Daftar Orang Terkaya di Indonesia dan Dunia Tahun 2017

Bebicara tentang orang kaya alias miliarder atau konglomerat memang merupakan topik yang menarik. Hal ini karena banyak orang yang ingin mengikuti jejak mereka. Dari tahun ke tahun, deretan daftar orang kaya di dunia atau pun khusus di Indonesia senantiasa mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan bisnis yang mereka lakoni. Jika kita membahas topik daftar miliarder dunia, maka negara Amerika Serikat adalah pencetak orang kaya paling banyak. Indonesia rupanya juga tak kalah menarik, karena populasi miliarder di Indonesia juga ada banyak, yakni sekitar 20 orang yang masuk dalam daftar miliarder versi Majalah Forbes. 

Perlu untuk diketahui bahwa yang dimaksud dengan miliarder adalah mereka yang memiliki aset kekayaan minimal 1 miliar dolar Amerika, atau lebih dari 13 triliun rupiah. Nah, siapa sajakah orang-orang yang tergolong miliuner? Inilah daftar 10 besar orang terkaya di Indonesia dan dunia.

Daftar Sepuluh Orang Paling Kaya di Indonesia 2017

10. Ciputra
orang terkaya indonesia
Ciputra lahir pada 24 Agustus 1931 di Sulawesi Tengah. Pria lulusan Institut Teknologi Bandung ini terkenal sebagai pengusaha properti yang sukses, antara lain pada Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group. Selain itu ia juga dikenal sebagai seorang filantropis, dan berkiprah di bidang pendidikan dengan mengembangkan sekolah dan Universitas Ciputra. Perjalanan bisnis Ciputra dirintis sejak masih menjadi mahasiswa arsitektur Institut Teknologi Bandung. Bersama Ismail Sofyan dan Budi Brasali, teman kuliahnya, sekitar tahun 1957 Ciputra mendirikan PT Daya Cipta. Fokus di sektor pengembangan real estate, Ciputra berhasil membangun kerajaan bisnisnya. Ciputra berencana untuk menggabungkan perusahaan miliknya, Ciputra Surya dan Ciputra Property, menjadi Ciputra Development untuk meningkatkan efisiensi dan likuiditas sehingga akan membuat Ciputra Development menjadi salah satu perusahaan properti terbesar di Indonesia dengan proyek-proyek di 33 kota. Aset kekayaan Arsitek ini diperkirakan 1,53 miliar dolar atau sekitar 20 triliun rupiah dan berada pada peringkat ke-1320 dalam daftar Forbes.

9. Peter Sondakh
Menurut Forbes, Peter Sondakh memiliki kekayaan senilai 1,7 miliar dolar atau sekitar 22,1 triliun rupiah, sehingga menempatkan ia dalam peringkat ke-1218 dalam daftar miliarder dunia. Peter Sondakh lahir pada 23 Juli 1953. Ayahnya memulai bisnisnya sejak 1954, memproduksi minyak kelapa serta mengekspor kayu. Saat usianya baru 20 tahun, ia harus mengambil alih bisnis ayahnya karena meninggal dunia. Dia harus membiayai ibu serta empat orang. Ia kemudian mendirikan PT. Rajawali Corporation. Melalui perusahaan tersebut, Peter Sondakh memulai bisnis properti sebagai perluasan usaha yang ditekuni ayahnya. Melalui Rajawali Corporation, ia membangun kemitraan mengembangkan Hyatt Hotel dan Novotel Sheraton menjadi jaringan hotel bintang lima. Peter Sondakh juga memiliki saham di perusahaan taksi Ekspres Transindo Utama, yang kini harus menghadapi persaingan dari keberadaan taksi online seperti Uber.

8. Mochtar Riady
Di deretan ke-8 orang terkaya di Indonesia adalah Mochtar Riady yang lahir pada 12 Mei 1929 di Malang. Pengusaha ini merupakan pendiri sekaligus komisaris dari Lippo Group. Ayah Mochtar Riady adalah seorang pedagang batik bernama Liapi, sedangkan ibunya bernama Sibelau. Kedua orangtuanya merantau dari Fujian dan tiba di Malang pada tahun 1918. Sejak kecil ia bercita-cita untuk menjadi seorang bankir. Di era tahun 1950an, kesempatan itu datang, dimana ia diberi kesempatan untuk mengurus sebuah bank yang sedang bermasalah. Satu tahun perjalanan, bank tersebut menjadi maju. Setelah cukup besar, pada tahun 1964, Mochtar Riady pindah ke Bank Buana, kemudian pada tahun 1971, dia pindah lagi ke Bank Panin yang merupakan gabungan dari Bank Kemakmuran, Bank Industri Jaya, dan Bank Industri Dagang Indonesia. Di tahun 2017 ini, Mochtar Riady memiliki aset kekayaan senilai 1,9 miliar dolar AS atau sekitar 24,7 triliun rupiah dan berada dalam rangking ke-1092 dunia.

7. Theodore Rachmat
Theodore Permadi Rachmat adalah sosok pengusaha sukses yang lahir pada 15 Desember 1943 dengan nama kecil Oei Giok Eng di Majalengka. Selepas lulus dari Institut Teknologi Bandung, ia merintis karir sebagai sales Astra kemudian dipercaya mengelola United Tractors (anak perusahaan Astra yang bergerak di bidang alat berat). Selepas itu, ia memutuskan mendirikan perusahaan sendiri yang diberi nama Triputra Group yang bergerak di sejumlah bidang bisnis, seperti karet olahan, batu bara, perdagangan, manufakturing, agribisnis, dealership motor dan logistik. Dia sekarang memiliki sejumlah saham di perusahaan batu bara Adaro Energy. Sementara itu, anaknya, Christian Aryono adalah wakil presiden direktur Adaro Energy. Dia juga memiliki investasi di industri kelapa sawit dan karet. Anak keduanya, Arif Patrick mengelola perusahaan perkebunan keluarga, Triputra Agro. Kekayaan Theodore Rachmat berada di posisi ke-7 di Indonesia atau ke-1051 secara global dengan total aset senilai US$ 1,95 miliar atau sekitar 25,4 triliun rupiah.

6. Murdaya Poo
Murdaya Widyawimarta Poo yang saat ini berusia 76 tahun merupakan miliarder yang memiliki aset harta sebesar 2,1 miliar dolar atau setara 27,3 triliun rupiah. Ayah dari empat anak ini adalah sosok lelaki dibalik perusahaan kontraktor terkenal yaitu Central Cipta Murdaya Group. Selain bisnis, beliau juga sukses dalam karir politik. Dunia politik yang Murdaya Poo jajaki adalah sebagai anggota legislatif periode 2004 hingga 2009 dari partai PDIP. Usaha pertamanya bergerak dalam bidang kelistrikan yaitu perusahaan Kencana Sakti Indonesia. Selanjutnya suami dari Siti Hartati Murdaya ini melakukan kesepakatan kerja bersama perusahaan alat olahraga besar di dunia yaitu Nike. Saat ini, kekayaan sebesar 2,1 miliar dolar AS tersebut menempatkan ia di urutan 957 dalam daftar Forbes.

5. Tahir
Nama lengkapnya adalah Dato’ Sri Tahir, lahir pada 25 Maret 1952 di kota Surabaya. Dia dibesarkan oleh sepasang ayah dan ibu yang menghidupi keluarga dengan membuat becak. Tahun 1971, dia menamatkan pendidikan menengah atas (SMA) di SMA Kristen Petra Kalianyar Surabaya. Sosok Tahir tumbuh berkembang menjadi seorang pengusaha, investor, sekaligus pendiri Mayapada Group yang sukses. Mayapada Group adalah sebuah holding company yang memiliki beberapa unit bidang usaha di Indonesia. Beberapa dari bidang yang digeluti adalah perbankan, TV berbayar dan media cetak, properti dan rumah sakit. Dengan aset kekayaan senilai 2,8 miliar dolar atau sekitar 36,4 triliun rupiah, kini ia menjadi salah seorang konglomerat di Indonesia. Dalam daftar Forbes Internasional, kekayaan Tahir berada di posisi ke 706.

4. Chairul Tanjung
Dengan kekayaan sebesar US$ 4,7 miliar atau sekitar 61,1 triliun rupiah, pria lulusan Universitas Indonesia ini didaulat sebagai orang terkaya ke-4 di Indonesia atau rangking #364 dalam daftar internasional. Chairul Tanjung lahir di Jakarta, 16 Juni 1962, dilahirkan di Jakarta dalam keluarga yang cukup berada. Ayahnya A.G. Tanjung adalah wartawan zaman orde lama yang menerbitkan surat kabar beroplah kecil. Chairul Tanjung adalah mahasiswa kedokteran yang memperoleh banyak prestasi, diantaranya sebagai Mahasiswa Teladan Tingkat Nasional 1984-1985. Saat kuliah ia mulai belajar tentang bisnis. Kini melalui perusahaan konglomerasi miliknya, Para Group menjadi sebuah perusahaan bisnis membawahi beberapa perusahaan lain seperti Trans TV dan Bank Mega.

3. Sri Prakash Lohia
Jumlah kekayaan Sri Prakash Lohia menurut Majalah Forbes saat ini ditaksir 5,2 miliar dolar atau sekitar 67,6 triliun rupiah. Dari namanya, anda mungkin bisa menebak bahwa miliarder ini adalah keturunan India. Sri Prakash Lohia lahir di Kalkuta-India pada 11 Juli 1952. Lohia lahir dan besar di India, tetapi menghabiskan sebagian besar masa hidup profesionalnya di Indonesia sejak tahun 1974. Lohia pindah ke Indonesia bersama ayahnya, Mohan Lal Lohia, dan merintis Indorama Synthetics, sebuah perusahaan yang memproduksi benang pintal. Pada tahun 2017, Forbes menempatkannya sebagai orang terkaya ke-3 di Indonesia dengan kekayaan bersih US$ 5,2 miliar, atau di peringkat ke-315 secara global.

2. Michael Hartono
Dengan jumlah aset kekayaan sekitar 7,2 miliar dolar atau 93,6 triliun rupiah, Michael Hartono yang merupakan kakak Budi Hartono adalah orang terkaya ke dua di Indonesia. Dalam daftar Forbes, ia berada di posisi 146. Michael Hartono lahir di Kudus, 2 Oktober 1939. Ia menempuh pendidikan formal di Universitas Diponegoro selama empat tahun dan kemudian karirnya berlanjut di dunia bisnis, sebagai Direktur PT Djarum. Selain merambah di sektor keuangan, kiprah Michael Hartono bersaudara dalam sektor agribisnis terlihat dengan mempunyai bisnis kelapa sawit dan kilang pengolahan.

1. Robert Budi Hartono
Dengan jumlah kekayaan sekitar 7,4 miliar dolar atau 96,2 triliun rupiah, Rudi Hartono merupakan orang paling kaya di Indonesia, dan berada di peringkat 185 dalam daftar Forbes. Robert Budi Hartono lahir pada tanggal 28 April 1941 di kota Semarang. Ayahnya bernama Oei Wie Gwan pemilik usaha kecil Djarum Gramophon yang saat ini menjadi sebuah perusahaan rokok terbesar di dunia. Bersama saudaranya, Robert Budi Hartono terus mengembangkan bisnis warisan ayahnya, termasuk berinvestasi di sektor bisnis keuangan dan perbankan, khususnya di Bank BCA.

Daftar Sepuluh Orang Paling Kaya di Dunia 2017

10. Michael Bloomberg
Michael Rubens Bloomberg adalah pria kelahiran 14 Februari 1942 yang mendirikan Bloomberg L.P, sebuah perusahaan media massa multinasional di Amerika Serikat, didirikan pada tahun 1981. Layanannya telah berkembang dalam berbagai media, mulai dari radio, televisi, internet dan publikasi cetak. Selain sebagai pebisnis, Michael Bloomberg juga merupakan seorang politikus, dan sempat terpilih sebagai wali kota New York tahun 2002. Saat ini, dengan aset kekayaan sebasar 42,5 miliar dolar tersebut (552,5 triliun rupiah), Michael Bloomberg berhasil menjadi jutawan yang pada tahun ini berada di posisi ke 10.

9. David Koch
Di posisi ke sembilan (sama dengan posisi delapan) adalah David Koch, adik dari Charles Koch yang lahir pada 3 Mei 1940. Charles dan David sama-sama menjalankan bisnis keluarga dan ia menjabat sebagai Vice President of Koch Industries. Ayah dari tiga anak ini memiliki 42 persen saham di perusahaan Koch Industries, sebuah perusahaan keluarga terbesar ke dua di Amerika Serikat,  di bawah Cargill.

8. Charles Koch
Charles de Ganahl Koch adalah seorang pengusaha dan filantropis asal Amerika Serikat. Pria kelahiran kota Kansas pada 1 November 1935 ini merupakan Chairman dan CEO dari Koch Industries. Melalui perusahaan tersebut, Charles Koch berhasil mengumpulkan aset kekayaan sebesar 43,8 miliar dolar atau 565,5 triliun rupiah, senilai dengan jumlah kekayaan saudaranya, David Koch. 

7. Carlos Slim Helu
Di posisi ke tujuh dalam daftar 10 Orang Terkaya di Dunia adalah Carlos Slim Helu, seorang pengusaha telekomunikasi asal Meksiko. Aset hartanya diprediksi mencapai 48 miliar dolar atau kurang lebih 624 triliun rupiah. Baru baru ini, terpilihnya Donald Trump sebagai presiden AS membawa kerugian besar bagi bisnis Carlos Slim. Dalam waktu empat hari saja, kekayaannya menurun hampir 5 miliar dolar. Saham perusahaannya dan mata uang Peso Meksiko melemah karena pasar melihat kebijakan ekonomi protektif yang akan diambil Donald Trump diprediksi menyulitkan Meksiko.

6. Larry Ellison
Larry Ellison adalah pendiri dan pimpinan perusahaan teknologi Oracle. Ia lahir pada tanggal 17 Agustus 1944. Perusahaan Oracle yang didirikan di era 70an tersebut berhasil membawanya menjadi jutawan dengan aset kekayaan sebesar 48,5 miliar dolar amerika, atau sekitar 630,5 triliun rupiah. Perusahaan Oracle saat ini juga diperluas untuk menyasar pangsa pasar Cloud Computing, sehingga bersaing dengan Amazon.

5. Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg adalah pria 32 tahun yang menjadi pembuat dan pendiri Facebook. Bersama dengan teman sekelasnya Dustin Moskovitz, Eduardo Saverin, dan Chris Hughes ketika menjadi mahasiswa di Universitas Harvard, Mark Zuckerberg berhasil membuat konsep jejaring sosial untuk kelasnya. Jejaring sosial Facebook terus tumbuh hingga digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Tak perlu waktu lama bagi Mark Zuckerberg untuk menjadi miliarder berkat keuntungan yang diperoleh dari pendapatan Facebook. Kini aset kekayaan Mark ditaksir 53,5 miliar dolar Amerika, atau sekitar 692 triliun rupiah.

4. Jeff Bezos
Dengan total aset harta sekitar 903,5 triliun rupiah menjadikan pria kelahiran 12 Januari 1964 ini menempati posisi ke empat orang terkaya di bumi. Jeff Bezos adalah pendiri dan pemimpin toko online terbesar di dunia, Amazon.com. Situs web Amazon.com yang didirikan Bezos membawanya sebagai salah seorang pengusaha sukses era dot-com. Pada tahun 2004, Bezos memperluas bidang usahanya dengan mendirikan perusahaan bernama Blue Origin yang bergerak di bidang penerbangan sipil angkasa luar.

3. Warren Buffett 
Orang terkaya ke tiga di dunia pada tahun ini adalah Warren Edward Buffett, seorang investor, pengusaha, dan filantropis asal Amerika Serikat. Ia telah berhasil mengumpulkan aset kekayaan sebesar 72 miliar dolar Amerika atau sekitar 936 triliun rupiah. Pria kelahiran 30 Agustus 1930 ini memiliki sejumlah perusahaan, dan yang paling utama adalah Berkshire Hathaway. Seiring kerja kerasnya, kekayaan Warren Buffet terus bertambah sehingga menempatkannya sebagai orang terkaya ke dua di Amerika secara berturut-turut selama 15 tahun.

2. Amancio Ortega
Di peringkat ke dua dalam daftar orang terkaya dunia adalah Amancio Ortega, seorang pebisnis fashion asal Spanyol. Amancio Ortega Gaona adalah pendiri Inditex Group, sebuah perusahaan besar yang menguasai jaringan toko pakaian dan aksesoris Zara. Aset kekayaannya sebesar 72,2 miliar dolar atau sekitar 938,6 triliun rupiah. Tiap tahun dia menerima deviden sebesar 400 juta dolar atas kepemilikan sahamnya. Kekayaan yang dimiliki oleh pria tertutup ini menjadikan dirinya sebagai pribadi yang paling kaya di benua biru Eropa.

1. Bill Gates
orang terkaya dunia 2017
Di posisi pertama sebagai orang terkaya di dunia tahun 2017 ini adalah Bill Gates, sang pendiri Microsoft. Pria kelahiran 28 Oktober 1955 ini memiliki aset kekayaan sebesar 84,1 miliar dolar atau jika dirupiahkan sekitar 1.093,3 triliun rupiah. Sumber utama kucuran dana Gates adalah Microsoft. Sejak pendirian Microsoft tahun 1975 hingga 2006, Bill Gates berhasil membawa perusahaan tersebut sebagai perusahaan raksasa di bidang teknologi komputer dan menguasai pangsa pasar untuk penggunaan program perkantoran Windows. Setelah menyerahkan roda perusahaan ke bawahannya, suami Melinda Gates ini kini aktif dalam kegiatan sosial melalui yayasan amalnya Bill & Melinda Gates Foundation.

Demikianlah daftar urutan para miliarder asal Indonesia dan dunia tahun 2017. Data yang disajikan dalam artikel ini mungkin saja telah mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan ekonomi dan bisnis terbaru.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait