5 Makanan Ajaib Membantu Si Kecil Tidur Lebih Awal dan Nyenyak

"Rasa pusing kadang kita rasakan ketika anak kita terjaga sampai larut malam, karena tidurnya yang tidak nyenyak. Seringnya terjaga saat malam hari (begadang) juga akan membuat para ibu terserang demam, namun apa boleh buat, sudah menjadi kewajiban kita sebagai seorang ibu untuk selalu menjaga buah hati kita. Walaupun letih, merasa pusing atau demam tapi kita harus tetap kuat.
Ada banyak alasan yang membuat anak kecil tidak bisa tidur dengan nyenyak, mungkin ada sesuatu untuk tumbuh gigi, takut kegelapan, lembur, atau hanya mata yang tangguh.

Namun perlu kita sadari bahwa, jika anak tidak tidur dengan baik (cukup) maka akan berpengaruh pada kesehatannya, tentunya itu yang kita cemaskan. Jika si kecil susah tidur atau tidak bisa tidur dengan nyenyak dalam waktu yang berlangsung lama, akan membuat anak menjadi lebih rentan dan juga membuat anak terlihat kurus. Tentunya Anda tidak mau kan jika si kecil seperti itu (tumbuh tidak sehat).

makanan bayi
Namun sekarang Anda tidak perlu merasa risau lagi, karena disini akan dibahas tentang bagaimana cara untuk membuat si kecil tidur lebih awal dan nyenyak sepanjang malam. Salah satu cara yang bisa Anda coba untuk membantu bayi Anda tidur lebih nyenyak adalah dengan memberi makanan tertentu yang memiliki efek penenang atau kantuk. Makanan ini menghasilkan bahan kimia yang disebut tryptophan - sejenis asam amino yang mensintesis protein. Tryptophan juga mensekresikan serotonin yang menggerakkan produksi melatonin yang juga dikenal dengan 'hormon tidur'.

Menurut The Baby Sleep Site, asupan makanan yang mengandung tryptophan akan lebih efektif jika dikonsumsi dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Ini karena karbohidrat membantu pelepasan insulin dan memungkinkan triptofan untuk mencapai otak dan menyebabkan kantuk. Ini bisa disiapkan seperti makan malam atau camilan saat menjelang tidur.

Berikut daftar makanan yang mengandung kandungan tryptophan tinggi dan membantu anak Anda mendapatkan kualitas tidur malam yang lebih baik.

1. Produk Susu
Produk susu seperti susu, keju, dan yogurt merupakan salah satu sumber triptofan terbaik . Selain itu, juga mengandung kalsium yang membantu tubuh mengolah triptofan dan menghasilkan melatonin.
Minum segelas susu atau sedikit keju sejam sebelum tidur bisa membantu anak kecil itu rileks dan tidur nyenyak di malam hari. Jadi, para ibu mari kita siapkan segelas susu atau kue yang diberi hiasan keju, agar ia tidur lebih nyenyak.

2. Pisang
Pisang adalah makanan ringan yang mudah dimakan sebelum tidur. Sebuah studi di Universitas Washington melaporkan bahwa pisang mengandung melatonin dan serotonin, di mana kedua zat ini membantu mengatur siklus tidur seseorang. Magnesium dan kalsium yang terkandung di dalamnya dapat membantu menenangkan otot.

Untuk efek yang lebih eye-catching, campurkan pisang dengan segelas susu untuk membuat smoothie. Kalsium dan triptofan dalam susu dapat lebih meningkatkan efek sedatif dari melatonin dan serotonin. Atau para ibu bisa membuat penkik pisang misalnya, dimana bahannya menggunakan susu dan pisang sebagai bahan utama. Tentu anak akan semakin suka, dan gampang di buat.  Lebih pentingnya lagi tidak butuh waktu lama untuk membuatnya.

3. Oatmeal
Menurut Journal of Experimental Botany, makanan yang biasanya disediakan saat sarapan pagi sebenarnya mengandung konsentrasi melatonin yang sangat tinggi. Karena itu, minuman oat paling cocok untuk bayi sehingga rasa kenyang membantu tidur mereka lebih nyenyak dan tidak selalu terjaga di tengah malam.

4. Sandwich
Sandwich adalah salah satu menu lengkap yang paling sederhana yang tersedia sebagai makanan ringan sebelum tidur. Sebagai resep untuk persiapan, sajikan roti gandum penuh dengan telur, sedikit keju dan sayuran hijau. Ketiga bahan ini merupakan kombinasi yang baik karena masing-masing memiliki peran tertentu. Sumber protein dalam telur bisa mencegah asam lambung dan membuat perut terasa nyaman. Seperti disebutkan di atas, keju hijau dan sayuran mengandung kandungan tryptophan tinggi.

5. Biskuit & Susu
Sumber karbohidrat kompleks dalam makanan biji-bijian penuh seperti roti, pasta pretzel, pasta, dan biskuit termasuk jenis makanan yang menghasilkan insulin sehingga memudahkan seseorang untuk mendapatkan kualitas tidur. Di antara pilihan yang disukai bayi adalah biskuit oatmeal yang  dengan segelas susu.

Jika Anak Masih Tidur ...
Dalam menyiapkan makanan atau makanan ringan untuk bayi, pastikan tidak terlalu berat karena terlalu banyak makan sebelum tidur bisa mengganggu pencernaan anak dan pada saat bersamaan membuatnya terjaga di tengah malam. Namun, praktikkan rutinitas tidur yang baik sekaligus memberi pilihan makanan alternatif. Semoga dengan ide ini, si bayi akan lebih mengantuk pada waktu yang ditentukan dan tidak lagi terjaga disaat malam!

Beberapa makanan diatas bisa menjadi pilihan bagi para ibu, yang anaknya memiliki gangguan pada tidurnya (susah tidur atau tidurnya tidak nyenyak). Sebagai seorang ibu, melihat anak tumbuh dengan sehat merupakan kebahagiaan yang tidak terkira. Selamat mencobanya para ibu.

Hanya pesan:
Kurangi memberi anak makanan ringan seperti snack, karena itu akan membuat anak tidak mau makan. Snack akan membuat anak cepat kenyang namun cepat juga laparnya. Jika anak Anda memang suka ngemil, tidak ada salahnya jika Anda membuatkannya sendiri di rumah. Walaupun sedikit ribet, tapi setidaknya itu akan lebih sehat.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait