Agar Tidak Stres, Ini Cara Terbaik Manfaatkan Waktu Akhir Pekan

Di zaman yang serba modern seperti sekarang, tentunya ada banyak hal positif yang bisa kita lakukan. Sudah ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk merasa bahagia. Khususnya di akhir pekan,, mungkin di hari biasa anda terlalu sibuk pada kegiatan yang anda miliki, entah itu pekerjaan, atau kesibukan yang lain. Memang tidak dapat di pungkiri itu semua kadang membuat kita merasa penat, hingga berujung pada stres. Jika stres semakin lama dibiarkan maka akan mengakibatkan depresi. Karena depresi itulah kadang akan membuat seseorang bertindak yang aneh - aneh, sangat memprihatinkan.

Seperti yang banyak terjadi akhir-akhir ini, kita banyak mendengar tentang berita kematian mendadak seperti bunuh diri. Berita seperti ini kadang membuat hati kita seringkali bertanya "Apakah yang mendorong korban melakukannya?" Atau "Apakah masalah yang menghantui pikiran korban sehingga dia bersedia untuk mengambil nyawanya sendiri?".

stress malam minggu
Meskipun kita tidak mungkin tahu cerita sebenarnya di balik mengapa korban mengambil keputusan seperti itu, namun pada umumnya, banyak orang yang bisa menebak bahwa ia melakukan hal itu karena penyakit depresi yang ia derita atau lebih dikenal dengan istilah " Major depression''

Apakah itu penyakit depresi?
Penyakit depresi merupakan penyakit yang melibatkan perasaan sedih atau murung. Namun berbeda dari perasaan sedih biasa karena bagi mereka yang mengalaminya, perasaan sedih atau murung ini berkepanjangan. Pada saat yang sama, mereka juga seringkali memiliki perasaan terlalu rendah diri dan sering merasa dirinya bersalah dan berdosa dalam setiap hal yang terjadi dalam kehidupan mereka. Perasaan murung ini hadir dalam diri mereka pada setiap waktu sepanjang hari dan dapat berlangsung sampai berminggu-minggu. Ini berbeda dengan perasaan sedih biasa yang kita alami ketika sesuatu musibah terjadi yang akan hilang dalam waktu singkat setelah musibah itu berlalu. 

Apa kaitan depresi dengan dunia hiburan?
Seperti Selebriti misalnya, bukankah mereka punya segalanya, nama besar, penampilan yang memukau, kemasyuran, uang, tetapi mengapa, terkadang mereka juga dapat merasakan depresi? itu yang kadang membuat kita agak penasaran sebenarnya. Setelah dipikir - pikir mungkin pada dasarnya mereka juga sama seperti kita manusia biasa, yang tidak dapat lari dari masalah, sehingga dapat menyebabkan depresi dahsyat.

Walau topik depression agak sensitif tetapi beberapa selebriti ini mau berbagi cerita tentang bagaimana mereka berhasil melawan sakit gangguan mental yang dialami. Baca cerita mereka di bawah ini, yang mungkin akan mampu membantu anda untuk mendapatkan sebuah inspirasi.

Bae Suzy
Di mata fans, dia miliki "kehidupan yang cukup sempurna" - kecantikan, kemasyuran, uang dan cinta (kekasih kepada Lee Minho). Tapi siapa sangka aktor ini sebenarnya mengalami depresi. "Saya memiliki depresi dan saya tidak memberitahu siapapun pada saat itu. Saya juga merasakan saya langsung tidak dapat bertahan. Bayangkan saya sedang chatting dengan teman, tertawa dengan setiap lelucon yang dilakukan dan secara tiba-tiba saya mulai menangis memikirkan kehidupan yang dialami. "

G-Dragon
Penerbit, penulis lagu, pengusaha, ikon fashion - ada apa-apa lagi yang tidak bisa dilakukan oleh G-Dragon? Tetapi di dalam semua kegembiraan itu, dia masih seorang pemuda yang cukup sentimental. GD mengatakan setelah isu lagu "Heart Breaker" yang dilaporkan plagiarisma, dia mengelak dengan semua orang, termasuk orang tua dan teman dekat. Dia hidup secara terpisah, setiap hari sendirian dan bersedih. "Saya langsung tidak melakukan apa-apa, saya merasakan seperti seorang penjahat. Saya sangat tertekan pada saat itu. "

BTS Suga
BTS Suga mungkin merupakan salah satu selebriti berpengaruh di Korea Selatan tetapi tahukah Anda bahwa dia berjuang dengan depresi sejak sebelum debut lagi. Dia menjelaskan bagaimana fisiknya sebelum debut yang cukup 'besar' ( plus size ) dan dia bekerja keras dengan berolahraga untuk mengurangi berat badan. Tapi setelah mengalami cedera bahu, dokter mengatakan kepadanya untuk berhenti berolahraga, hal ini membuat dia merasa kecewa.

SNSD Taeyeon
Setiap orang punya cara menghadapi tekanan. Dan Taeyeon mengungkapkan bahwa dia menghilangkan stres dengan menindik telinga. "Saya mulai tindik telinga sejak menjadi pelatih lagi. Karena pekerjaan saya menghadapi tekanan tetapi lagi tersiksa ketika saya langsung tidak ada kerja (tabel) dan hanya beristirahat saja". Kondisi Taeyeon bertambah parah sehingga salah seorang anggota SNSD, Sunny berharap Taeyeon pulih dari depresi. "Saya ingin Taeyeon berhenti mendengarkan musik sedih dan berbagi setiap kesedihan bersama-sama. Saya akan menyanyikan lagu-lagu yang gembira dan melakukan apa saja hal yang membuat Taeyeon tertawa. "

Park Bom
Dilaporkan Park Bom mengalami depresi sejak sebelum debut lagi. Park Bom bercita-cita untuk menjadi bintang sepak bola tetapi segalanya musnah ketika salah seorang teman baiknya maut ketika bermain sepak bola dengannya. Berita mengejutkan dan menyedihkan itu telah membuat Park Bom trauma sehingga menerima perawatan perawatan psikiatri dan mengambil obat amfetamin. Dia adalah penyanyi hebat di Korea Selatan dan siapa sangka karena kemasyuran dia merupakan korban gangguan metal. IU menyatakan bahwa dia mengalami bulimia dan menerima pengobatan untuk pulih.

"Saya selalu merasa tidak yakin. Setiap kali merasa kosong saya akan mengisi kekosongan dengan makan. Saya makan sehingga saya terpaksa membuang kembali. "

AOA Choa
Choa yang kini tidak lagi menjadi anggota AOA menjelaskan di Instagram bahwa dia mulai mengurangi beban kerjanya sekitar dua tahun yang lalu. Dia mengambil obat-obatan untuk insomnia dan depresi yang dihadapi disebabkan kelelahan mental akibat tekanan kerja. "Sebenarnya sering kali saya menangis saat mempromosikan album. Saya tahu Anda semua menyukai gambar saya yang gembira dan ceria, tapi sebenarnya saya tertekan dan terpaksa memberikan komitmen terbaik buat para penggemar. Kejadian ini terjadi berulang kali, dan semakin saya memaksa diri, semakin membuat saya merasa sakit. "

BigBang Top
Rapper penuh karismatik Top dilaporkan telah mengalami anxiety dan depression pada tahun 2008. Fans berspekulasi bahwa dia terlalu kuat bekerja dan sering keluar masuk rumah sakit. Dan kini setelah divonis bersalah mengambil ganja, hal ini menguatkan lagi bertapa rapper tampan ini memang membutuhkan perawatan intensif untuk pulih. Top sendiri menjelaskan kondisi dialaminya dalam lagu 'Loser'.

2AM Jinwoon
Benarlah kata perumpamaan 'money can not buy happiness'. Setelah melakukan tour di USA pada tahun 2010 dengan sukses, Jinwoon menyatakan dia telah mengalami depresi. Dia tidak dapat tidur dengan baik atau bekerja dengan benar untuk satu jangka waktu yang lama. Dia sering menghabiskan waktu sendirian tanpa melakukan apa-apa. Seharusnya, langkah awal harus diambil dengan mendapatkan perawatan dokter secepat mungkin jika mengalami depresi berlanjut selama lebih dari dua minggu untuk mencegah hal yang lebih buruk.

Dalam menjalani kehidupan, kerap kali kita akan di hadapkan berbagai masalah. Namun itulah hidup,, dalam hidup kita memang tidak selalu mendapatkan apa yang kita inginkan. Kadang kita harus siap menerima hal, yang mungkin akan terasa berat untuk kita jalani. Misalnya kita dikhianati oleh orang yang kita sayang, gagal dalam meraih sebuah tujuan, atau masalah keuangan.

Kita akui memang tidak mudah untuk menjalani itu semua, tetapi alangkah baiknya jika kita mencoba melewatinya dengan tulus dan ikhlas. Untuk itu saya menyarankan anda untuk memanfaatkan waktu akhir pekan anda untuk melakukan hal - hal yang menyenangkan, yang mungkin akan dapat mendatangkan kebahagian untuk anda. Sehingga anda akan terhindar dari stres dan depresi. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan di akhir pekan seperti:

Liburan
Liburan ke sebuah tempat yang indah akan mampu membuat anda merasa fresh kembali. Setidaknya itu akan membuat anda sedikit melupakan masalah yang sedang anda hadapi. Dengan melihat tempat yang indah mungkin akan membuat anda tersadar, bahwa dunia ini indah, jadi tidak sepantasnya anda sia - siakan hanya untuk merenungi masalah yang sudah terjadi.

Makan Makanan Enak
Dengan memakan makanan yang enak di akhir pekan, secara tidak langsung akan memberikan dampak yang lebih baik buat anda yang sedang dilanda masalah. Karena makanan yang enak akan membuat anda merasa sadar, sehingga anda akan merasa sayang untuk melewatkan hari- hari dengan perasaan sedih. Nikmatilah hidupmu dengan baik.

Shopping
Siapa sih di dunia ini yang tidak menyukai shopping? Sudah pasti sebagian orang pasti suka melakukannya. Karena hal yang satu ini dapat mengalihkan perhatian kita bersamaan dengan adanya perasaan senang di dalam hati ketika melakukan shopping. Namun perlu anda ingat shopping yang anda lakukan harus sesuai dengan batasan, jangan melebihi. Pada dasarnya bukan hanya barang-barang mewah yang dapat membuat kita merasa bahagia, tetapi barang yang bernilai kecil pun pantas untuk kita syukuri. Disaat kita memilih suatu barang, maka pikiran kita akan teralihkan, sehingga anda akan lupa pada waktu dan juga kesedihan yang anda rasakan. Shoppinglah secara sehat.

Ngumpul Dengan Orang-Orang Terdekat
Disaat anda sedang berada dalam masalah, sehingga membuat anda merasakan sedih yang tak terkira, alangkah baiknya anda mencari sandaran untuk menangis. Dengan begitu anda pasti akan merasa lebih baik. Penting untuk anda mencari dukungan dari orang-orang terdekat yang berada disekitar anda. Yang mungkin bisa anda percaya untuk membantu anda untuk meringankan beban yang anda miliki. Sendiri tidaklah salah, namun berdua atau bersama pasti lebih baik. Dengan saling bertukar pikiran akan membuat anda tidak selalu merasa sendiri, setidaknya anda sadar bahwa, masih banyak orang yang masih peduli dengan anda. Ada banyak orang disekitar anda yang mampu diajak curhat misalnya: teman dekat, keluarga , pacar, atau pun suami atau istri bagi yang sudah memiliki.

Nonton Film
Untuk menjauhkan anda dari perasaan jenuh dan juga stres, anda bisa melakukan hal yang satu ini. Tonton film akan dapat membuat anda merasa lebih baik, disaat akhir pekan anda bisa melakukan hal tersebut dengan pasangan maupun dengan sahabat, jika bisa pilih salah satu film yang tema ceritanya mirip dengan masalah yang anda alami. Agar anda dapat merasakan, bukan anda saja yang mengalami hal ini. Secara emosional itu akan lebih menguatkan anda dalam menghadapi suatu masalah, yang mungkin seperti tokoh utama lakukan di film tersebut, biasanya tokoh utama dalam film pasti akan lebih tegar dan lebih sabar. Secara tidak langsung itu akan dapat menjadi panutan buat anda dalam menjalani kehidupan ini.

Atau bisa juga anda memilih tema film komedi yang lucu, yang akan mampu membuat anda tertawa sehingga akan dapat melupakan masalah yang sedang anda hadapi. Jadi terserah pada individu masing-masing, film mana yang anda sukai, yang terpenting akan dapat membuat anda merasa lebih baik.

Memanfaatkan Teknologi
Untuk hal yang satu ini, bisa dilakukan untuk anda yang merasa malas untuk keluar rumah. Dengan memanfaatkan teknologi, mungkin akan membuat anda merasa lebih baik. Misalnya anda bisa melakukan Chatting untuk mencari teman baru yang bisa diajak sharing, atau anda bisa update status di facebook agar anda merasa lebih baik. Dengan begitu sudah pasti anda tidak akan merasa sepi dan sendiri lagi.

Bukankah ada banyak hal yang bisa anda lakukan pada akhir pekan?
Dengan mengisi akhir pekan anda dengan sesuatu yang membuat anda bahagia, sehingga anda akan bisa sedikit melupakan masalah anda kenapa tidak? Dengan begitu akan membuat anda terhindar dari yang namanya stres dan depresi. Tidak hanya organ tubuh yang lelah, otak juga perlu diistirahatkan untuk mendapat penyegaran, biar seimbang.

Jadi pada intinya, berusahalah untuk mencari jalan serta kesibukan untuk melupakan suatu masalah dengan melakukan hal yang positif, bukan malah sibuk meratapi masalah yang sedang anda hadapi. Dengan meratapi juga tidak akan membuat masalah hilang dan juga selesai, jadi untuk apa? Sebagai pesan, Cintailah dirimu sendiri sebelum kau mencintai orang lain. Bagaimana bisa kau mencintai orang lain sebelum kau mencintai dirimu sendiri.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait