7 Kebiasaan Pagi yang Akan Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Sulit menurunkan berat badan? Tahukah Anda jika kebiasaan baik di pagi hari akan mampu menurunkan berat badan Anda dengan cepat. Untuk menurunkan berat badan yang berlebih tidak cukup dengan melakukan diet atau berolah raga saja, namun  proses penurunan berat badan melibatkan keseimbangan rutin sehari-hari yang sehat dan disiplin yang kuat.

Karena pagi hari adalah saat yang kritis untuk menentukan mood Anda sepanjang hari, itu sebabnya rutin setiap pagi bisa berperan untuk membantu menurunkan berat badan Anda secara efektif. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang bisa Anda terapkan segera setelah Anda bangun setiap hari.

bangun pagi
1. Minum Air / Lemon
Salah satu kebiasaan yang baik untuk berlatih adalah minum air hangat. Meski Anda mungkin tidak merasa haus,  sebenarnya tubuh kita terhidrasi di saat kita tidur. Sebuah studi di The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menemukan bahwa minum 500ml air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 30%. Jadi, kebiasaan baik ini akan sangat bermanfaat untuk Anda. Untuk lebih mengaktifkan sistem pencernaan, Anda juga bisa menambahkan jus lemon ke air hangat.

2. Mulailah Hari Dengan Makanan Yang berprotein Tinggi
Jika selama ini Anda sarapan dengan roti dan selai, mungkin mulai sekarang  Anda mencoba untuk menggantinya dengan makanan yang berasupan protein tinggi seperti telur. Protein yang ditemukan di dalam telur memberi perasaan kenyang lebih lama dan juga mampu untuk membakar kalori.
Dalam sebuah penelitian, wanita yang memenuhi kebutuhan protein harian sekitar 2/3 (yaitu 30-39 gram) saat sarapan pagi akan merasa kurang lapar dan cenderung mengkonsumsi lebih sedikit makanan berkalori saat makan siang.

Yang terpenting, jauhkan diri dari makanan manis saat sarapan karena bisa meningkatkan kadar insulin dan secara tidak langsung meningkatkan nafsu makan Anda untuk hari ini.

3. Hindari Premiere Breakfast /  Di Depan TV
Waktu makan mungkin akan terasa lebih menyenangkan jika kita sambil menonton video TV atau Youtube dari smartphone. Tapi, perlu Anda tau dengan melakukan aktivitas seperti ini, hanya akan menyebabkan kita tidak memperhatikan berapa banyak makanan yang telah kita makan.

Studi Kualitas dan Preferensi Makanan menemukan 'efek kegentingan' atau makanan kunyah yang bisa didengar seseorang cukup untuk membuat seseorang makan dengan sederhana. Di sisi lain, mereka yang menggunakan headphone atau fokus pada TV lebih cenderung makan 25% lebih banyak dari jumlah normal.

4. Lakukan Sesuatu Untuk De-Stres
Setelah bangun tidur, cobalah meluangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang bisa menghilangkan stres. Misalnya dengan menghirup udara segar atau menulis jurnal. Doa, membaca Alquran atau bermeditasi juga merupakan praktek yang sangat baik untuk mengelola emosi. Bila Anda stres, tingkat kortisol akan meningkat, dan salah satu fungsi kortisol ini adalah menyimpan lemak di perut. Stres juga menurunkan tingkat metabolisme tubuh. Buktinya, saat 2 wanita makan makanan yang sama setiap hari, wanita yang lebih rileks dan senang membakar kalori lebih banyak dibanding mereka yang stres, seperti yang dinyatakan dalam studi Biologi Psikiatri .

5. Pilih Snack Yang Bagus Untuk Dibawa Ke Kantor
Sebelum pergi ke kantor, masukkan apel atau buah lain ke dalam tas. Kebiasaan baik ini bisa mencegah Anda untuk tidak membeli camilan dan makanan cepat saji yang kurang baik manfaatnya untuk tubuh Anda, saat bepergian ke kantor. Dalam kelaparan juga, seseorang akan lebih cenderung memilih makanan yang tidak sehat dalam jumlah banyak. Jadi, bagi yang suka mengunyah atau ngemil, pastikan agar Anda selalu membawa buah didalam tas. seperti kata pepatah, siapkan payung sebelum hujan! Agar Anda tidak menyesal nantinya.

6. Lakukan Latihan Peregangan
Latihan peregangan yang mudah setiap pagi membantu Anda meredakan otot yang tegang. Ketegangan otot diyakini memberi respon stres yang sama seperti stres emosional. Jadi dengan melakukan latihan peregangan, seseorang akan cenderung lebih bahagia dan ini akan dapat meningkatkan efek hormon positif dalam tubuh. Selain itu, ini juga membantu memperlancar peredaran darah, sehingga akan membuat tubuh menjadi lebih energik. Tidak perlu pergi ke gym, di rumah dan di kantor juga bisa melakukan peregangan.

7. Bersih-bersih dan Membereskan Rumah
Kebiasaan baik yang satu ini, tidak hanya membuat rumah terlihat bersih dan sehat juga akan mampu membuat berat badan Anda turun. Sambil menyelam minum air, bukankah itu merupakan pepatah yang cocok untuk menggambarkan hal tersebut. Jadi kenapa tidak? Dengan berberes rumah dan juga bersih-bersih seperti menyapu, ngepel akan membuat Anda berkeringat. Secara tidak langsung lemak didalam tubuh akan dikeluarkan oleh keringat. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda lakukan.

Kebiasaan buruk harus segera dihentikan, namun kebiasaan baik perlu Anda lakukan. Kebiasaan-kebiasaan baik diatas perlu Anda praktikkan. Dengan melakukan kebiasaan baik di saat  pagi hari sudah pasti akan membuat Anda mendapatkan manfaat yang baik pula.

AYO BERLATIH!
Meski nampaknya sepele, namun beberapa kebiasaan baik tersebut sangatlah efektif untuk membantu seseorang mencapai berat ideal secara efektif. Hanya dalam 20-30 menit, Anda dapat dengan mudah melakukan semua langkah ini. Selain membantu menurunkan berat badan, kebiasaan ini juga bisa membuat Anda merasa lebih sehat, ceria, dan segar sepanjang hari. Cobalah! Semoga Bermanfaat.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait