3 Tips Pesan Kamar Hotel via Online Agar Aman Tak Ditipu

Dalam merencanakan suatu liburan, biasanya yang pertama ditentukan adalah memutuskan tempat liburan. Apakah akan berlibur di Benua Amerika, Eropa, Afrika, Antartika, Australia atau di Asia? Semua tergantung tujuan berwisata dan anggaran. Setelah itu, adalah mencari fasilitas-fasilitas yang tersedia di tempat liburan tersebut, salah satunya adalah ketersediaan penginapan yang bagus. Untuk menemukan hotel, penginapan, ataupun villa yang sesuai dengan keinginan kita adalah melalui internet. 

Jika hotel yang akan kita pilih memiliki pelayanan pemesanan secara online, maka akan mampu membuat langkah kita lebih praktis. Untuk memesan sebuah kamar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

Tentang Kondisi Hotel 
Agar anda tidak kecewa, maka bacalah beberapa review dan testimoni dari orang-orang yang pernah menggunakan jasa penginapan tersebut. Perhatikan pula berbagai fasilitas penunjang lainnya yang bisa menjadi daya tarik untuk anda. Hotel yang bagus adalah posisinya bisa ditemukan di peta internet. Selain itu perhatikan juga proses transaksi online terutama Checkout Form menggunakan SSL yang sah. 

cata pesan hotel
Periksalah halaman pembayaran booking hotel apakah menggunakan halaman yang dilengkapi dengan ssl atau tidak, dan periksalah apakah SSL yang digunakan itu sah. Lihat contoh gambar di bawah ini atau untuk cara mengecek SSL (Secure Socket Layer) yang lebih lengkap bisa anda baca langsung di website Microsoft. Untuk melindungi kartu kredit anda, ada baiknya anda menggunakan pembayaran lewat paypal, google checkout atau lainnya.

Proses Pembayaran 
Pilihlah hotel-hotel yang memberikan diskon-diskon khusus. Namun mendapatkan harga promosi dari tarif normal penginapan belumlah bisa dikatakan penawaran menarik. Tanyakan terlebih dahulu, apakah pembayaran awal (Down payment) dapat dikembalikan atau tidak. juga jangan lupa untuk menanyakan apakah pembayaran yang dilakukan dimuka sudah masuk atau masih perlu menyerahkan kembali kartu kredit pada saat sampai di hotel. 

Meski memesan penginapan melalui internet sangatlah mudah, namun biasanya ada persyaratan tambahan yang harus dipenuhi jika melalui pihak ketiga dalam pemesanannya, semisal dikenai biaya pemesanan diluar (booking fee) diluar harga sewa kamar penginapan, pajak, maupun biaya lain-lain diluar tarif pokok penginapan. Oleh karenanya, jika ingin menghemat sedikit, lakukan kontak langsung ke hotel yang diinginkan atau mengunjungi laman/website hotel tersebut. 

Selain itu, salah satu hal penting yang harus di perhatikan adalah tentang kebijakan pembatalan pemesanan. Tanyakanlah mengenai proses pembayarannya dengan mencari tahu kapan kartu kredit Anda akan dipotong biaya, apakah ada kemungkinan melakukan perubahan atau pembatalan. Jika Anda tidak yakin, maka Anda ingin memastikan kalau ada kebijakan pengembalian biaya pemesanan.

Mintalah Bukti Pemesanan 
Ada baiknya anda memesan kamar langsung melalui website hotel yang bersangkutan, karena biasanya akan lebih murah daripada anda memesan melalui bantuan agen.  Hal lain adalah anda meminta bukti pembayaran atau bukti pemesanan yang telah anda lakukan. 

Ada banyak kasus terjadi dimana ketika pas tiba di hotel, apa yang diterima tidak sesuai dengan pesanan. Misalnya sepasang suami istri yang telah memesan sebuah kamar dengan ekstra bed, harus tidur terpisah dalam kamar yang berbeda gara-gara fasilitas kamar ekstra bednya sudah tidak tersedia.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait