1001 Cara Hilangkan Jerawat dan Komedo yang bandel

Mendengar kata jerawat, memang membuat kita agak gimana gitu,,, Jerawat merupakan permasalahan umum yang banyak dihadapi oleh orang, masalah kecil tapi seringkali membuat kita kesal karena merasa nggak Pd. Tapi apa boleh buat, jerawat dan komedo memang bisa datang kapan aja.

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengusir jerawat dan komedo, tapi sebelum itu harus kita ketahui dulu apa itu jerawat.  Jerawat atau dalam istilah medis disebut acne vulgaris adalah benjolan yang timbul akibat penyumbatan pori atau peradangan pada kulit yang disertai dengan nanah atau darah, dan banyak faktor yang memicu timbulnya jerawat.

jerawat komedo
Kemungkinan ada bakteri P acne, kulit yang berminyak, ketidakseimbangan hormon, pola makan yang kurang sehat. apa lagi kamu yang tergolong aktif dan banyak menghabiskan waktu diluar rumah, sudah pasti debu dan kotoran akan menempel pada wajahmu yang akan membuatmu berjerawat. Tapi nggak mungkin juga kan kamu berada didalam rumah sepanjang hari?? Apa coba kata dunia????'''

Nggak usah takut pada jerawat, karena ada banyak cara untuk menghilangkannya, baik secara medis atau secara alami. Kalau secara medis kamu hanya perlu ke dokter kulit untuk mendapatkan obat jerawat atau kamu juga bisa mengunjungi salon ternama untuk melakukan perawatan, tapi tentunya kamu harus menyiapkan dana untuk itu, ingin punya kulit wajah yang halus, bersih memang mahal harganya. Tapi kalau ada solusi yang menghilangkan jerawat tanpa modal tebal kenapa nggak. Berikut ini ada beberapa cara alami untuk menghilangkan jerawat yang tentunya nggak perlu modal banyak. Caranya:

MASKER ALPUKAT DAN MADU

Karena madu mengandung hidrogen peroksida yang bersifat anti bakteri, sedangkan alpukat yang kaya akan vitamin E yang dapat menembus pori-pori kulit sehingga dapat mengurangi peradangan pada kulit.
Caranya ambil daging buah alpukat, lalu haluskan serta tambahkan satu sendok madu aduk hingga rata. balurkan diwajah sebagai masker kurang lebih selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

BAKING SODA

Baking soda tidak hanya untuk bikin kue, tapi juga bisa untuk mengusir jerawat, karena dapat menetralkan keasaman kulit sehingga bakteri tidak mampu hidup lama dan juga dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat, serta dapat menyerap minyak yang berlebih.
Caranya campur 2 sendok baking soda tambahkan 1 sendok makan air, lalu oleskan pada area kulit wajah yang berjerawat sekitar 15 m enit lalu bilas dengan air hangat dan keringkan. Perlu anda ingat untuk pengobatan yang satu ini, biasanya kurang cocok untuk kulit yang agak sensitif, untuk itu cobalah oleskan ke sedikit area wajah, bila tidak muncul reaksi kemerahan pemakaian boleh anda lanjutkan.

BUAH LEMON

Bisa juga memakai buah lemon, karena buah lemon mengandung asam askorbat-L yang mampu mengurangi masalah peradangan pada kulit, juga dapat membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat, mencerahkan, dan juga sebagai penghilang noda.
Caranya hanya dengan memeras buah lemon, lalu ambil airnya, setelah itu usapkan kewajah yang berjerawat. lakukan secara rutin.

DENGAN PASTA GIGI

Dengan pasta gigi juga bisa membuat jerawat menjauh, karena bahan aktif yang dimiliki pasta gigi mampu mencegah iritasi pada kulit. fluorede, triclosan, hidrogen, peroksida yang terkandung dalam pasta gigi, juga dapat mengurangi peradangan pada kulit wajah.
Caranya mudah banget, hanya mengoleskan tepat pada titik jerawatnya, sekitar 2 jam, setelah itu bilas lalu keringkan. Sebaiknya pasta gigi yang digunakan adalah pasta gigi organik, untuk hasil yang lebih baik.

MENTIMUN

Buah ketimun juga ngak kalah bagusnya untuk menghilangkan jerawat, karena buah ketimun kaya akan antioksidan, asam amino, mineral dan vitamin C, yang mampu mengeluarkan racun dan juga dapat melembabkan kulit.
Caranya buah ketimun dipotong tipis, lalu aplikasikan pada wajah diamkan sekitar 15 menit, setelah itu bilaslah dengan air hangat.

KULIT JERUK

Kulit jeruk juga bisa menghilangkan jerawat lo, vitamin C dan asam alpha hidroksi yang terdapat pada kulit jeruk mampu mengangkat sel kulit mati, serta dapat juga untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat.
Caranya kulit jeruk yang sudah kering dihaluskan, tambahkan air secukupnya, lalu aduk sampai rata, kemudian oleskan pada wajah diamkan beberapa menit kurang lebih 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

CUKA SARI APEL

Obat yang satu ini memang agak sulit dicari, namun juga ampuh dalam mengatasi masalah jerawat, kandungan asam malat dan asam laktan yang terdapat pada cuka sari apel mampu mengangkat sel kulit mati dan juga mempercepat proses penyembuhan pada kulit yang berjerawat.
Caranya cukup campurkan 5 ml cuka sari apel dengan 95 ml air, gunakan kapas untuk mengoleskan pada wajah, biarkan selama 10-20 menit saja. kemudian bilas dengan air hangat.

PUTIH TELUR

Putih telur juga nggak kalah ampuhnya untuk membasmi jerawat, tidak hanya jerawat putih telur juga mampu menghilangkan komedo. enzim lysozim yang terkandung dalam putih telur mampu menghancurkan dinding sel kulit mati, mengencangkan pori-pori dan mempercepat regenerasi kulit.
Caranya kocok putih telur yang sudah dipisahkan dari kuning telur sampai mengembang, lalu oleskan pada wajah sampai mengering. lalu bilas dengan air hangat, cobalah lakukan 2-3 kali dalam satu minggu.

BUAH PEPAYA

Buah pepaya tidak hanya berserat tapi juga memiliki kandungan antioksidan serta vitamin yang mampu mengatasi kulit kemerahan akibat jerawat, juga berfungsi untuk mengikis sel kulit mati dan memudarkan bekas jerawat.
Caranya potong pepaya yang sudah dikupas, kemudian haluskan lalu oleskan ke wajah sebagai masker, kurang lebih 15 menit saja, setelah itu seperti biasa bilas dengan air hangat.

BAWANG PUTIH

Bawang putih memang sangat ampuh menangkal bakteri penyebab jerawat, karena kandungan senyawa thiacremonon dan senyawa allicin yang bersifat anti septik yang bisa menangkal bakteri jahat penyebab jerawat, sebagai pembersih, dan juga mampu menghilangkan bekas jerawat.
Caranya kupas bawang putih lalu haluskan, setelah halus baru oleskan ke wajah yang berjerawat diamkan selama beberapa menit kemudian bilas, untuk hasil yang lebih optimal dapat dicampur dengan cuka sari apel.

LIDAH BUAYA

Lidah buaya mampu untuk merangsang terbentuknya sel kulit baru sehingga dapat memudarkan bekas jerawat juga sebagai pencerah.
Caranya kamu hanya perlu mengambil gelnya, terus haluskan lalu oleskan kewajah, bilas setelah 15 menit. Anda perlu melakukan hal ini 2 kali sehari dalam 1 bulan.

ES BATU

Yang satu ini obat jerawat yang paling mudah dicari, murah meriah pula nggak akan menguras kantong tentunya, es batu memiliki efek menenangkan pada kulit dan juga dapat mengurangi peradangan.
Caranya hanya cukup membungkus es batu dengan kain yang bersih dan pastikan juga es batu yang kamu gunakan steril, setelah itu boleh kamu oles atau diamkan di wajah yang berjerawat selama beberapa detik, lakukan berulang-ulang.

KULIT MANGGIS

Ternyata kulit mangis juga bisa dijadikan pengusir jerawat, karena juga mengandung antioksidan tinggi yang bisa membuat jerawat memudar.
Caranya keringkan kulit manggis, setelah kering baru dihaluskan campur dengan air secukupnya, oleskan ke wajah sebagai masker. diamkan sejenak lalu bilas sampai bersih.

Sedikit tips dari saya, mulailah hidup bersih dari sekarang, bersihkanlah make up sebelum kamu tidur, usahakan mengganti seprai minimal satu minggu sekali dan kalau tidur usahakan rambutnya diikat supaya debu yang di rambut tidak menempel pada muka kamu. Demikianlah sedikit tips dari saya, semoga aja berguna buat kamu-kamu yang membutuhkan. Selamat mencoba ya'''

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait