8 Film Drama Korea yang Mampu Jadi Panutan serta Pembejaran Diri

Percayakah Anda jika suatu film drama yang kita tonton akan mampu memberi  kita inspirasi untuk menjalani kehidupan kita di dunia nyata. Sekarang ini sudah ada banyak film drama dari berbagai negara yang bisa kita tonton. Salah satunya Drama Korea. Sejak awal tahun 2000, drama Korea telah mulai mengumpulkan banyak penggemar dari seluruh penjuru negeri. Selain pertunjukan musik dan reality shownya, drama serial Korea juga tidak kalah menariknya.

Jika pada awalnya kami diperkenalkan dengan drama seperti Boys Over Flowers dan Winter Sonata ,  sekarang  ada lebih banyak drama menarik bukan hanya karena ceritanya yang menarik dan tidak klise, tapi kebanyakan tidak cukup lama sampai puluhan episode. Jika sudah berakhir, sulit untuk mengikuti hal itu. Selain drama bertema remaja dan sejarah, drama korea juga memiliki beragam pilihan dari ilmu horor hingga fiksi.

film drama korea
Bagi mereka yang menyukai drama yang lebih realistis sebagai inspirasi, K-drama juga menghadirkan drama yang memiliki karakter wanita hebat. Wanita-wanita ini telah membuktikan bahwa mereka dapat menjadi sama hebatnya dengan pria di area mana pun yang terlibat dan mampu mengatasi tantangan yang mereka hadapi. Untuk itu telah kami kumpulkan beberapa film drama Korea yang mungkin akan dapat menginspirasi Anda, dan wajib untuk di tonton.

 Ada 8 Drama Korea Yang Mampu Menjadi Inspirasi Bagi Para Wanita. Anda Harus Melihatnya!

1. My Name is Kim Sam Soon / Kim Sam Soon My Lovely
Drama ini sangat populer di sekitar tahun 2005 dan mencakup berbagai penghargaan karena ceritanya yang ramai tentang wanita yang bebas dari stereotip komunitas. Kim Sam Soon adalah salah satu penggambaran wanita paling realistis dalam drama K di mana karakter menampilkan karakteristik wanita yang agak vokal, mengkhawatirkan berat badan mereka, belum pernah bertemu pasangan, dan selalu malu dengan nama mereka karena 'terlalu banyak'.

Dengan hanya gairah dan keterampilan di bidang pastry, Kim Sam Soon mengambil langkah membangun hidupnya sendiri setelah mengalami kekecewaan besar dalam hidupnya. Namun sikap percaya diri dan berani membuat karakter ini sangatlah berkesan bagi mereka yang mengikuti drama ini. Bahkan, dia juga mengilhami para wanita untuk tidak malu dengan dirinya sendiri. Bukankah itu menjadi suatu pembelajaran bagi para wanita, Karena terkadang sebagai wanita kita terlalu sibuk untuk meratapi kekurangan yang kita miliki, hingga lupa bahwa kita juga mempunyai kelebihan yang patut kita syukuri.

2. Angry Mom
Jangan ingat bahwa wanita itu tidak berani bangkit dan melawan. Drama tersebut menceritakan kepada Jo Kang Ja, yang dulunya dikenal sebagai 'gangster' sekolah satu kali. Ketika mengetahui anak perempuannya sering diintimidasi di sekolah, dia memutuskan untuk mengubah situasinya.
Dia menyamar sebagai remaja dan mendaftarkan diri di sekolah anaknya untuk menuntut. Saat bersekolah, Jo Kang Ja terpapar berbagai masalah yang menunjukkan kekerasan di sekolah dan kelemahan dalam sistem pendidikan. Ia kemudian mencoba memperbaiki situasi dengan bantuan guru di sekolah sehingga kasus bullying tidak lagi berlangsung.

Karakter agresifnya tapi untuk tujuan yang tepat adalah contoh yang bagus. Drama ini juga dianggap sebagai pembuka mata bagi masyarakat. Jika drama korea sebelumnya diputar dengan roman usia sekolah, drama Angry Mom memainkan pesan yang lebih penting yaitu masalah serius saat ini di sekolah seperti bullying dan pemerasan. Bukankah drama ini membuat kita sadar jika seorang ibu mampu melakukan apa saja untuk kebaikan anaknya.

3. Twenty Again / Second Twenties
Hamil di usia yang muda, Ha No Ra telah melepaskan ambisinya untuk menjadi mahasiswa dan mengejar mimpi di bidang tarian. Setelah lama menjadi ibu rumah tangga, Ha No Ra akhirnya membuat keputusan besar untuk melanjutkan studinya karena dia ingin sejalan dengan suaminya, seorang profesor perguruan tinggi yang dihormati.

Drama ini begitu indah untuk diceritakan tentang 'penemuan diri' terutama bagi ibu rumah tangga yang mencoba menangkap kembali peluang yang tersisa untuk memperbaiki diri. Ini mendorong kita untuk keluar dari kepompong yang nyaman dan menanam tekad kita untuk menciptakan kesempatan bagi diri kita sendiri tanpa mengharapkan orang lain.

Dalam membiasakan diri dengan rutinitas sehari-hari, terkadang kita merasa seperti kehilangan jati diri. Itulah yang tidak dimiliki Ha No Ra. Karakter ini juga membuktikan bahwa usia tidak menjadi penghalang untuk seseorang mengejar ambisi dan segala hal lainnya. Segala sesuatu yang kita harapkan akan terjadi jika kita percaya pada diri kita sendiri. Pada intinya tidak ada kata terlambat untuk mencapai sesuatu yang benar-benar kita harapkan. Jika memang ada kesempatan serta waktu yang tepat kenapa tidak?

4. Sungkyungkwan Scandal
Ketika bidang sains didominasi oleh pria di dinasti Joseon, Kim Yoon Hee bertekad untuk belajar karena ketertarikannya yang mendalam meski harus sering meniru dia. Drama ini merupakan adaptasi dari novel laris 2007 berjudul The Lives of Sungkyunkwan Confucian Scholars. Karakter pahlawan dari cerita ini dipimpin oleh Park Min Young (Kim Yoon Hee) yang harus mendukung keluarga dengan menggunakan identitasnya sebagai saudaranya. Dengan tekad dan keahliannya, dia berhasil melanjutkan studinya di Sungkyunkwan Institute, yang merupakan pusat pengetahuan  pada saat itu. Kim Yoon Hee berhasil beradaptasi dengan siswa laki-laki lainnya dan terus bertahan.

Dalam menjaga sisi femininnya, karakternya efektif dalam menampilkan karakter yang pandai dan sebagai teman yang andal. Ada banyak adegan yang menampilkan kemampuan luar biasa dalam membantu rekan-rekan lain. Seiring waktu, rahasia ini terungkap namun pada akhirnya kemampuan dan antusiasme telah membuka kesempatan pendidikan bagi wanita dan mengilhami banyak orang. Kim Yoon Hee dalam cerita ini membuat kita menyadari jika seorang wanita juga mempunyai kemampuan yang patut di pertimbangkan. Jadi, para wanita janganlah pernah membatasi diri untuk melakukan hal yang kita sukai selama Anda benar-benar mampu untuk melakukannya.

5. Marriage Contract
Cinta ibu tidaklah pernah putus. Marriage Contract atau Kontrak Pernikahan ialah salah satu film drama Korea yang menceritakan tentang pengorbanan seorang ibu tunggal yang bersedia melakukan apapun untuk membesarkan anak perempuannya. Sambil menangis karena masalah hutang yang ditinggalkan oleh almarhum suaminya, dia mempertaruhkan kontrak nikahnya dengan majikannya yang membutuhkan donor organ untuk ibunya pada saat itu.

Meski mengalami berbagai kesulitan, Hye Soo selalu menjaga kesejahteraan anaknya. Hye Soo juga telah didiagnosis menderita penyakit tumor otak tapi masih ingin bekerja untuk anak kesayangannya. Selama masa kontrak, Hye Soo mengalami masa sulit beradaptasi dengan atasannya dan berbagai peraturan yang harus diikuti. Hal ini juga memberi banyak pengajaran kepada wanita khususnya para ibu untuk terus mempersiapkan diri dan tidak menyerah pada kehidupan meski mengalami berbagai macam kesulitan (masalah).

Mungkin dengan menonton drama ini akan membuat beberapa ibu tersadar sehingga tidak pernah menyia-nyiakan anaknya. Seorang ibu yang sakit saja bisa bertahan untuk membahagiakan anaknya, kenapa seorang ibu yang sehat tidak bisa melakukannya?

6. Big Thing / Dae Mul
Bagi mereka yang ingin memutar drama politik ini, mungkin akan sedikit membingungkan bila menyangkut tema politik yang agak kontroversial. Di latar belakangi cerita seorang Presiden Korea Selatan yang pertama, dia menceritakan kisah hidup Seo Hye Rim sebelum menjadi presiden. Awalnya Seo Hye Rim hanyalah seorang wanita yang ceria dan bekerja sebagai pengacara anak di sebuah stasiun radio televisi.

Suatu hari suami Seo Hye Rim mendapat tugas untuk melaporkan berita di Afghanistan. Sayangnya, suami Hye Rim ditangkap oleh pemberontak dengan wartawan lain dari Jepang. Hye Rim yang hanya seorang ibu rumah tangga sepertinya tidak mampu melakukan apapun selain meminta dan menunggu bantuan dari pemerintah. Setelah lama menunggu, So Hye Rim mendengar bahwa suaminya sudah meninggal, sementara wartawan Jepang diselamatkan.

Perasaan kecewa dan kemarahan terhadap pemerintah diungkapkan secara terbuka di media massa sehingga dia dipecat. Takdir membawanya untuk bertemu lagi dengan Ha Do Ya, seorang pengacara yang pada akhirnya memupuk kebenaran dan membuang rahasia korupsi gelap, bahkan membesarkan wanita tersebut sebagai presiden wanita pertama.

Menariknya, Anda tentu tidak berpikir bahwa meski membawa pesan berat, Dae Mul tidak selalu serius, ada juga aksi lucu yang membuat penontonnya juga ikut tertawa. Setelah anda menonton drama ini, tidakkah membuat Anda berpikir bahwa disaat kita berada dalam posisi yang menyakitkan sekalipun dalam hidup, tentu kita tidak boleh menyerah dan melemah. Buatlah rasa sakit yang kita rasakan menjadi penopang agar langkahmu menjadi semakin kuat untuk mencapai sebuah tujuan.

7. Unkind Women
Dari tajuk utama Anda mungkin bisa menebak bahwa karakter drama ini dipelopori oleh beberapa wanita. Biasanya cerita tentang seorang wanita sudah dianggap rumit, bahkan beberapa wanita dari generasi yang berbeda! Inilah sorotan yang telah ditampilkan di Unkind Women untuk menjadikannya salah satu drama dengan nilai tertinggi dan siaran KBS yang mengungguli.
Setiap karakter unggulan memiliki sisi kepribadian yang dapat dikaitkan dengan kebanyakan wanita - beberapa di antaranya menarik dalam bayangan masa lalu (Soon OK), beberapa di antaranya kurang fasih dalam memilih pekerjaan Hyeon Jeong), sesuatu yang terlalu mudah dan mudah ditipu (Hyeon Sook) , dan beberapa korban (Ma Ri).

Cerita ini mengulas tentang setiap masalah yang biasanya dialami oleh para-wanita, ini merupakan membuktikan diri bahwa apapun keadaan yang sedang kita alami, kita masih bisa bertahan dan terus melangsungkan hidup. Setiap masalah pasti akan ada solusinya. Percayalah akan hal itu.

8. Protect The Boss
Tidak seperti drama lainnya, drama ini terbalik dari biasanya karena karakter utamanya meski seorang majikan tapi dalang lemah dan belum dewasa digabungkan dengan wanita yang lebih tegas dan tegas. Noh Eun Seol akhirnya berhasil mendapatkan pekerjaan sebagai sekretaris Jihoon setelah menganggur lama. Yang lebih menarik lagi, karya tersebut hanya berhasil setelah Eun Seol mengkritik cara perusahaan melakukan lebih banyak wawancara mengingat kualifikasi akademik. Karakter Eun Seol sangat mencolok karena sikapnya yang gigih terhadap pekerjaannya.

Meskipun Jihoon berulang kali mencoba menjatuhkannya, dia terus mempertahankan kepercayaan majikannya. Eun Seol pasti punya cara kreatif dan selalu berpikir keluar dari kotak sehingga atasan bisa menerima proposalnya. Eul Seol juga membuat atasannya lebih percaya diri dan membuat dirinya lebih kredibel untuk memegang perusahaan keluarganya.

Bukankah seseorang pernah berkata jika, di balik seseorang yang hebat, selalu ada wanita yang kuat di sampingnya? Jadi hal ini bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Anda bisa melakukan hal yang sama seperti yang Eun Seol lakukan, tentunya terhadap pasangan Anda.

Tentunya Bisa Membuat Anda TerinspirasiI & Mengajar
Meski kenyataannya bahwa seorang wanita itu adalah mahluk yang lemah dan juga peka, namun tidak seharusnya jika wanita itu dipandang sebelah mata. Padahal, hal itu bisa menjadi keuntungan dan kekuatan yang membuat seseorang lebih bertekad untuk meraih kesuksesan. Bila ini adalah nilai kepercayaan maka penting untuk mengubah pola pikir masyarakat.

Pada kenyataannya ,wanita juga memiliki berbagai pendapat bijaksana serta berkemampuan tinggi yang setara dengan pria. Mudah-mudahan drama ini akan memberi sedikit inspirasi dan inspirasi bagi penonton, terutama para wanita di luar sana! Agar lebih percaya akan kemampuan yang di miliki.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait