4 Tips Mendidik Anak Menurut Cara Bill Gates

Meski dikenal sebagai pengusaha, Bill Gates juga terkenal karena prinsip-prinsip mendidik anak-anaknya. Dia memiliki seorang istri bernama Melinda dan 3 anak, Jennifer, Rory dan Phoebe. Sebagai miliarder dan orang terkaya di dunia, tugas menjadi seorang ayah pastilah sulit baginya karena anak-anaknya telah mengalami hidup mewah sejak kecil.

Meski begitu, Bill Gates adalah orang bijak. Dia tidak memanjakan anak-anaknya dengan kemewahan namun memiliki prinsip tegas sebagai ayah sehingga anak-anaknya bisa sukses dalam usaha mereka sendiri, bukan sekedar mengandalkan warisan ayahnya. Dalam mendidik putra-putrinya, Bill Gates memiliki empat nasihat, yaitu:

1. Anda Tidak Akan Selalu Mendapatkan Yang Anda Inginkan


mendidik anak bill gates
Sebagai orang tua, sulit untuk mengatakan "tidak" kepada anak-anak. Namun, menurut Bill Gates, ketika kita dengan tegas mengatakan "Tidak" kepada anak-anak, kita benar-benar mengajari mereka untuk menghormati kita dan membuat mereka lebih bersyukur atas apa yang mereka miliki.

Sebagai ayah, Bill Gates telah menentukan bahwa usia 13 adalah usia yang tepat untuk memberi ponsel. buat anak-anaknya Karena itu, sebelum anak-anaknya mencapai usia ini, dia berkeras tidak memberi mereka handphone.

2. Jika Anda Ingin Sesuatu, Cobalah Untuk Mendapatkannya secara Mandiri


Meski memiliki kemewahan, Bill Gates mengajari anak-anaknya untuk mencoba sendiri jika mereka menginginkan sesuatu. Hal ini bisa melatih anak-anak mereka untuk rajin dan bisa mengenal pekerjaan mereka sebelum mereka memiliki sesuatu.

Bill Gates memotivasi anak-anaknya untuk bekerja dengan memberi mereka upah untuk melakukan pekerjaan rumah tangga seperti menyapu sampah, membersihkan rumah dan sebagainya.

3. Bila Sudah Berhasil, Bagikan Dengan Orang Kurang Mampu


Bill Gates dikenal sebagai salah satu miliarder yang paling dicintai. Dia memiliki sebuah organisasi bernama Bill & Melinda Gates Foundation yang bertujuan untuk menyediakan layanan kesehatan, untuk mengungkapkan peluang keterbukaan dan persamaan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan akses terhadap teknologi.

Bagi Bill Gates, anak-anak yang dilatih dengan kegiatan komunitas dan relawan dengan masyarakat akan membantu melatih identitas mereka dan bersyukur atas kesuksesan yang mereka nikmati.

4. Mengejar Mimpi dan Ide


Bill Gates mengatakan bahwa dia bersyukur karena telah menemukan karirnya yang sangat dicari dan memungkinkan dia menikmati kesuksesannya sekarang. Ia juga berharap anak-anaknya akan sukses saat mereka bertemu dengan karir favorit mereka dengan memberi mereka berbagai paparan.

Sebagai orang tua, kita harus memberi anak kesempatan untuk menjelajahi dunia mereka. Dukung mereka tapi pada saat yang sama perhatikan ketertarikan mereka agar tidak berada pada jalur yang salah dalam mengambil keputusan.

Demikianlah sekilas tips dalam mendidik anak menurut versi Bill Gates, pendiri Microsoft yang saat ini menjadi orang terkaya di dunia. Semoga menginspirasi anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait