3 Festival Budaya Pulau Bali yang Paling Populer

Sektor pariwisata kian menjanjikan bagi perekonomian Indonesia. Banyak provinsi dan kabupaten di Indonesia melakukan upaya dalam memperkenalkan pesona kecantikan alam dan budayanya kepada masyarakat Indonesia dan juga dunia. Di Bali sendiri, dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan yang berlibur ke pulau ini, pemerintah daerah beserta pihak-pihak yang berkepentingan dalam sektor pariwisata melakukan berbagai upaya, seperti promosi harga, penawaran paket wisata yang menarik, penyediaan fasilitas dan akomodasi yang memadai, dan juga pegelaran berbagai event wisata secara berkala.

Event-event wisata tersebut  bertujuan untuk memberikan hiburan bagi wisatawan. Tidak seperti negara tetangga kita, Thailand yang hampir tiap bulan mempunyai jenis event wisata yang berbeda-beda, di pulau Bali dalam tiap tahun juga diselenggarakan beberapa acara yang bertajuk wisata budaya. Ada beberapa event wisata yang selalu dinanti-nantikan oleh wisatawan yang berlibur ke pulau Bali, antara lain:

1. Nusa Dua Fiesta 
Festival Nusa Dua adalah acara tahunan yang berlokasi di pantai sunrise Nusa Dua yang biasanya diselenggarakan pada bulan September atau Oktober. Nusa Dua Fiesta telah dimulai sejak tahun 1997. Acara-acara yang diselenggarakan beraneka ragam baik tradisional maupun modern, misalnya pegelaran seni tradisional Bali, pameran seni dan kerajinan, pentas musik jazz, band dan kabaret, parade budaya Nusa Dua, wisata kuliner dan sebagainya.

festival budaya

2. Pesta Kesenian Bali 
Pesta Kesenian Bali adalah wahana dalam pelestarian dan pengembangan kebudayaan Bali. Pesta Kesenian Bali (PKB) merupakan prakarsa dari mantan gubernur Bali yang sekarang sudah almarhum yaitu Prof. Dr. Ida Bagus Mantra pada tahun 1979.  Pesta Kesenian Bali biasanya diselenggarakan setiap bulan Juni - Juli yang tujuan utamanya adalah untuk memotivasi rakyat Bali dalam mempertahankan seni budaya dan juga menggali kembali seni budaya yang hampir punah agar tetap lestari.

Pesta Kesenian Bali biasanya berlangsung sekitar satu bulan yang dibuka oleh pejabat-pejabat tinggi negara, seperti menteri hingga presiden. Dalam pelaksanaannya, kegiatan pentas seni budaya tersebut berlangsung di Denpasar dengan menampilkan berbagai jenis kesenian Bali dengan masing-masing ciri khasnya dari seluruh kabupaten di Bali, seperti joged, gong kebyar, sendratari, arja, dan sebagainya. Seiring perkembangannya, Pesta Kesenian Bali juga dimeriahkan oleh pementasan seni budaya dari luar Bali termasuk juga penampilan budaya dari negara-negara tetangga.

3. Kuta Karnaval 
Acara tahunan ini dilatar belakangi oleh merosotnya sektor pariwisata setelah diguncang Bom Bali I pada tahun 2002. Maka pada tahun 2003, digagaslah pameran budaya dan seni yang diselenggarakan di pantai Kuta untuk membangkitkan kembali dunia pariwisata pulau Bali. Event ini biasanya dilaksanakan pada bulan September atau Oktober dengan mengusung tema-tema tertentu sesuai dengan kondisi kehidupan dunia yang sedang berlangsung, seperti Heal The World (Selamatkan Dunia), A Celebration Of Life (Perayaan Kehidupan), Light Up The World (Cerahkan Dunia), dan sebagainya.

Kuta Karnival telah mampu menjadi salah satu motor penggerak dunia pariwisata Bali,  dan merupakan salah satu event favorit bagi wisatawan yang berlibur di Bali. Para tourist sangat antusias menyaksikan bahkan ikut serta terlibat dalam berbagai acara yang diselenggarakan, seperti karnaval busana, pentas seni, lomba-lomba unik, musik dan lainnya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait