Begini Kecanggihan Teknologi Robot di Bidang Kedokteran Gigi

Peralatan medis yang dibantu komputer semakin memudahkan para dokter dan pasiennya. Misalnya proses pemasangan crown gigi, yakni sebuah proses yang umum dilakukan tapi cukup rumit sehingga perlu beberapa kali kunjungan ke dokter. Saat crown permanen dibuat, pasien juga harus memakai crown sementara pada gigi yang rusak tersebut. 

Sejak pertengahan tahun 1980an, prosedur ini secara bertahap diambil oleh mesin robotik. Prosedurnya menjadi sekitar 2 jam saja. Pasien pun tak perlu lama menjalani prosesnya. Pasien cukup duduk di kursi selama 12 menit dan selebihnya proses dikerjakan di luar mulut pasien.

teknologi gigi
Dokter gigi Michael Silves dan asistennya tengah bersiap memasang crown baru di gigi pasiennya. Proses pengeboran memakan waktu sekitar lima menit. Dia tidak membuat cetakan pada gigi yang rusak. Sebagai gantinya, dokter Michael memakai kamera video untuk memindai gigi dan area sekitarnya. 

Di bagian ini, komputer mengambil alih untuk mendesain crown baru dan membuat instruksi untuk robot mesin penghalus. Kubus porselen sebesar gigi dimasukkan diantara dua alat bor, serupa dengan alat bor dokter gigi untuk mengasah porselen. Kemudian mengubah kubus itu menjadi crown gigi yang sesuai dan sempurna. 

Untuk mengeraskan crown, harus dipanggang dengan temperatur tinggi selama 10 menit. Sepanjang proses tersebut, crown juga dicat agar warnanya sesuai dengan gigi - gigi di sampingnya, hingga siap untuk dipasang di mulut pasien. Para pasien senang dengan hasilnya.


Menurut dokter Michael, bahkan teknologi canggih ini pun suatu bisa menjadi usang. Menurut penuturannya, hal berikutnya yang akan dia lakukan adalah rekayasa genetika dan juga kloning, sehingga kita dapat membuat crown dari enamel pasien seperti gigi - gigi lainnya. Namun,  untuk saat ini pasiennya merasa senang karena dapat memasang crown baru hanya dalam sekali kunjungan saja.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait