Deretan Goa Wisata di Pulau Bali

Bali memiliki sejuta keunikan dan pesona keindahan alam. Satu diantaranya adalah adanya kekuatan - kekuatan magis yang tersebar di berbagai tempat di Bali. Beberapa tempat suci dan magis bagi masyarakat Bali adalah berupa gua yang merupakan warisan leluhur sebagai tempat pemujaan Tuhan. Ada banyak gua suci yang tersebar di penjuru pulau Bali. Beberapa goa yang sering dikunjungi oleh para wisatawan adalah:

Goa Gajah


goa gajah

Goa Gajah merupakan sebuah pura warisan dari Kerajaan Bali Kuno. Goa Gajah terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Goa ini adalah tempat pertapaan dan kegiatan agama Budha dan agama Hindu Siwa. Selain memiliki artefak-artefak kuno, panorama Goa Gajah ini sangat indah karena dikelilingi oleh persawahan. Sejarah nama Goa Gajah sendiri memiliki beraneka ragam versi. Namun yang pasti, di dalam goa tersebut ada berbagai arca / patung, dan satu diantaranya adalah Patung Ganesha (Dewa Hindu yang berkepala gajah). 

Goa Lawah
goa lawah bali
Sesuai dengan namanya, di goa ini memang terdapat banyak terdapat kelelawar. Goa Lawah terletak di Kabupaten Klungkung tepatnya di desa Pesinggahan. Goa Lawah merupakan sebuah pura untuk memuja Dewa Laut. Pemandangan di tempat ini terasa unik, sebuah goa terlihat di bawah pohon yang rindang, sementara di mulut goa terdapat jajaran pura. Jika anda memasuki area dalam goa, anda akan jumpai sebuah pura tua dan tentunya di langit-langit goa ada kehidupan kelelawar yang mampu memberikan suasana magis.

Goa Air Suci dan Goa Ular Suci
goa ular suci tanah lot bali Goa Air Suci dan Goa Ular Suci merupakan kompleks goa yang terletak di Pura Tanah Lot, Kabupaten Tabanan. Goa Air Suci letaknya tepat berada di bawah Pura Tanah Lot dan Goa Ular Suci berada tepat di depan Goa Air Suci. Pemandangan di dalam gua yang berukuran panjang sekitar 5 meter ini sangat luar biasa di mana terdapat sebuah patung setinggi sekitar setengah meter berwujud Ida Pedanda Danghyang Dwijendra, seorang pendeta yang melakukan pemujaan di lokasi ini.

Di dalam gua, setiap pengunjung akan ditawarkan untuk mencoba minum air suci atau sekedar membasuh tangan dan wajah. Air suci ini diyakini mempunyai banyak khasiat seperti dapat menyembuhkan beberapa penyakit dan sering juga disebut air kesuburan, karena mampu meningkatkan kemungkinan untuk memiliki anak. Sedangkan Goa Ular Suci berada persis di depan Goa Air Suci, yang di dalamnya terdapat beberapa ular berwarna hitam putih yang dianggap suci sebagai penjaga kelestarian Pura Tanah Lot.

Goa Jepang
Antara tahun 1941 - 1943, wilayah Indonesia (termasuk pulau Bali) diduduki oleh kolonial Jepang. Pada saat itu, banyak tentara Jepang membangun benteng untuk mempertahankan wilayah jajahan mereka dari tentara Belanda. Salah satu bunker yang dibuat oleh tentara Jepang di Pulau Bali adalah sebuah gua pada dinding tebing di sisi jalan. Gua ini dikenal sebagai Goa Jepang. Goa Jepang ini terletak di Desa Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, sekitar 40an kilometer dari kota Denpasar. Goa pertahanan ini terletak pada dinding tebing di jalan Denpasar - Semarapura. Pada bunker ini terdapat lorong gua sebanyak 16 lubang yang panjangnya sekitar 14 meter. Beberapa lubang gua tersebut saling berhubungan.

Situasi dan kondisi di dalam Gua Jepang ini cukup gelap dan lembab. Jika Anda menyukai tantangan, silakan masuk ke dalam gua. Beberapa turis lokal dan internasional sering mengunjungi situs wisata ini. Di seberang jalan ada sebuah taman untuk beristirahat, Anda dapat menikmati panorama sekitarnya. Happy travelling!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait