18 Cara yang Akan Buat Anda Terbebas dari Bau Badan

Bau badan emang bikin malu. Tidak hanya itu bau badan juga membuat ruang gerak kita menjadi terbatas. Jadi harus kita hilangkan. Mungkin banyak orang beranggapan jika bau badan itu muncul karena keringat, namun nyatanya tidak, pada dasarnya keringat itu tidaklah berbau. Tetapi bakteri, bila tubuh yang kotor bercampur dengan keringat maka akan memicu tumbuhnya bakteri. Jadi, percampuran keringat dan bakteri inilah yang membuat bau badan yang menyengat.

Selain bakteri bau ketiak yang menyengat juga disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan ketiak, dan juga dapat dipicu oleh asupan makanan yang kita konsumsi. Nyatanya ada beberapa jenis makanan yang mampu menjadi pemicu bau badan yang menyengat. Misalnya, bawang putih, daging, dan makanan yang mengandung senyawa metil, tidak hanya itu minuman beralkohol, tembakau (rokok) juga menjadi pemicu yang efektif munculnya bau badan. Akan kita bahas tentang beberapa cara untuk menghilangkan bau badan yang menyengat.

bau badan
1. Menjaga Kesehatan Tubuh 
Jagalah kesehatan tubuh Anda dengan mandi dua kali sehari. Bila perlu gunakan sabun antibakteri agar bakteri penyebab bau badan tidak dapat berkembang biak. Dengan begitu akan membuat Anda terhindar dari bau badan yang menyengat.

2. Perbanyak Konsumsi Buah Dan Sayuran Hijau
Buah segar seperti apel, pepaya, jeruk, jambu biji dan buah segar lainnya serta sayuran hijau mampu mencegah bau badan yang menyengat. Kenapa? itu karena, buah dan juga sayuran hijau merupakan salah satu makanan yang mudah dicerna, sehingga pencernaanpun menjadi semakin lancar. Pencernaan lancar akan membuat usus menjadi lebih sehat. Usus yang sehat akan membuat Anda tidak mengeluarkan keringat secara berlebih.

3. Batasi Asupan Makanan Tertentu
Ada beberapa makanan yang mampu menjadi pemicu bau badan yang menyengat. Misalnya:

Rempah-rempah
Terasi, bawang putih, bawang merah, bumbu kari, memang dapat membuat makanan menjadi enak, tetapi dibalik membuat makanan menjadi enak, ternyata rempah tersebut juga menjadi salah satu pemicu timbulnya bau badan. Jika Anda ingin terhindar dari bau badan yang menyengat, berarti mulai sekarang, cobalah untuk menguranginya.

Daging Merah
Mungkin Anda sudah mengetahui jika, daging merah agak susah untuk dicerna oleh usus, akan membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk mencernanya. Jadi,zat yang tersisa di dalam usus yaitu, berupa racun inilah yang membuat bau keringat menjadi kurang sedap.

Alkohol Dan Kafein
Tidak percaya jika alkohol dan kafein dapat membuat bau badan? Anda bisa membuktikanya sendiri. Misalnya, sekarang Anda sedang mengkonsumsi minuman yang beralkohol dan juga minuman yang mengandung kafein, lalu besoknya Anda hanya meminum air putih, Anda pasti akan bisa merasakan perbedaanya.

Tembakau
Sama seperti alkohol dan kafein, tembakau juga dapat menjadi pemicu yang handal untuk menimbulkan bau badan. Jadi tidak heran jika perokok mempunyai bau badan yang menyengat.

Makanan Cepat Saji
Tidak hanya kurang sehat untuk tubuh, ternyata makanan cepat saji juga mampu membuat bau badan yang tidak sedap. Karena makanan cepat saji di buat dengan berbagai macam senyawa, kandungan senyawa inilah yang akan membusuk didalam tubuh kita, karena sangat sulit terurai, sehingga menyebabkan munculnya bau badan.

4. Gunakan Anti Perspirant 
Tauhkah Anda jika anti perspirant itu berbeda dengan deodorant meskipun terlihat sama. Anti perspirant mengandung bahan aktif terutama zat aluminium yang mampu menghambat pengeluaran keringat, sedangkan deodorant mempunyai kandungan yang hanya bersifat menyegarkan serta memberi keharuman pada tubuh Anda. Tapi Anda tidak usah bingung, karena sekarang sudah ada banyak produk deodorant yang merangkap sebagai anti perspirat. Jadi, Anda bisa menggunakan anti perspirant setelah habis mandi atau sebelum Anda melakukan aktivitas. Gunakan anti perspirant pada tubuh, terutama pada ketiak serta jari kaki.

5. Pakai Baju Yang Dapat Menyerap Keringat Dengan Baik
Kain katun merupakan salah satu kain yang mampu selalu menempel pada tubuh (kulit). Sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri. Jadi, Anda bisa menggunakan baju yang berkain katun agar terhindar dari bau yang tidak sedap.

6. Seka Keringat Sesering Mungkin
Dengan menyeka keringat sesering mungkin akan membuat Anda terhindar dari penumpukan keringat yang berlebih. Karena keringat yang berlebih akan membuat bakteri berkembang dengan baik karena kondisi kulit yang lembab akibat keringat. Jika bakteri sudah berkembang biak di dalam kulit yang berkeringat, maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Karena bakteri mampu mengeluarkan senyawa yang dapat menimbulkan bau. Jadi dengan menyeka keringat sesering mungkin, maka pertumbuhan bakteri akan dapat di cegah. Jika Anda bepergian biasakan untuk membawa tisu, sapu tangan, atau handuk kering (handuk kecil).

7. Ganti Pakaian Secara Rutin
Keringat yang menempel di pakaian akan menjadi sarang bakteri penyebab bau badan. Untuk itu Anda harus mengganti pakaian anda secara rutin. Agar Anda dapat terhindar dari yang namanya bau badan. Sekarang sudah ada banyak produk pelembut anti bakteri yang bisa anda gunakan sehabis mencucinya. Setidaknya itu akan membantu Anda untuk menjauhkan bakteri dari pakaian dan juga tubuh Anda.

8. Banyak Olahraga
Dengan berolahraga sudah pasti akan membuat Anda mengeluarkan banyak keringat. Namun secara tidak langsung itu akan membuat  kuman dan bakteri akan terbuang lewat bagian pori kulit anda. Jadi, dengan berolahraga secara rutin akan membuat bau badan Anda menjadi berkurang. Buktikan sendiri.

9. Konsultasikan Pada Dokter
Tidak ada salahnya jika Anda mengkonsultasikannya pada dokter. Setidaknya Anda akan mengetahui jika keringat berlebih yang menyebabkan bau badan Anda masih dalam level biasa. Karena ada beberapa kondisi yang akan menyebabkan Anda mengeluarkan keringat secara berlebihan. Seperti, hiper-reaksi dari kelenjar tiroid. Jangan sampai Anda didiagnosis dengan kelainan bromhidrosis yaitu suatu kondisi di mana seseorang memiliki bau badan yang menyengat. Dengan mengetahuinya lebih awal mungkin akan lebih baik.

Menghilangkan Bau Badan Dengan Menggunakan Bahan Alami


1. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel bekerja dengan menjaga keseimbangan pH pada kulit tubuh, sehingga bakteri penyebab bau badan tidak akan mampu bertahan. Jadi cuka sari apel akan sangat efektif untuk mencegah bau badan Anda. Ada 3 cara untuk menggunakan cuka sari apel:

Mengoleskan
Dengan mengoleskannya pada kulit tubuh yang sering berkeringat.
Anda hanya cukup menuangkannya pada kapas, kemudian oleskan pada area tubuh yang sering berkeringat, misalnya ketiak. Biarkan sekitar 2-3 menit lalu bilas dengan air. Anda dapat melakukannya 2 kali sehari sebelum mandi.

Berendam
Gunakan untuk berendam sekitar 30 menit setiap melakukannya. Caranya sangatlah mudah, Anda hanya cukup menambahkan 1 gelas cuka sari apel kedalam bak mandi yang berisi air hangat. Lakukan  secara rutin sampai bau badan Anda menghilang.

Minum
Cuka sari apel tidak hanya dapat digunakan sebagai pemakaian luar saja, tetapi juga dapat diminum. Agar bau badan dapat hilang dari dalam.
Caranya mudah, campurkan 2 sendok teh cuka sari apel dengan madu pada segelas air hangat. Anda dapat meminumnya 2 kali sehari, bau badan Anda akan menghilang dan badan juga akan terasa lebih segar.

2. Daun sirih
Daun sirih dapat dikategorikan sebagai daun ajaib yang memiliki banyak manfaat. Baik itu untuk perawatan kewanitaan, perawatan gigi, dan lain sebagainya. Salah satunya daun sirih juga sangat efektif untuk menghilangkan bau badan Anda. Dengan kandungan antibakteial dan juga antiseptiknya akan dapat membebaskan Anda dari bau badan.

Caranya:

  • Petik daun sirih yang masih segar beberapa lembar
  • Kemudian tumbuk sampai halus, setelah halus oleskan keseluruh bagian tubuh (khusus dibagian ketiak, Anda bisa lakukan gosokan lembut sekitar 5 menit saja)
  • Setelah dioleskan secara merata, diamkan sekitar 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

Tidak hanya untuk pemakaian luar, daun sirih juga dapat Anda minum untuk hasil yang lebih maksimal. Caranya, cukup dengan merebus daun sirih sampai mendidih kemudian konsumsi air rebusannya secara rutin.

Tidak hanya menghilangkan bau badan, tetapi air rebusan tersebut juga baik untuk mencegah bau ginjal, bau pada area kewanitaan dan dapat mencegah keputihan.

3. Cuka Putih
Percayakah Anda jika cuka yang memiliki bau  kecut mampu menghilangkan bau badan? Sudah tentu bisa, karena cuka mempunyai kandungan asam yang akan mampu  membunuh kuman dan juga bakteri penyebab bau badan.

Caranya:
Anda hanya perlu menyiapkan kapas, kemudian teteskan cuka secukupnya. Setelah itu gunakan kapas yang berisi cuka untuk menggosok ketiak atau bagian lipatan-lipatan tubuh lainnya yang dianggap bau secara perlahan dan merata.

4. Daun Kemangi
Daun kemangi tidak saja sebagai pelengkap suatu makanan, tetapi daun kemangi juga berpungsi untuk menghilangkan bau mulut dan juga bau badan Anda. Karena didalam daun kemangi terdapat kandungan meneral serta antibakterial yang akan mampu membunuh bakteri penyebab bau badan.

Caranya:
Tentunya sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengkonsumsinya langsung secara ruitin. Jika Anda kurang menyukainya, maka Anda dapat mengkonsumsinya bersama makanan lain, seperti lalapan. Agar Anda lebih mudah untuk mengkonsumsinya. Dengan memadukannya dengan makanan lain seperti daging ayam atau yang lainnya pasti rasanya akan menjadi lebih enak.

5. Mentimun
Buah mentimun sudah tidak asing lagi dalam hal perawatan kecantikan. dengan memiliki kandungan air yang cukup tinggi serta kandungan antibakterialnya akan dapat membantu Anda untuk menghilangkan bau badan.

Caranya:
Potong buah mentimun yang masih segar menjadi beberapa bagian
Kemudian gosokan bagian-bagian tersebut secara perlahan pada kulit ketiak sehabis mandi
Anda juga bisa membuat campuran mentimun dengan madu atau bahan lainnya. Tidak hanya akan menghilangkan bau badan tetapi ramuan tersebut juga dapat membuat ketiak Anda menjadi lebih putih dan cerah secara alami.

6. Daun Beluntas
Daun yang satu ini biasanya tumbuh liar di sekitar perkebunan. Walaupun tumbuhan liar tetapi sangatlah efektif untuk menghilangkan bau badan yang menyengat.

Caranya:
Petik daun beluntas yang masih segar, kemudian tumbuk sampai halus
Setelah halus oleskan keseluruh tubuh secara merata, khsusnya pada bagian ketiak
Diamkan beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat.
Lakukan secara rutin sampai bau badan Anda menghilang.

7. Jeruk Nipis Atau Lemon
Jeruk nipis atau lemon memang mempunyai wangi yang menyegarkan. Tidak hanya itu, ia juga memiliki kandungan senyawa sebagai agen anti bakteri yang mampu membunuh serta dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit penyebab bau badan.

Caranya:
Siapkan 1 buah jeruk nipis atau lemon kemudian ambil sarinya
Oleskan sari jeruk nipis atau lemon terutama pada bagian ketiak dan juga jari kaki
Diamkan sekitar 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih
Lakukan cara ini 2 hari sekali untuk menghilangkan bau badan secara permanen.

8.Gunakan Baking Soda
Tidak hanya dapat menghilangkan bau badan, baking soda juga akan mampu menyerap keringat yang berlebih serta dapat membunuh bakteri penyebab bau badan.

Caranya:
Siapkan 1 sendok teh baking soda, dapat di campur dengan 1 sendok teh sari lemon (untuk hasil yang lebih maksimal)
Aplikasikan campuran tersebut pada area tubuh yang sering mengeluarkan keringat yang berlebih, cukup oleskan saja tanpa digosok.
Biarkan beberapa menit, lalu bilas dengan air
Anda bisa melakukannya setiap hari secara rutin selama beberapa minggu untuk hasil yang maksimal. Ingat lakukan sebelum mandi.

9.Memakai Bunga Rosemary
Bunga rosemary merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak kegunaan. yaitu, bisa untuk campuran teh, masakan atau produk kesehatan tertentu. Ternyata bunga rosemary ini juga sangat efektif untuk menghilangkan bau badan. Karena ia mengandung antioksidan yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau badan, serta memiliki kandungan menthol dan klorofil yang akan dapat menetralkan bau badan dan juga memberikan wangi yang menyegarkan.

Caranya:
Siapkan sekitar 1 gelas daun rosemary, lalu keringkan.
Setelah benar-benar kering, campur ke dalam 4 gelas air panas dan biarkan larut sekitar 10 menit.
Anda bisa mencampurkan larutan rosemary tersebut pada bak mandi Anda. Diamkan sekitar 15-20 menit, sebelum Anda menggunakannya.
Kemudian mandilah dengan campuran rosemary ini setiap hari, sampai bau badan Anda benar-benar menghilang.

Sekarang mungkin Anda tidak perlu repot lagi, karena minyak esensial rosemary telah banyak dijual di pasaran sebagai deodorant alami untuk ketiak. Jadi Anda hanya cukup mengoleskannya saja.

Itulah beberapa cara dan juga beberapa bahan alami yang akan mampu menjauhkan Anda dari bau badan. Semoga saja dapat bermanfaat dan tentunya membuat anda menjadi lebih percaya diri karena terbebas dari bau badan yang tidak sedap. Walaupun termasuk hal yang sepele, namun bau badan mampu merusak hari-hari Anda, terutama dengan pasangan. Bukankah itu benar adanya?
Selamat mencobanya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait