8 Tempat Paling Kotor di Dalam Rumah

Mungkin Anda pikir rumah Anda sudah cukup bersih. Namun tahukah Anda bahwa bakteri dapat menyebar dalam jangka waktu setiap 20 menit jika suhu dan kondisinya sesuai? Sadarkah Anda jika di dalam rumah ada 8 tempat yang perlu Anda pastikan kebersihannya. Memang terkadang kita lupa atau nggak 'ngeh' pada tempat-tempat kecil, tapi sebenarnya paling cepat kotor dan juga terdapat banyak bakteri.

Untuk itu akan coba saya ingatkan tempat mana saja yang terhitung paling kotor didalam rumah. Tapi, jangan khawatir, tidak semua bakteri akan membuat Anda sakit tapi tidak salah jika kita menjaga kebersihan rumah. Selain akan enak dipandang, pastinya akan lebih sehat. Nyatanya di dalam rumah ada 8 tempat yang paling 'kotor'!

1. Dapur

rumah kotor
Menurut National Sanitation Foundation, dapur adalah salah satu tempat yang memiliki banyak bakteri, dibandingkan daerah yang lain. Karena ia merupakan tempat dimana makanan disimpan. Dan juga lebih dari 75 persen spons pencuci piring berada di dapur.

Di dalam piring yang kotor itulah terdapat banyak bakteri seperti Salmonella dan E-coli. Jadi karena itu dapur dikategorikan sebagai salah satu tempat yang paling kotor. Di antara barang-barang dapur yang perlu dibersihkan secara teratur adalah talenan, pembuat kopi, lemari es dan bak cuci piring.

2. Tombol Pintu, Switch

Selain dapur, kenop pintu dan sakelar lampu atau kipas angin juga termasuk area yang banyak bakteri. Tidak hanya kenop pintu kamar mandi yang dikategorikan paling kotor, tapi ada juga beberapa tempat lain yang lebih kotor. Diantaranya adalah sakelar lampu toilet, pemegang pintu kulkas, 'kenop kompor' dan pemegang pintu microwave.

3. Tas Alat Rias

Mungkin ada banyak wanita yang mengabaikan hal ini, tahukah Anda jika sikat make up dan spons sangatlah mudah terkena bakteri, apa lagi tas make up Anda sering dibawa ke luar rumah. Apakah Anda tau jika, kuman dan bakteri yang menempel pada kosmetik kita akan menyebabkan masalah kulit dan infeksi mata! Oleh karena itu, Anda perlu mengatur ulang riasan Anda dan menyimpannya di tempat yang bersih dan kering. Jangan lupa untuk mencuci sikat rias setiap minggu sekali dengan memakai air hangat.

4. Kamar Mandi / Toilet

Ini sudah diketahui karena di sanalah tempat kita mencuci tubuh dari semua kotoran serta membuang air kecil. Toilet merupakan tempat yang lembab, karena itu bakteri akan sangat mudah untuk berkembang biak. Di antara area di toilet yang harus Anda perhatikan pada aspek kebersihannya adalah bak mandi, toilet, lantai toilet, sikat gigi dan handuk.

5. Mesin Cuci

Mengapa bakteri begitu banyak di mesin cuci? Seperti yang Anda ketahui, jika tempat yang lembab 'disukai' oleh bakteri karena mudah bagi mereka untuk berkembang biak. Begitu pula dengan mesin cuci.

Selain itu, jika Anda membiarkan pakaian basah atau pakaian yang sudah dicuci berada didalam mesin cuci dalam waktu lama yaitu lebih dari 30 menit, maka Anda harus mencucinya lagi! Juga, sadarilah bahwa sebelum mencuci pakaian Anda atau kain dapur Anda, pastikan untuk membersihkan mesin cuci terlebih dahulu, agar bakteri tidak terjebak dalam kemeja Anda nanti!

6. Ruang Tamu Rumah

Ternyata, di ruang tamu rumah juga terdapat banyak bakteri. Pernahkah Anda menyadari akan hal itu? Anda tidak perlu heran jika bakteri akan ada di sofa dan juga di karpet, bahkan di tempat yang tidak kita duga! remote televisi misalnya. Coba saja Anda bayangkan, ada banyak orang atau hampir semua anggota keluarga di rumah yang menggunakannya. Baik yang bertangan bersih, atau yang bertangan kotor. Apa lagi anak-anak. Jadi, jika ingin membersihkan ruang tamu, jangan lupa bersihkan bagian-bagian yang kecil.

7. Hewan Peliharaan

Ada banyak orang yang suka pada hewan peliharaan. Seperti kucing, anjing, dan lain sebagainya. Memang sangat menyenangkan memiliki hewan peliharaan. Tapi, hati-hati karena bulu kucing juga bisa menyebabkan asma pada anak. Tak hanya itu, hewan peliharaan juga berpotensi membawa banyak bakteri ke dalam rumah. Karena tidak mungkin kan jika Anda membiarkan binatang-binatang itu tinggal di rumah sepanjang waktu? Terkadang mereka akan bermain di luar juga. Jadi Anda bisa mencoba membersihkan kaki hewan peliharaan Anda sebelum membiarkan mereka masuk ke rumah, dan ingat untuk memandikan mereka seminggu sekali.

8. Barang Pribadi

Tanpa kita sadari, sebenarnya kita 'membawa' bakteri ke rumah kita setiap hari. Melalui sepatu, tas tangan, dan juga handphone! Antara lain yang berpotensi memiliki banyak bakteri adalah ponsel, kunci, dompet, uang dan persediaan makanan! Jadi jangan lupa untuk mencuci atau membersihkan barang pribadi anda juga!

Semoga saja setelah Anda membaca ini, Anda menjadi lebih bersih dan selalu ingat untuk membersihkan hal yang terkecil sekalipun. Dan yang terpenting Anda selalu menyadari bahwa di semua tempat atau barang yang Anda bawa juga perlu Anda pastikan kebersihannya. Semoga bermanfaat.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait