Ditemukan Bahaya Baru Radiasi Ponsel

Setiap kali anda berbicara melalui ponsel ponsel tersebut memancarkan gelombang radiasi yang menurut temuan sebuah studi baru ternyata lebih berbahaya dari perkiraan sebelumnya. Sebuah lembaga di Amerika, Envoremental Working Group memperingatkan bahwa penggunaan ponsel selama lebih dari 10 tahun dapat secara signifikan meningkatkan kanker otak.

Studi menunjukkan adanya peningkatan 50-90% resiko tumor langka. Menurut data studi, anak-anak merupakan kelompok yang paling rentan. Tengkorak anak-anak muda lebih tipis, sehingga menyerap dua kali lipat dibandingkan orang dewasa.Para perwakilan industri dan sebagian ahli medis cukup skeptis dengan temuan tersebut.

radiasi ponsel

Menurut salah seorang ilmuwan, "Temuan paling ilmiah tidak menunjukkan kaitan antara penggunaan ponsel dengan kanker".

Para ahli terus meneliti dan memperdebatkan dampak penggunaan ponsel jangka panjang karena radiasinya. Radiasi ponsel berasal dari antenanya yang terletak pada bagian belakang atas ponsel. Semakin jauh dari kepala anda, maka tingkat radiasinya semakin kecil.

Oleh karena itu, para ahli sepakat untuk menganjurkan kepada para pengguna hp untuk lebih sering menggunakan handsfree (alat dan fitur bebas genggam) saat melakukan komunikasi, demi menghindari potensi resiko kanker otak. Namun tidak demikian halnya dengan penggunaan alat bluetooth. Walaupun tidak adanya temuan konklusif mengenai dampak radiasi bluetooth, namun seperti halnya ponsel, alat bluetooth juga menggunakan antena yang sangat dekat dengan telinga bagian dalam, menjadikan radiasinya lebih berbahaya.

Hingga kini Badan Pengawas Obat-obatan Amerika Serikat (U.S. Department of Health and Hujan Services Food and Drug Administration atau FDA) masih belum resmi mengeluarkan bahaya ponsel. Namun, banyak pihak berharap agar pemerintah lebih tegas menerapkan standar bagi industri ponsel.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait