Patung Garuda Wisnu Kencana, Maskot Pulau Bali yang Artistik

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana adalah maskot seni pulau Bali. Garuda Wisnu Kencana Cultural Park terletak di sebuah bukit kapur Nusa Dua, Kabupaten Badung. Dari kota Denpasar, Anda akan menempuh jarak sekitar 40 km. Di tempat ini, Anda akan melihat dua patung artistik setinggi 12 meter dan 18 meter, namun masih belum lengkap.Sebenarnya, ini adalah mega proyek pemerintah daerah Bali untuk membuat patung tinggi seperti Patung Liberty di Amerika.

Mungkin karena anggaran biaya yang tidak mencukupi, proyek pun belum rampung hingga saat ini. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana terdiri dari beberapa bagian, yaitu Candi Wisnu Plaza, Jalan Theater, Lotus Pond, Indraloka Garden, Amphitheatre, dan Tirta Agung.

1. Wisnu Plaza
Wisnu Plaza adalah bagian paling penting dari taman budaya ini. Ini adalah yang tertinggi. Di lokasi ini terdapat maskot utama, patung Dewa Wisnu di tengah air mancur dan di samping itu, ada sumur suci. Wisnu Plaza adalah tempat favorit untuk berfoto. Anda dapat melihat pemandangan indah di sekitar daerah ini.

2. Street Theater
Di lokasi ini, Anda dapat menemukan toko-toko dan restoran yang menjual berbagai souvenir khas Bali. Street Theater adalah tempat untuk berbagai pertunjukan. Pada beberapa kesempatan, di sini juga sering kali ada pertunjukan tari Barong, Rindik atau parade budaya untuk menghibur para pengunjung. Ketika Anda datang ke Garuda Wisnu Kencana, maka Street Theater adalah lokasi awalnya. Setelah Anda mengelilingi seluruh area Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, maka Anda akan berakhir di lokasi ini juga.
patung gwk bali

3. Lotus Pond 
Lotus Pond adalah area untuk pementasan berbagai pertunjukan seni seperti konser musik, pertunjukan drama, tarian, dan aktivitas lainnya dalam skala besar. Konser Band yang pernah diadakan disini adalah Iron Maiden pada 2011. Nama Lotus Pond terinspirasi oleh bunga teratai yang selalu dipegang oleh Dewa Wisnu. Lotus Pond adalah wilayah yang luas untuk penyelenggaraan acara karena pemandangan pilar batu kapur dan patung Wisnu yang sangat artistik terlihat jelas dari sini.

4. Amphitheatre 
Untuk seni pertunjukan skala kecil, seperti tari Kecak atau pertunjukan musik akustik dilakukan di Amphithetre. Acara ini biasanya dimulai pukul 7 sampai jam 8 malam gratis.

5. Tirta Agung 
Tirta Agung adalah lokasi yang terletak di sebelah Wisnu Plaza. Di sini, ada sepasang patung tangan patung Wisnu yang belum dipasangkan.

6. Indraloka Garden 
Indraloka Garden adalah sebuah taman kecil yang biasanya digunakan untuk mengadakan  pesta kecil, pertemuan atau pesta pernikahan. Indraloka Garden terinspirasi oleh taman-taman yang indah yang dimiliki oleh Dewa Indra sebagai penguasa langit.

Garuda Wisnu Kencana merupakan tempat wisata favorit bagi banyak wisatawan. Para siswa yang berasal dari pulau Jawa sering membuat tempat ini sebagai lokasi studi wisata.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait