4 Permasalahan Ini Harus Dihadapi Saat Pacaran Jarak Jauh

Dalam suka duka menjalani hidup tentu ada bagian - bagian atau masa-masa sulit yang harus dijalani. Demikian juga dalam kisah cinta, tak selamanya berada di jalur mulus. Kadang menghadapi tanjakan, kadang berliku-liku, dan kadang lancar seperti di jalan tol. Semua harus dihadapi dengan iman, penuh kesadaran dan tanggung jawab. Banyak kendala yang dihadapi oleh berbagai pasangan kekasih dalam mengarungi perahu asmaranya. Satu diantaranya adalah pasangan kekasih yang harus menjalani pacaran jarak jauh.

Pacaran jarak jauh, dalam isitlah kerennya LDR (Long Distance Relationship) merupakan jalinan cinta yang sangat penuh tantangan, namun bila berhasil melewatinya akan terasa sangat indah dan rasanya melebihi manisnya madu.

ldr pacaran jarak jauh

Menjalani LDR merupakan hal yang berat, hal ini terjadi karena keterpaksaan yang harus dilakukan, misalnya sang kekasih kuliah di luar kota, harus kerja di luar negeri, pindah rumah, atau pun memang karena sejak awal mau berpacaran dengan orang yang tempat tinggalnya jauh dari rumahnya. Berikut adalah aneka jenis masalah yang sering dihadapi oleh pasangan kekasih yang berpacaran jarak jauh (LDR):

Problema #1 Kesepian 
Rasa sepi menjadi aura pembungkus dalam relung hati. Rasa sepi akan menjadi rasa iri bila kita tidak mampu menahan kesepian dalam hati. Iri melihat kemesraan orang lain, iri melihat perhatian orang lain, iri melihat kebersamaan yang ditunjukkan oleh pasangan lan, dan sebagainya. Jika tidak mampu menahan diri bisa menjadi rasa sakit hati. Lalu apa yang mesti dilakukan? Jangan selalu berharap si dia setiap jam menelpon anda, jangan selalu meminta dia setiap menit ini mengomentari status facebook, ini hanya akan menambah masalah baru saja. Carilah kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk anda, sehingga sedikit bisa mengurangi rasa kesepian dalam diri anda.

Baca juga: Kata Kata Mutiara LDR

Problema #2 Biaya Lebih Mahal 
Biaya juga menjadi masalah lain saat menjalani LDR. Biaya komunikasi, biaya perjalanan, dan biaya kiriman hadiah adalah beberapa jenis biaya yang harus dikeluarkan dalam melewati masa pacaran jarak jauh. Biaya komunikasi misalnya untuk telpon tiap hari, skype, ataupun facebookan. Biaya perjalanan misalnya apel malam minggu tiap bulan, biaya hadiah adalah dana untuk membeli sesuatu secara reguler agar bisa mengikat hati dan pikirannya agar tidak berpaling dari cinta kita.

Problema #3 Sering Salah Paham 
Salah paham paling sering menjadi boomerang bagi kelanggengan pacaran jarak jauh. Salah paham terjadi karena adanya prasangka yang melebihi logika. Salah paham juga muncul karena kita tidak bisa melihat langsung apa saja aktivitas yang dilakukan si doi.  Akhirnya cuma bisa menduga-duga. Bila ternyata terasa tidak masuk logika jadilah salah paham. Salah paham yang paling sering terjadi adalah mengenai kesibukan dari kita atau si dia yang tidak bisa saling memahami. Bagaimana cara mengatasi masalah salah paham dalam LDR ini? Mantapkan rasa kepercayaan, tetapkan aturan waktu yang tepat dalam berkomunikasi, gunakan alat penunjang lainnya yang bisa meminimalisasi kesalahpahaman, misalnya handphone 3G untuk sama-sama saling memantau aktivitas dengan video call.

Problema #4 Rasa Takut 
Rasa takut merupakan rasa yang wajar terjadi dalam menjalani masa pacaran jarak jauh. Takut akan kehilangan, takut si dia berzelingkuh, takut bila cintanya mulai memudar karena jarang bertemu, dan takut bila pengorbanan kita menjadi sia-sia belaka. Jika anda sedang menjalani LDR dengan seseorang di seberang sana, maka ada baiknya sama-sama saling berusaha menghilangkan rasa takut di dalam diri anda dan kekasih anda. Lakukanlah berbagai hal agar si dia merasa percaya kepada anda jika anda tidak akan berpaling ke cinta yang lain, demikian juga sebaliknya. Sehingga rasa cemas dan khawatir tersebut tidak sangat berpengaruh dalam kehidupan anda dan si dia.

Ok sobat, demikian empat ragam masalah dan sedikit solusinya dalam menjalani kisah cinta jarak jauh atau Long Distance Relationship, semoga bermanfaat! Salam Cinta...

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait