Cara Hilangkan Tag Kulit alias Kutilan dengan Mudah

Tag kulit atau kutil adalah kelebihan jaringan kecil yang menempel pada bagian - bagian leher, ketiak, kelopak mata, lipatan di pangkal paha, atau di bawah payudara. Meskipun kelihatannya agak aneh dan tidak enak dipandang, tetapi penyakit yang satu ini tidak menyakitkan dan juga tidak mempengaruhi kesehatan anda. Tetapi kadang kala tag atau kutil dapat mengganggu penampilan kita, apa lagi jika tag atau kutil berada di sekitar wajah atau bagian leher. Jadi wajar jika anda mempunyai keinginan untuk menghapusnya.

Berikut ini ada beberapa cara untuk menghilangkannya, baik dengan bantuan dokter atau bisa anda lakukan di rumah.

tag kulit
Mintalah Bantuan Dokter
Minta dokter anda untuk membuang tag kulit menggunakan skapel [pisau bedah] atau dengan menggunakan gunting. Seringkali dokter akan membuang tag kulit dengan mengerat bagian pangkal kulit menggunakan skapel, setelah membuat bagian tersebut mati rasa dengan anestesi lokal. Bila di lakukan dengan benar, metode ini tidak akan menyakitkan.

Minta Dokter Anda Membuang Tag Kulit dengan Menyelarnya
Merawat tag kulit dengan menggunakan elektrolisis [penyelaran] seringkali menjadi pilihan, karena metode ini sangat baik untuk memastikan agar tag - tag kulit ini tidak akan kambuh lagi. Elektrolisis juga tidak berisiko meninggalkan bekas, dan ini berarti anda dapat menggunakan metode ini sebagai pilihan untuk bagian yang lebih rentan seperti muka, leher, dan di bawah payudara.

Jangan Biarkan Tag Kulit Menjadi Teriritasi
Tag kulit biasanya tidak menyakitkan dan juga tidak mengganggu kesehatan. Namun, kadang ia bisa teriritasi, bahkan dapat berdarah jika tergores sesuatu, seperti perhiasan, atau pakaian. Jika itu terjadi maka biasanya akan dapat membuat pertumbuhannya terangsang menjadi bertambah besar.

Oleskan Krim Pada Tag Kulit
Sudah ada beberapa krim yang sudah mengiklankan kemampuannya, untuk menghapus tag kulit sepenuhnya. Walaupun sering kali tidak ada catatan medis mengenai subjek ini dan ia tidak direkomendasikan secara medis tetapi, sudah ada beberapa individu yang mengklaim bahwa krim - krim tersebut cukup efektif untuk menghilangkan tag pada kulit. Contohnya, memakai senyawa Gel W, secara tradisional, itu adalah krim penghapus kutil namun juga dapat digunakan untuk mengobati tag kulit.

Rawat Tag Kulit dengan Menggunakan Benang
Dengan mengikat tag kulit menggunakan benang atau juga disebut dengan teknik ligasi dapat menghilangkan tag kulit anda. Karena dengan mengikatnya dengan benang mampu membatasi aliran darah ke daerah tersebut untuk sementara waktu. Caranya, ambil sehelai benang gigi dan ikat di sekeliling tag kulit lalu tarik, sedikit demi sedikit setiap hari. Sehingga anda akan melihat perubahan pada warna tag kulit, setelah beberapa hari ia akan mengering sepenuhnya dan gugur. Sebelum anda melakukannya, anda harus pastikan dulu kalau itu memang tag kulit, bukan penyakit yang lain.

Menghilangkan Tag Kulit dengan Alkohol
Metode ini mungkin kedengarannya agak menyakitkan, tapi sebenarnya tidaklah seburuk yang disangka. Anda seharusnya bisa melihat ada sedikit kulit yang cerah di bagian atas tag kulit. Anda bisa melihatnya di dalam cahaya. Potong kelebihan kulit itu menggunakan gunting kuku yang sudah steril. Biasanya tidak akan terlalu sakit, karena tidak ada urat saraf dalam bagian ini. Mungkin akan keluar darah namun anda tidak usah khawatir, anda hanya cukup mengambilkan sedikit alkohol lalu oleskan pada bagian tersebut.

Mungkin anda akan merasakan sedikit perih setelah mengoleskan alkohol. Biarkan hingga mengering, tunggu satu sampai dua hari sambil digoyang - goyangkan, mungkin akan terasa agak sakit, untuk itu anda bisa menggunakan es batu untuk membuatnya kebas. Dengan begitu anda dapat mengurangi rasa sakit. Setelah terasa kebas baru ditarik sampai putus. Efeknya, kulit akan terlihat memerah untuk beberapa hari, untuk itu anda perlu mengoleskan sedikit obat penyembuh aloe vera dan bekas tag akan memudar dalam waktu sekitar satu minggu.

Lepaskan Tag Kulit dengan Cara Membekukannya
Seperti kutil, tag kulit juga dapat dihapus dengan menggunakan nitrogen cair. Dengan cara membekukannya, dan itu bisa anda dapatkan di toko terdekat. Caranya, hanya dengan menyemburkan netrogen cair pada tag kulit, sehingga tag kulit dapat terlepas dalam waktu beberapa hari hingga beberapa minggu.

Gunakan Cuka Sari Apel
Oleskan sedikit cuka sari apel pada bola kapas dan tekankan bola kapas pada bagian tepi tag kulit 3 kali sehari. Lakukan secara rutin selama beberapa minggu atau sampai tag kulit gugur. Setelah beberapa hari, anda akan dapat melihat tag kulit tersebut berubah warna, menjadi semakin gelap. Itu menandakan bahwa tag akan segera gugur.

Tutup Tag Kulit dengan Pita Perekat (Lakban)
Tutupi tag kulit sepenuhnya dengan sedikit pita perekat dan biarkan di situ sampai pita perekat mulai tanggal. Ketika ia mulai tanggal, baru periksa apakah tag kulit juga telah lunglai atau telah gugur. Jika belum, tutup kembali dengan pita perekat yang baru. Lakukan secara berulang - ulang sampai tag kulit menjadi gugur.

Gunakan Vitamin E dan Plester Luka
Patahkan kapsul yang mengandung vitamin E dan oleskan cairan tersebut pada tag kulit. Lalu tutup tag kulit dengan plester luka. Lalu gunakan plester untuk memotong pasokan darah ke tag kulit, sementara vitamin E dapat membantu menyembuhkan kulit ketika tag kulit gugur. Biarkan plaster untuk beberapa hari, jika tag kulit masih belum gugur, anda dapat mengoleskan vitamin E dan lekatkan plester yang baru. Tunggu sampai beberapa hari sampai tag kulit benar - benar gugur.

Lawan Tag Kulit dengan Minyak Pohon Teh
Cuci area tag kulit dengan sabun dan air, setelah itu lap sampai kering. Gosokkan 1 sampai 3 tetes minyak pohon teh pada tag kulit menggunakan cotton bud. Ulangi proses ini tiga kali sehari sampai tag kulit menjadi semakin gelap dan akhirnya gugur. Jika minyak pohon teh dapat membuat kulit anda iritasi, anda bisa mencairkannya dengan mencampurkan sedikit air, cukup 1 banding 1. Kemudian gosokkan beberapa kali sehari, seperti yang diperlukan. Dengan meletakkan plester di atas tag kulit setelah diolesi minyak pohon teh akan membantu minyak untuk bekerja dengan lebih cepat sehingga tag kulit jadi lebih cepat lepas.

Hilangkan Tag dengan Kutek (Cat Kuku) Bening
Metode ini sering digunakan untuk menghilangkan tag kulit. Hanya dengan memulasnya dipercaya mampu mengeringkan tonjolan itu, sehingga nantinya akan bisa terlepas. Caranya, hanya dengan memulaskan cat kuku bening pada seluruh skin tag dan biarkan sampai mengering. Ulangi  dua sampai tiga kali dalam sehari, hingga tonjolan menjadi mengecil dan kemudian terlepas. Anda bisa mempercepat proses ini dengan sedikit menggoyang - goyang tag kulit.

Gunakan jus lemon untuk menghilangkan tag kulit
Asam sitrun yang di kandung oleh jus lemon, bisa mengecilkan dan mengeringkan kulit. Dan konon mampu menghilangkan tag kulit. Caranya, peras jus lemon dalam wadah lalu celupkan penyeka kapas dalam jus itu, kemudian anda oleskan  ke seluruh tag kulit, Bisa juga anda langsung menggosok seiris lemon pada tag kulit anda. Oleskan jus lemon setiap hari hingga tag kulit mengering dan akhirnya terlepas. Catatan, hati - hati dalam menggunakannya. Jangan sampai terkena kulit di sekitarnya.

Yang manakah cara pengobatan pilihan anda??
Anda bisa memilih salah satu cara di atas untuk menghilangkan tag kulit anda. Tetapi sebelum anda melakukan salah satu pengobatan di atas, anda harus pastikan kalau itu benar - benar tag kulit bukan penyakit yang lain. Hanya saran, jika tag kulit tidak mengganggu anda atau letak tag kulit tidak pada tempat dapat terlihat, dan cuma ada satu ada baiknya anda membiarkannya saja, dari pada anda mengambil resiko mengalami komplikasi dalam usaha menghapusnya.

Anda bisa melakukannya jika memang benar - benar diperlukan. Karena meskipun ada banyak cara untuk menghilangkan tag kulit, tetapi ada resiko yang kadang anda alami contohnya, anda akan mendapatkan bekas luka, atau perubahan warna kulit. Jika anda memutuskan untuk menghilangkan tag pada kulit anda, maka anda harus pastikan bisa menanganinya dengan tepat.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait