad kuat untuk bisa melakukannya.

Harus kita sadari kalau sebagai orang tua kita merupakan contoh pertama dan paling utama dalam menerapkan sopan dan santun, seorang anak pasti cenderung menirukan perilaku orang tuanya. Secara tidak langsung anak akan terbiasa dengan apa yang kita ucapkan dan yang kita lakukan baik buruknya tindakan kita atau kasar tidaknya perkataan kita dapat mempengaruhi perilaku mereka. Jadi kita sebagai orang tua harus bisa menjadi contoh yang baik buat mereka, serta tunjukkan pada mereka apa manfaat jika mereka dapat berlaku sopan dan santun. misalnya, akan punya banyak teman, rasa hormat dari guru, disayang keluarga, buat mereka memahami hal itu. Ketika anak berlaku kurang sopan, cobalah untuk tidak langsung memarahinya. tapi kita harus bisa mengenali apa penyebabnya.

Sikap buruk seorang anak bisa saja terjadi karena tidak adanya prioritas bersikap sopan saat di rumah, meniru teman, anak sedang mengalami stress atau kelelahan, pengaruh buruk acara TV dan tidak di ajari keterampilan etikat dengan baik. Dengan mengetahui apa penyebabnya dengan melakukan pendekatan akan mempermudah untuk kita memperbaiki sikap buruknya. Berikut ini ada beberapa cara untuk membantu anda para orang tua, untuk mengatasi kenakalan anak kita.

Bangun Komunikasi dengan Anak

anak nakal
Pastikan komunikasi dan kedekatan pada anak tetap terjaga, walaupun anak sudah mulai sekolah dan mempunyai banyak teman. Sesibuk apapun anda usahakan untuk berkomunikasi, karena dengan begitu anak akan terbiasa menceritakan apapun yang ia alami dengan menjadi teman curhatnya kita mampu mengetahui bagaimana sikapnya selama ini.

Terlibat Dalam Proses Pembelajaran

Mendampingi anak dalam proses belajar tentu dapat mendukung prestasinya di sekolah, dan itu sangat penting anda lakukan. seperti memeriksakan apa saja yang telah di pelajari sampai melihat apa saja jadwal si anak di sekolah selain membantu anak dalam pelajaran bantu juga dalam mengembangkan bakat dan minatnya. Karena setiap anak mempunyai bakat, minat, dan cara yang berbeda dalam mempelajari suatu hal. Jadi sejak dini kita akan tau bakatnya itu berdampak positif nggak? Kalau tidak kita bisa segera mengarahkannya ke yang lebih baik. Jadi semakin dini kita mengetahui akan semakin baik.

Stop Kekerasan

Mendidik anak yang nakal, bandel dan susah di atur memanglah tidak mudah, bahkan untuk mengembalikannya menjadi anak penurut memang membutuhkan usaha yang sangat keras dan caranya harus tepat, meskipun terasa sulit janganlah sampai membuat kita mencari jalan pintas untuk mengatasi kebandelan anak. Hal tersebut tidak akan membuat anak jera, tetapi malah membuat kenakalan mereka menjadi lebih semena- mena. Jadi pakailah cara yang halus dan lembut untuk merubahnya menjadi lebih baik. Jika anak sudah terbiasa dengan kata- kata yang lembut dengan sendirinya mereka akan merasa aneh ketika mendengar kata- kata yang bernada keras.

Jangan Terlalu Memanjakan Anak

Dengan memanjakan anak sejak dini akan tidak baik untuk perkembangan si anak itu sendiri, dengan memanjakannya akan membuat mereka terbiasa dengan jalan yang mudah untuk mendapatkan apa yang mereka mau. Sehingga bila suatu saat nanti mereka tidak mendapat apa yang mereka mau akan membuat mereka menjadi pembakang kepada orang tuanya. Perlakukanlah mereka dengan baik dan sewajarnya.

Memberi Contoh Yang Baik Pada Anak

Bila anda menginginkan anak untuk bersikap baik, jangan pernah lupa untuk selalu memberikan contoh yang baik jika berada di sekitar anak, karena anak yang masih dalam masa pertumbuhan akan sangat mudah menyerap apa yang orang lain lakukan. Di sinilah peranan kita untuk selalu memberi contoh yang baik buat mereka misalnya, mengatakan permisi jika melewati orang yang lebih tua, biasakan mengucapkan terimakasih saat menerima bantuan serta biasakan mengucap kata tolong di saat membutuhkan pertolongan. Dengan sendirinya anak akan meniru apa yang kita lakukan dan yang kita ucapkan.

Buat Aturan Dengan Sanksi Dan Reward Yang Jelas

Buatlah aturan yang tegas dengan sanksi serta reward yang jelas, terapkan hal itu di rumah. Jika mereka melakukan kesalahan beri sanksi yang akan membuat mereka menjauhi perbuatan tersebut sanksi yang diberikan jangan asal, tapi yang positif saja. Kemudian ajari mereka untuk meminta maaf atas kenakalan yang mereka perbuat buatlah janji agar mereka tidak mengulangi kesalahan lagi. Sedangkan untuk reward [hadiah], bisa difungsikan sebagai pemberi semangat kepada anak karena sudah bersikap baik berikanlah mereka pujian pada setiap kebaikan yang mereka lakukan, sambil berkata ini baru anak papa dan mama.

Membekalinya Dengan Agama

Itulah sebabnya ilmu agama menjadi sangat penting untuk kita ajarkan kepada anak- kita. Kenalkan agama pada mereka sedini mungkin agar akhlaknya bagus, apapun agama yang anda peluk pasti mengajarkan akan kebaikan. Dengan mengenalkan mereka tentang agama sejak dini di harapkan anak akan mampu memiliki perilaku dan budi pekerti yang baik nantinya. Beri mereka pengertian tentang hukum Karma, yaitu jika kau melakukan kebaikan hal yang baik juga akan kau terima, namun apa bila kau melakukan keburukan sesuatu yang buruk juga akan menimpa padamu. Dengan begitu senantiasa anak akan selalu melakukan hal yang baik, karena merasa takut akan keburukan.

Hanya itu yang dapat saya sampaikan. Dengan 7 tips di atas semoga saja bisa membantu anda para orang tua agar bisa mendidik anak menjadi anak yang baik, dan tentunya menjadi yang seperti kita harapkan selama ini.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait