15 Fakta Rahasia Mark Zuckerberg, Pencipta Facebook

Bagi anda yang suka bersosial media, tentu anda telah memiliki akun Facebook. Namun, tahukah anda siapa pembuat dan pemilik aplikasi Facebook tersebut? Ya, dia adalah Mark Zuckerberg, pria asal Amerika Serikat yang kini menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Nah, pada postingan kali ini akan dikupas seluk beluk dan sejumlah fakta menarik tentang sosok pria kelahiran tahun 1984 tersebut.

1. Telah Bisa Menciptakan Software pada Usia Muda

pembuat facebook
Ayah Mark adalah seorang dokter gigi. Ketika berusia 12 tahun, Mark menciptakan program yang diberi nama ZuckNet yang berfungsi menghubungkan komputer di rumahnya dengan komputer di klinik, dimana apliaksi tersebut akan memberitahu jika ada pasien yang datang ke klinik.

2. Hampir-hampir Bekerja untuk Microsoft

Mark Zuckerberg dan temannya Adam D'Angelo telah menciptakan sebuah aplikasi musik yang diberi nama "Synapse Media Player" yang mendeteksi musik favorit pendengar dan menghasilkan playlist berdasarkan pilihan mereka. Microsoft ingin mendapatkan aplikasi ini dan merekrut Mark, namun Mark dan Adam mempatenkan ciptaan mereka dan meneruskan pelajaran di kampusnya.

3. Alasan Facebook Warna Biru

Pernah tidak anda berpikir kenapa Facebook memilih warna biru sebagai warna tema? Hal ini disebabkan Mark yang buta warna (merah dan hijau). Dia mengatakan dalam sebuah wawancara, "Biru adalah warna paling kaya bagi saya, saya bisa lihat semua warna biru".

4. Tak Terlalu Berminat pada Uang

Mungkin banyak yang sudah tahu, tapi masih tak percaya. Mark mengatakan bahwa target utamanya adalah menghubungkan dunia, bukannya uang. "Kami membuat layanan aplikasi bukan untuk uang, tapi mendapatkan uang untuk membuat servis yang lebih baik," kata Mark.

Mark juga akan menyumbangkan 99% dari saham Facebooknya, yang kini bernilai lebih dari 40 miliar dollar ke yayasannya yaitu Chan Zuckerberg Initiative yang bertujuan meningkatkan potensi manusia dan mempromosikan kesetaraan dalam hal kesehatan, pendidikan, riset ilmiah dan energi.

Mark juga ada mengungkapkan, "Kami tahu kontribusi ini adalah kecil jika dibandingkan dengan sumber dan bakat-bakat telah bekerja untuk memperbaiki masalah ini, namun kami ingin lakukan apa yang kami mampu bersama-sama mereka,"

5. Mempelajari Beberapa Bahasa

Mungkin Mark tidak ingin seperti Bill Gates yang menyesal karena hanya mengusai bahasa Inggris saja. Ini merupakan keterampilan penting jika bisa berbahasa asing. Dia mengatakan bahasa Mandarin tersangat susah, namun ia belajar karena ingin berkomunikasi dengan keluarga istrinya, Priscilla Chan.

6. Tidak Selalu Pandai dalam Programming

Mark bukanlah selalu jenius dalam programming. Dia mulai dari awal, dan pernah belajar programming dari buku C ++ for Dummies.

7. Perkenalan dengan Sang Istri

Cara Mark dan istrinya Priscilla saat pertama kali bertemu sangat aneh dan tampaknya tak masuk akal. Mereka bertemu ketika sedang antri menunggu giliran menggunakan toilet di sebuah pesta di Universitas Harvard.

8. Menjalin Asmara yang Cukup Lama

Setelah bertemu, mereka berpacaran dalam waktu yang agak lama, sebelum melangsungkan pernikahan. Mereka bertemu pada tahun 2003 dan mengikat tali cinta 9 tahun kemudian pada tahun 2012. Ketika bertemu, Priscilla mengambil kursus medis di Harvard, dan kini ia seorang dokter medis pediatrik.

9. Laman Facebook Mark

Ada sebuah tim beranggotakan 12 orang yang diberikan tugas untuk mengelola akun Facebook milik Mark Zuckerberg dengan berbagai tugas seperti membalas komentar, mengunggah status dan mengambil gambar Mark.

10. Tidak Ada yang Dapat "block" Facebook Mark

Mungkin Anda tak pernah mencoba, tetapi akun Facebook Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan tidak bisa dicegah atau di-block oleh setiap pengguna. Jika Anda mencoba untuk block, pesan kesalahan akan muncul, "Profil ini tidak dapat diblokir saat ini". Namun masalah itu telah diselesaikan dan sekarang Anda sudah bisa mem-block dia.

11. Tolak Tawaran Jual Facebook

Terlalu banyak tawaran yang diterima Mark agar mau melepas atau menjual Facebook. Di antaranya terdapat dari NewsCorp, Myspace, Viacom, Yahoo, NBC, Microsoft dan Google. Namun, Mark masih kekeh dan tetap dengan keputusannya untuk tidak menjual.

12. Memakai Warna Baju yang Sama Setiap Hari

Mark merasakan waktu sangat berharga dan tak patut dibuang begitu saja. Dia memutuskan untuk tidak memikirkan model dan warna baju apa yang ingin dipakai setiap hari. Untuk itu, ia selalu membeli model baju yang sama, yakni warna abu-abu. Harga setiap baju tersebut adalah sekitar 400 dollar.

13. Pernah Pakai Dasi Selama Setahun

Meskipun bergaya casual, Mark pernah memakai dasi setiap hari untuk satu tahun pada tahun 2009. Ini bertujuan menunjukkan Facebook benar-benar serius untuk berkembang menghadapi resesi global.

14. Dikritik Karena Hadiahkan Cincin Murah kepada Istri

Pada tahun 2012, Mark menerima kritik panas dari publik karena memberikan istrinya cincin kawin yang bernilai 25.000 dollar, meskipun kekayaannya ketika itu mencapai 19 miliar dolar.

15. Punya Follower Twitter yang Banyak

Hingga saat ini, Mark Zuckerberg telah memiliki lebih dari 450.000 pengikut di Twitter, meskipun faktanya bahwa dia hanya nge-tweet sebanyak 19 kali dalam tujuh tahun terakhir. Dan tweet terakhirnya pada 18 Januari 2012 yang isinya: "Tell your congressmen you want them to be pro-internet. My Facebook post is here: ..."

Nah, demikianlah sederet fakta unik seputar Mark Zuckerberg, salah satu tokoh dunia yang berhasil mengubah dunia dengan aplikasi ciptaannya, Facebook.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait