30 Obat Penghilang Bekas Jerawat, dari Bahan Alami dan Medis

Setelah bersusah payah menghentikan jerawat yang tumbuh di permukaan wajah, masalah lain yang mungkin selanjutnya dihadapi oleh sebagian remaja adalah bopeng alias jerawat yang membekas. Bekas jerawat ini memberikan kesan kulit yang kasar, penuh lubang, pori-pori besar, dan bergerutu seperti pasir. Hal ini tentunya sangat mengganggu kepercayaan diri karena membuat wajah tidak mulus halus dan terlihat noda-noda hitam. Memang, secara alami, bekas jerawat akan menipis dan hilang dengan sendirinya seiring perjalanan waktu dan kestabilan hormon yang dimiliki remaja. Namun, lamanya waktu yang butuhkan kulit untuk beregenerasi secara alami akan membuat bekas jerawat semakin lama menghiasi wajah kita. Oleh karena itu, harus dilakukan berbagai upaya yang komprehensif agar jerawat tidak membekas ataupun bekas jerawat menjadi pudar dengan cepat.

Nah, berikut ini disajikan sederet obat penghilang bekas jerawat yang cukup ampuh dan efektif. Dimulai dari bahan-bahan alami, dan selanjutnya memakai produk medis jika perawatan dengan bahan alami tidak memuaskan dalam menuntaskan bekas jerawat. Inilah daftar obat penghilang bekas jerawat berbahan alami dan produk medis modern.

1. Obat Alami Minyak Zaitun

bekas jerawat
Minyak zaitun merupakan bahan ramah-kulit yang mempunyai beragam manfaat dengan kandungan vitamin A, D, E, C, B1, B2, zat besi, serta anti-oksidan. Product ini berbentuk anti-inflamasi yang efisien menyembuhkan jerawat serta memperbarui kulit akibat bopeng atau bekas jerawat. Berikan minyak zaitun serta urutkan di bagian wajah berjerawat dengan perlahan-lahan. Lalu, ambillah handuk bersih serta rendam di air hangat. Peras serta tutuplah sisi muka hingga panasnya meresap kedalam kulit. Biarlah sepanjang 1-2 menit sebelum membilasnya.

2. Obat Penghilang Bekas Jerawat dari Cuka Apel

Cuka sari buah apel dikenal mempunyai banyak faedah untuk kesehatan, satu diantara manfaat cuka apel yaitu untuk menyingkirkan sisa jerawat. Cuka sari apel membantu mengatasi pH kulit, melakukan perbaikan tampilan kulit sesudah sekian waktu serta menolong mengurangi dampak merah, kulit kasar serta parut. Langkah pemakaiannya cukup gampang. Cairkan cuka ke 1/2 konsentrasinya dengan air serta berikan pada bagian kulit yang terluka atau tampak sisa jerawatnya, setiap hari memakai bola kapas hingga parutan kulit mulai sirna.

3. Air Tebu

Air tebu memiliki kandungan asam glikolat, juga semacam asam AHA seperti yang ada pada juice lemon. Ini bertindak menyingkirkan sel mati serta mendorong perkembangan sel baru. Langkahnya, campur 2 bagian air tebu dengan satu bagian minyak zaitun. Teteskan sedikit air perasan lemon, serta oleskan pada kulit muka. Biarlah sekitar 15 menit sebelum dicuci dengan moisturizer. Aplikasikan sekali tiap dua atau tiga hari.

4. Kunyit, Rempah Obat Bekas Jerawat

Kunyit mempunyai kandungan kurkumin yang bisa menyingkirkan aura kemerahan pada jerawat serta bisa mempercepat sistem penghapusan sisa jerawat. Kunyit juga adalah astringent alami yang dapat mengangkat beberapa sel kulit mati serta membersihkan pori dari beragam jenis kotoran hingga bekas jerawat jadi tersamarkan. Sediakan seruas kunyit, lalu tumbuk kunyit itu sampai halus atau diblender. Janganlah lupa berikan sedikit air supaya teksturnya pas dipakai jadi masker. Berikan pasta kunyit tersebut pada area bekas jerawat, diamkan selama 15-20 menit. Kemudian, bersihkan muka dengan air bersih serta keringkan dengan cepat. Satu diantara kekurangan rempah ini yaitu bisa membuat kulit anda tampak agak kuning sesaat.

5. Herbal Alami dari Daun Sirih

Daun sirih memiliki kandungan vitamin C tinggi yang bertindak mencegah radikal bebas serta dapat juga menyebabkan produksi kolagen yang bisa melembutkan kulit seperti sediakala. Daun sirih memiliki kandungan betlephenol serta chevicol yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat serta menghindari munculnya bekas jerawat di kulit anda. Sediakan 5 sampai 7 helai daun sirih, lalu rebus dengan air sampai air beralih warna. Pakai air rebusan itu untuk membersihkan kulit sisa jerawat. Anda dapat mengulangi langkah di atas sekurang-kurangnya 3 kali dalam satu minggu untuk hasil yang maksimum.

6. Serbuk Kayu Gaharu atau Cendana

Kayu gaharu populer sebagai satu diantara beberapa obat alami untuk pengobatan kulit. Langkah menerapkan kayu gaharu sebagai media perawatan kulit cukup gampang. Anda cuma butuh mencampurkan satu sendok makan serbuk kayu gaharu dengan beberapa tetes air mawar atau susu cair supaya terbentuk pasta. Gosokkan pasta ini di bagian kulit yang berparut serta biarlah selama kurang lebih 30 menit sebelum dibilas. Ulangilah cara ini setiap hari hingga sisa bekas jerawat serta sisa luka pada kulit hilang. Sebagai alternatif, anda dapat mencampur bubuk gaharu dengan sedikit madu serta pakai sebagai media penyembuhan lokal pada tiap-tiap parutan kulit.

7. Minyak Kelapa Murni

Di market sekarang ini terdapat beberapa product virgin coconut oil atau minyak kelapa murni. Pasti ini lebih bergizi dari minyak kelapa umum karena proses produksi minyak yang tidak memakai panas. Langkahnya : teteskan minyak kelapa ke telapak tangan Anda serta biarlah suhu badan Anda memanaskannya. Pijat lembut muka Anda dengan minyak, serta biarlah saja, tidak butuh dibersihkan. Ini akan berusaha keras memulihkan kulit Anda dari sisa bekas luka jerawat. Bila terasa pengap, diamkan 1/2 jam sebelum dibersihkan dengan cleanser biasa.

8. Obat Alami dari Kulit Pisang

Kulit pisang mempunyai kandungan vitamin A, C, E, serta B yang semua berperan untuk hasilkan kulit yang sehat serta mereduksi sisa jerawat dengan cepat. Kulit pisang mempunyai karakter eksfoliate yang bisa mengangkat beberapa sel kulit mati hingga sisa jerawat jadi makin tersamarkan. Jadi tidak heran bila kulit pisang bisa digunakan menjadi obat alami untuk menyingkirkan noda hitam sisa jerawat yang ampuh. Langkahnya cukup mudah, potong kulit pisang jadi bagian-bagian kecil, lalu lekatkan kulit pisang ke bagian kulit anda yang ada sisa bekas jerawatnya. Tunggulah sampai 15-20 menit supaya kulit bisa menyerap nutrisi dari kulit pisang itu. Kemudian, bersihkan kulit muka dengan memakai air bersih serta keringkan dengan selekasnya. Pakai masker kulit pisang ini sehari-hari untuk hasil yang maksimum.

9. Sirnakan Sisa Jerawat dengan Baking Soda

Kamu dapat juga memakai pasta baking soda jadi perawatan kulit yang terlihat kasar karena jerawat. Langkahnya dengan menyapukan baking soda pada daerah kulit yang terluka serta biarlah sepanjang 10 hingga 15 menit sebelum membilasnya sampai bersih. Baking soda dapat dipakai untuk mengelupas kulit serta memudarkan sisa jerawat. Hal yang kamu mesti kerjakan yaitu dengan mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan dua sendok teh air untuk hasilkan pasta yang cair. Berikan pasta ini ke semua wajahmu serta buat gerakan melingkar dengan lembut untuk menggosok-gosok baking soda pada kulit. Pusatkan pada daerah yang bopeng, sepanjang kurang lebih dua menit. Basuh dengan air hangat serta usap kulit sampai kering.

Ini sebenar bukan cara yang dianjurkan untuk penyembuhan serta untuk menyingkirkan sisa jerawat atau jerawat yang tengah tumbuh. Tingkat pH baking soda yaitu 7. 0 di mana itu sangat tinggi untuk pH kulit. pH kulit yang maksimal yaitu pada 4, 7 serta 5, 5 yang disebut lingkungan tidak pas untuk p. acne (bakteri yang bertanggungjawab mengakibatkan munculnya jerawat). Dengan meninggikan pH ke tingkat yang lebih tinggi, p. acne akan hidup lebih lama serta mengakibatkan semakin banyak infeksi serta peradangan.

10. Menghilangkan Sisa Jerawat dengan Madu

Mulai sejak jaman dahulu, manfaat madu begitu bagus untuk kesehatan dan perawatan kecantikan. Madu adalah satu diantara solusi alami yang begitu efisien dalam menyingkirkan jerawat serta mengurangi dampak merah atau parutan yang ditinggalkan. Hal semacam ini karena madu memiliki kandungan karakter anti bakteri serta menolong menentramkan kulit serta kurangi peradangan. Madu mentah atau madu yang belum alami pemrosesan yaitu yang paling efisien. Media ini dapat dioles-oleskan segera ke sisi kulit berparut atau mungkin dengan memakai cotton bud.

Madu merupakan pilihan yang bagus untuk mereka yang berkulit peka, karena madu tidak mengiritasi kulit serta bakal melembabkan kulit kamu serta tidak buat kulit kering sesudah pengaplikasiannya. Berlainan dengan type penyembuhan yang lain. Bila kamu mempunyai sedikit bubuk mutiara (ada di beberapa toko kesehatan atau on-line), jadi dapat dipadukan dengan madu untuk penyembuhan yang lebih efisien. Bubuk mutiara diakui bisa kurangi peradangan kulit serta memudarkan sisa jerawat.

11. Segarkan dengan Teh Hijau

Seperti yang telah disebtukan sebelumnya, teh hijau memiliki zat aktif yang baik untuk kesehatan kulit. Teh hijau bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat. Teh hijau mampu meregulasi insulin dan dapat menyeimbangkan kadar hormon saat fase pubertas dan menstruasi bagi para remaja, sehingga mampu mencegah timbulnya indikasi jerawat karena hormon. Selain itu, teh hijau mengandung antioksidan yakni catechin yang mampu menangkal radikal bebas dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak. Kamu hanya perlu membuat teh hijau biasa dengan cara mendidihkan teh hijau tersebut. Kemudian dioleskan ke kulit yang terdapat bekas jerawat dengan bantuan cotton bud atau kapas. Diamkan hingga mengering. Setelah itu, cuci kulit wajah dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan segera.

12. Gunakan Es Batu

Es adalah obat rumahan paling mudah yang dapat membantumu dalam memudarkan bekas jerawat dengan mengurangi radangan kulit dan mengurangi kemerahan. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu membungkus sebongkah es batu dengan kain atau sehelai handuk yang bersih dan tempelkan pada kulit yang terluka selama satu atau dua menit, sehingga daerah itu mulai merasa mati rasa. Selain dengan menggunakan es batu dari air biasa, kamu juga dapat membuat es batu dari air teh hijau yang pekat. Gunakan hasilnya pada bekas jerawat. Teh hijau memiliki sifat anti peradangan yang melengkapi efek pendinginan es.

13. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Gel dari daun lidah buaya adalah bahan alami yang menenangkan yang dapat digunakan untuk menghilangkan banyak jenis nyeri, seperti luka melepuh, luka berdarah maupun bekas jerawat. Aloe vera sangat efektif membantu peremajaan dan melembabkan kulit, mendorong bekas jerawat untuk cepat memudar. Kamu dapat membeli produk lidah buaya di toko obat dan apotek, tetapi yang paling baik dilakukan adalah dengan membeli pohon lidah buaya dan gunakan gel-nya dari daunnya yang patah. Lendir seperti gel ini dapat dioleskan pada bekas luka dan tidak perlu dibersihkan atau dibilas. Untuk perawatan bekas luka yang lebih intensif, kamu bisa mencampurkan beberapa tetes minyak pohon teh (yang merangsang kulit halus) ke dalam gel lidah buaya sebelum menggosoknya ke muka.

14. Gunakan Jus Lemon Segar

Jus lemon memiliki sifat pemutihan kulit alami dan dapat membantu memudarkan bekas jerawat dengan efektif. Cara mengaplikasikan buah lemon untuk obat bekas jerawat cukup gampang. Kamu hanya perlu mencampurkan jus lemon dan air dalam takaran yang sama banyak dan oleskan cairan ini pada bekas luka, namun hindari bagian kulit di sekitarnya. Cuci efek jus lemon setelah 15 sampai 20 menit atau kamu dapat membiarkan perasan air lemon tersebut di atas kulit semalam sebagai masker wajah. Metode ini sebenarnya tidak disarankan untuk beberapa jenis kulit dalam memudarkan bekas jerawat, karena air lemon memiliki nilai pH 2 dan pH kulit normal adalah di antara 4,0 sampai 7,0. Jika dibiarkan terlalu lama atau tidak dicairkan, ini dapat menyebabkan efek melepuh seperti bahan kimia yang parah. Air perasan jeruk lemon mengandung bahan kimia yang disebut bergapten yang menempel pada DNA dan memungkinkan radiasi UV sehingga lebih mudah merusak kulit.

Lembabkan kulit muka dengan segera setelah mencuci bagian yang diolesi air perasan lemon. Hal ini karena asam sitrat yang terkandung dalam lemon dapat mengeringkan kulit. Jus jeruk yang mengandung asam sitrat dapat juga digunakan menggantikan lemon tetapi dalam jumlah yang sangat sedikit.

15. Hilangkan Bekas Jerawat dengan Kentang

Salah satu sumber karbohidrat ini selain dapat dikonsumsi ternyata juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah anda. Kentang memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi yang dapat menangkal radikal bebas serta memicu kulit untuk memproduksi kolagen yang dapat mempercepat penghilangan bekas jerawat dan menghaluskan kulit. Selain itu, kentang mengandung Vitamin B kompleks yang memiliki manfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga bekas jerawat akan tersamarkan dengan cepat dan dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. Siapkan 1 buah kentang, kemudian kelupas kulitnya. Tumbuk halus kentang yang telah dikelupas, kemudian oleskan tumbukkan kentang tersebut ke area kulit yang terdapat bekas jerawat. Diamkan selama 20 menit, sebelum dicuci bersih dengan air. Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan masker kentang ini sehari sekali secara rutin.

16. Kulit Kayu Manis

Serbuk kulit kayu manis juga bisa menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Jadikan serbuk kulit kayu manis tersebut menjadi pasta, kemudian oleskan pada bagian yang bernoda serta berpori besar. Gunakan secara teratur pada setiap malam sehingga bekas jerawat tersebut hilang.


17. Pudarkan Bekas Jerawat dengan Tomat

Tomat merupakan bahan herbal yang memiliki banyak kandungan yang akan sangat bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat secara cepat. Tomat mampu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dengan cepat. Tomat memiliki kandungan Vitamin A, B1, B2, B3, B6, K, C, dan E yang masing-masing memiliki peranannya tertentu dalam mempercepat proses penghilangan bekas jerawat di kulit anda. Siapkan 1 buah tomat, kemudian iris secara tipis-tipis. Tempelkan irisan tomat ke area kulit yang terdapat bekas jerawat dan diamkan selama 1 jam. Setelah itu, cuci bersih wajah dengan air bersih dan keringkan dengan segera. Untuk hasil yang maksimal, gunakan masker tomat sehari sekali secara rutin.

18. Masker Putih Telur & Madu

Masker putih telur dan madu dikatakan dapat menghilangkan bekas-bekas jerawat dengan cepat. Caranya mudah saja, ambil putih telur yang sudah dicampur dengan madu, celupkan kapas dan tempelkan di wajah selama kurang lebih tiga jam atau setelah benar-benar kering. Kemudian, bersihkan wajah dengan air dingin.

19. Bawang Putih

Kita dapat menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih dipercaya mampu menghilangkan parut / bekas jerawat dengan efektif. Seperti kulit kayu manis, bawang putih juga agak pedih dan menyakitkan. Tapi khasiatnya dijamin efektif. Ambil 2 atau 3 biji ulas bawang putih, tumbuk lumat dan gosok atau olesi pada bagian yang terlihat kasar beberapa kali sehari. Media obat alami dapat mengurangi bekas jerawat Anda.

20. Hilangkan Bekas Jerawat dengan Beras

Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat adalah dengan air rendaman beras. Caranya rendam beras ke dalam air hangat biarkan sejenak, setelah itu ambil air rendaman tersebut dan cuci wajah Anda. Biarkan sampai kering dan bilas dengan air dingin. Kiat alami ini banyak digunakan di negara-negara dingin seperti Jepang dan Korea.

Nah, demikianlah sederet obat alami untuk memudarkan bekas jerawat. Jika cara ini belum cukup memberikan hasil optimal, maka selanjutnya anda perlu mempertimbangkan pemakaian produk obat modern.

Obat Penghilang Bekas Jerawat dari Produk Modern

Saat ini ada seratusan produk atau obat penghilang bekas jerawat, baik obat pemakaian luar (kulit) atau pun konsumsi (obat dari dalam). Adapun beberapa merek obat penghilang bekas jerawat yang populer di masyarakat Indonesia antara lain:

21. Ponds Complete Solution

Siapa yang tak kenal dengan brand ini. Masalah kulit seperti bekas jerawat dapat dihilangkan dengan bantuan ponds complete solution. Penggunaan ponds ini cocok untuk jenis kulit berjerawat. Formulanya yang ringan dan cepat meresap membuat ponds complete solution ini banyak dicari dan digunakan untuk menyamarkan noda bekas jerawat.

22. Freederm

Freedem merupakan satu diantara type krim yang sering digunakan pada bagian luar kulit saja. Freederm dipakai untuk menyingkirkan noda sisa jerawat pada kulit muka. Komposisi yang terdapat di dalam freederm ini diantaranya yaitu nicotinamide, asam sitrat, aluminium, magnesium silikat, ethanol, hypromellose serta air. Mengenai penggunaan freederm untuk menangani bekas jerawat adalah dengan berikan ke area kulit yang ada bekas jerawat serta jerawat.

Terapkan cara ini minimum sebanyak 2x dalam satu hari pada saat pagi hari serta malam hari. Diamkan sekitar 3-5 menit hinggat gel ini menjadi kering, lantas lap kembali dengan handuk yang lembut. Resiko dari freederm yang harus dicermati sesudah penggunaannya pada bekas jerawat adalah gatal-gatal pada kulit, kulit jadi merah karena iritasi. Ini terjadi pada jenis kulit tertentu. Bila terjadi hal ini, maka sebaiknya segera untuk berhenti serta tanyakan pada dokter kulit.

23. Derma scar

Derma scar memiliki harga yang cukup terjangkau di pasaran sekitar 60.000 rupiah. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam gel derma scar ini antara lain triacinolone, aliantolin, asam askorbat dan spf. Derma scar berperan dalam mengatasi bekas jerawat pada kulit muka. Adapun cara pemakaian dari derma scar ini adalah dengan mengoleskan pada bagian bekas jerawat dan gosok perlahan hingga gel meresap secara sempurna. Gunakan sebanyak 5 sampai dengan 7 kali sehari.

24. Mederma

Brand ini juga cukup populer dan sering terlihat iklannya di televisi. Gel dari mederma ini bersifat lunak dan lembut sehingga aman untuk digunakan pada berbagai jenis kulit. Kandungan yang terdapat di dalam gel mederma ini antara lain PEG-4, alkohol, allium cepa, xantha gum, parfun dan sorbic acid. Mederma telah teruji klinis mampu mengatasi dan memudarkan noda bekas jerawat.

25. Jelli Gamat

Obat penghilang bekas jerawat selanjutnya yang cukup efektif adalah jelli gamat. Komposisi yang terkandung di dalam jelli gamat ini antara lain: kolagen, protein, mineral, omega 3, asan amino, antiseptik alamiah, dan chondrolitin. Cara penggunaan jelli gamat ini dalam mengatasi bekas jerawat cukup simpel, yakni oleskan pada bagian bekas jerawat saja. Gunakan pada malam hari sebelum tidur.

26. Bioplacenton

Merek ini identik untuk menghilangkan bekas luka. Boplacenton memiliki komposisi ekstra plasenta 10 %, neomycin sulfat 0.5 % dan jelly base. Cream bioplacenton ini memiliki sejumlah manfat, termasuk untuk memudarkan bekas jerawat pada wajah. Caranya oleskan secara tipis pada bekas jerawat.

27. Melanox

Melanox cream juga cukup populer di Indonesia. Ini adalah produk cream yang bisa ditemukan di apotik-apotik terdekat dengan harga sekitar 25.000 - 30.000 rupiah. Melanox berbentuk seperti gel yang berwarna bening. Cara pemakaiannya cukup mudah. Pertama bersihkan wajah terlebih dahulu baru kemduian oleskan melanox ke area kulit yang berjerawat. Pemakaiannya dapat dilakukan sebanyak satu hingga dua kali dalam sehari. Penggunaan krim melanox ini juga bisa dilakukan bersama dengan sunblock untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

28. Meilibahenling

Di Malaysia, obat penghilang bekas jerawat ini cukup populer dan digemari. Memang di tanah air, obat ini mungkin tidak terlalu terkenal seperti obat penghilang bekas jerawat lainnya. Selain mengatasi bekas jerawat obat ini juga bermanfaat untuk: mengatasi cacar air, mengobati luka karena terjatuh, menghilangkan bekas korengan, atau kulit menghitam akibat terkena knalpot motor. Cara pemakaian Meilibahenling ini adalah dengan mengoleskan gelnya setiap 1 sampai dengan 2 jam sekali pada area kulit. Pengolesan dapat dilakukan sebanyak 5 hingga 10 kali ke bagian bekas jerawat. Memang untuk pemakaiannya cukup sering namun efeknya bekas jerawat jadi cepat menghilang.

29. Dermatix ultra

Dermatix ultra adalah silikon yang bening, tidak lengket dan membantu menjaga kelembapan kulit wajah. Selain itu, produk ini juga berperan dalam menghilangkan bekas jerawat yang mengganggu penampilan wajah. Cara pemakaiannya sama dengan cream lain untuk pemakaian luar dan hindari terhadap mata dan bibir.

30. Wardah acnes traetment gel

Wardah merupakan kosmetik asli Indonesia dan berlabel halal. Produk wardah ini cukup populer, dan banyak disukai oleh kaum wanita di tanah air. Salah satu produk yang direkomendasikan khusus untuk menghilangkan bekas jerawat adalah Wardah acnes treatment gel. Krim gel dari produk ini sangat transparan dan mampu melembapkan kulit. Cara memakai produk Wardah acnes treatment gel ini cukup mudah. Pertama basahi wajah terlebih dahulu, lalu tuangkan gel secukupnya dan usap dengan lembut dan merata keseluruh wajah. Gunakan pada pagi hari dan malam hari. Untuk harganya sendiri sekitar Rp. 25.000 saja.

Tips Menjaga Kulit dari Masalah Bekas Jerawat

Sebagai bagian dari perawatan kulit yang komprehensif, maka anda harus rutin dan rajin menjaga kulit tetap sehat. Selain berupaya menggunakan obat-obatan seperti yang telah disebutkan di atas, ada beberapa hal lain yang wajib dilakukan untuk mencegah jerawat datang kembali, seperti yang diuraikan berikut ini.

1. Rajin Bersihkan Wajah, Tapi Hindari Menggunakan Air Panas saat Mencuci Wajah

Membersihkan wajah secara teratur akan membuat sel-sel kulit mati tertanggal dan digantikan oleh kulit yang baru. Lapisan kulit yang berbintik-bintik hitam pun akan terkikis sedikit demi sedikit sejalan dengan sel kulit yang dibuang. Jadi sebab itulah jangan abaikan rutin mencuci muka. Namun, hindari penggunaan air panas ketika membasuh muka. Air panas bisa mengeringkan kulit. Jadi turunkan sedikit suhunya. Kamu juga harus menghindari penggunaan kain yang kasar, spons dan petola kering pada muka karena benda-benda ini terlalu kasar dan bisa mengiritasi kulit.

2. Lakukan Pengelupasan secara Konstan

Proses pengelupasan membantu mengganti kulit mati, menghadirkan kulit baru segar yang lembut di bagian bawah. Oleh karena bekas jerawat seringkali hanya melibatkan lapisan kulit bagian atas, pengelupasan dapat mempercepat proses pemudaran. Anda dapat mengelupas kulit rusak tersebut dengan menggunakan scrub wajah tertentu, tetapi pastikan itu dirancang untuk kulit sensitif.

3. Jangan Pencet Jerawat

Meskipun kamu sangat ingin untuk melakukannya, mengutil jerawat akan mengganggu proses bagi kulit untuk sembuh secara alami dan dapat memperburuk penampilan bekas jerawat. Memencet jerawat dapat menyebabkan kulit terluka karena bakteri di tangan dapat ditransfer ke wajah menyebabkan radang dan infeksi. Jadi, memilin dan memencet harus dihindari sama sekali.

4. Lindungi Kulit dari Matahari

Sinar ultraviolet dari matahari merangsang sel kulit untuk menghasilkan pigmen yang bisa memperburuk penampilan kulit bekas jerawat. Jika aktivitasmu mengharuskan kamu berada lama di bawah paparan sinar matahari, maka lindungi kulit wajah dengan menyapukan krim pelindung matahari (SPF 30 atau lebih), memakai topi yang bertepi lebar dan berusaha berada di bawah daerah teduh selama mungkin.

5. Minum Air yang Cukup dan Lakukan Diet Sehat

Meskipun makan sehat dan tetap terhidrasi tidak akan membuat bekas luka jerawat hilang secara ajaib, namun cara itu dapat membuat tubuhmu berfungsi dengan baik dan membantu kulit sembuh dengan sendiri. Air akan mengeluarkan toksin dari tubuh dan membuat kulit tampak lembut dan kencang. Oleh karena itu, kamu harus punya tekad untuk minum 7 sampai 8 gelas air sehari. Di sisi lain, anda perlu melakukan gaya hidup sehat. Vitamin seperti A, C dan E juga akan membantu kulit dan membuatnya tetap terhidrasi. Vitamin A dapat ditemukan dalam berbagai sayuran seperti brokoli, bayam dan wortel.

Sementara itu, vitamin C dan E dapat ditemukan dalam buah jeruk, tomat, ubi jalar dan alpukat. Cobalah hindari makanan berminyak, berlemak dan bertepung sebanyak mungkin karena makanan-makanan ini tidak akan membantu kulit menjadi lebih sehat. Nah, demikian cara dan tips untuk menghilangkan bekas jerawat secara komprehensif dan menyeluruh.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait