Cara Mencari Orang Hilang Lewat Facebook

Baru baru ini facebook bekerjasama dengan sebuah lembaga peduli anak mulai mengirimkan pesan ke linimasa penggunaannya bila ada anak yang dilaporkan hilang lokasi dekat dengan pengguna. Facebook dalam konteks ini mirip siskamling terbesar di dunia. Bila ada posting anak hilang di ponsel mereka, berarti itu genting dab mereka bisa bantu. 

Perkembangan ini disambut baik oleh John Worsh, yang merupakan seorang aktivis dan pemandu acara tv ternama yang putranya diculik dan dibunuh saat berusia 6 tahun pada tahun 1981. Bila di Indonesia pengumuman anak hilang di jejaring sosial biasanya dilakukan pihak informal, maka di Amerika ada sistem yang telah digodok hampir 20 tahun bernama AMBER Alert.

Istilah ini merupakan kepanjangan dari America's Missing Broadcast Emergency Response yang berarti Penyiaran Darurat Anak Amerika yang Hilang. Kata AMBER juga diambil dari nama seorang anak yang dulu hilang dan ditemukan terbunuh tahun 1996.

fb
Sebelum Facebook menawarkan Amber Alert ini, pengumuman anak hilang bisa didapatkan dengan instan lewat sms di ponsel. Hal ini biasanya dilakukan terhadap warga di sekitar lokasi kejadian untuk membuat mereka tidak lupa melaporkan kepada polisi bila melihat hal-hal yang mencurigakan.

Ini pulalah yang terjadi saat Hicklen Cris diusia 11 tahun menghilang. Saat itu pihak kepolisian South Carolina mengira anak itu dibawa lari ayah kandungnya. Posting anak hilang di internet dibaca oleh seorang pengelola losmen yang melaporkan keberadaan sang anak dan penculiknya ke polisi.

Sejak AMBER Alert diperkenalkan tahun 1996 lebih dari 700 anak hilang akhirnya ditemukan kembali. Harapannya dengan perluasan pengumuman ini lewat Facebook, jumlah anak yang ditemukan bisa bertambah.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait